Asuransi Kesehatan Terbaik yang akan Melindungi Keluarga

Asuransi kesehatan terbaik akan selalu melindungi keluarga atau orang tersayang selalu terlindungi. Sebab, tidak ada yang tahu kesehatan seseorang apakah akan selalu sehat atau tidak.

Baca Juga : Pentingnya Asuransi Kesehatan Bagi Setiap Orang

Selain itu tidak selalu juga kondisi keuangan bisa selalu cukup untuk membayar biaya perawatan. Maka satu-satunya jalan terbaik adalah memakai asuransi, dan kali ini kita akan membahasnya.

Mengenal Seputar Asuransi Kesehatan Terbaik

Asuransi Kesehatan Terbaik

Merupakan bentuk perlindungan yang perusahaan asuransi berikan kepada pemilik asuransi untuk mendapatkan perlindungan terhadap risiko kesehatan, khususnya biaya medis, bedah, obat-obatan, dan sejenisnya.

Mudahnya ini merupakan bentuk ganti rugi atas pengeluaran medis akibat sakit atau terluka, serta juga membayar biaya perawatan medis secara langsung. Jadi kalian sudah tidak perlu keluar uang lagi.

Sebagai contoh, saat kalian harus memeriksakan diri ke klinik dan membeli obat-obatan untuk penanganan lanjutan. Biaya yang kalian keluarkan akan mendapatkan ganti dari asuransi kesehatan terbaik.

Tentu prosesnya bisa melalui klaim manual atau otomatis, untuk berapa besaran tergantung dari perjanjian yang kalian sepakati. Semakin besar tanggungan biaya biasanya akan semakin besar preminya.

Premi adalah bentuk iuran setiap bulan yang harus pemegang asuransi angsur, semua tertuang secara lengkap pada polis jadi pastikan untuk membaca sendiri dengan seksama apa aturan tersebut.

Jenis Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Secara umum ada tiga jenis asuransi yang bisa kalian pilih, intinya ada tiga garis besar berdasarkan jenis perawatan, badan penyelenggara, dan pihak tertanggung, lebih jelasnya simak penjelasan di bawah.

Jenis Perawatan

Rawat Inap

Tentu ini akan menanggung atau mengganti biaya perawatan kesehatan saat harus mendapatkan perawatan di rumah sakit dan menginap.

Rawat Jalan

Asuransi kesehatan terbaik yang akan mengganti biaya perawatan rumah sakit tanpa harus menginap, mungkin pemeriksaan, laborat, dan juga pembelian obat-obatan sesuai penyakit.

Badan Penyelenggara

Pemerintah

Untuk sekarang ini hanya ada satu lembaga resmi yang ditunjuk pemerintah, namanya adalah BPJS dan pasti kalian familiar terhadapnya.

Swasta

Sementara jika ingin mencari referensi lain ada swasta yang akan memberikan pelayanan serupa, tentu dengan biaya lebih mahal dan ketentuan berbeda.

Pihak Tertanggung

Personal atau Individu

Memberikan manfaat hanya pada satu orang saja, tentunya ini berguna untuk kalian yang merantau sendirian ke suatu daerah.

Kelompok

Asuransi kesehatan terbaik ini akan memberikan manfaat kepada sekelompok individu, misalnya keluarga atau perusahaan.

2 Cara Kerja dari Sistem Asuransi Pelayanan Kesehatan

Sesuai dengan penjelasan DuniaFintech.com, sebenarnya ada dua cara kerja yang dibagi menjadi konvensional dan syariah. Kali ini kita akan menjelaskan secara lengkap keduanya di bawah.

Cara Kerja Konvensional

Tentu langkah awal adalah menawarkan jenis-jenis produk, kalian bisa memilih produk mana yang sesuai dengan kebutuhan. Tentu antara pemerintah dan swasta akan jauh berbeda.

Selanjutnya ada perjanjian polis asuransi kesehatan terbaik, ini merupakan tahapan lanjutan untuk menentukan kesepakatan antara kedua belah pihak, jadi pastikan kalian benar-benar menyetujuinya.

Lalu sesudah mendapatkan persetujuan yang memberikan keuntungan pada keduanya, bayar premi yang tertuang pada polis setiap bulan. Tidak boleh sampai telat atau tidak membayar agar tidak hangus.

Terakhir, klaim asuransi dapat kalian lakukan ketika sedang mendapatkan masalah kesehatan dan harus pergi ke rumah sakit, pastikan mengetahui bagaimana cara klaim dan penuhi semua syarat ketentuan.

Cara Kerja Syariah

Sebenarnya sama tapi karena ini syariah maka prinsip utamanya adalah ta’awun atau saling tolong menolong. Jadi dengan prinsip tersebut sesama anggota akan saling menolong satu sama lainnya.

Lalu sesudahnya akan ada tiga akad, yang tidak lain akad tabarru, akad wakalah bil ujrah, dan akad mudharabah. Sesudah menyelesaikan semua akad, peserta harus membayar kontribusi dan klaim.

Lalu ada investasi di sini yang membuat perusahaan harus mampu mengembalikan dana terkumpul dengan konsep investasi, namun investasi di sini bukan riba dan gharar, melainkan harus ada unsur syariah.

Terakhir, ada pengelolaan syariah serta pengawasan yang bertujuan untuk membuat semua pihak merasa diuntungkan. Intinya semua asuransi kesehatan terbaik tidak boleh bertentangan dengan asuransi syariah.

3 Jenis Klaim yang dapat Kalian Lakukan

Asuransi Kesehatan Terbaik

Ketika pemegang polis mengalami kondisi tertentu sesuai dengan kesepakatan sebelumnya. Ada tiga jenis klaim yang dapat peserta lakukan, tiga jenis klaim tersebut antara lain :

Sistem Reimbursement

Suatu sistem yang akan melakukan penggantian sesudah kalian membayar, jadi semisal harus pergi ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Kalian harus membayar lebih dahulu biaya untuk kemudian melakukan klaim dan dapat ganti dari seluruh tagihan.

Sistem Cash Plan

Setiap hari akan ada uang masuk kepada pemilik polis asuransi kesehatan terbaik, namun untuk besarannya tidak sesuai dengan biaya harian dari rumah sakit. Itu berarti jika kurang harus menambah dan jika lebih bisa dipakai untuk kebutuhan lainnya.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini