Skuter Matik Aveta VADV150 Hybrid, Jadi Pesaing Honda

Primaradio.co.id – Jika di Honda ada ADV 150, maka skuter matik Aveta VADV150 Hybrid akan menjadi pesaingnya di pasaran. Skutik yang dikeluarkan oleh pabrikan asal Malaysia tersebut memang dirancang semirip mungkin dengan ADV 150 milik Honda.

Baca juga: Cek Tagihan Adira Finance Motor dan Mobil Online Tanpa Aplikasi

Skutik kelas 150 cc ini memang memiliki kemiripan dengan ADV 150 atau bahkan 160 Honda. Akan tetapi, beberapa fitur dan teknologi yang dibawanya bisa dibilang lebih unggul dan bisa memanjakan pemiliknya.

Lantas, apakah skutik ini memang lebih baik dari Honda atau hanya berupa gimmick saja dengan kemiripan desainnya? Untuk tahu lebih banyak tentangnya, mari simak ulasan lengkap terkait spesifikasi motor dari Aveta berikut!

Spesifikasi Skuter Matik Aveta VADV150 Hybrid

Seperti disinggung sebelumnya, secara desain memang motor Aveta ini mirip dengan desain ADV 150. Akan tetapi, Anda pasti akan setuju jika teknologinya sedikit lebih unggul. Agar lebih jelas, mari simak spesifikasi lengkap dari produk terbaru Aveta ini:

  1. Dapur Pacu

Di sektor permesinan, skuter matik Aveta VADV150 Hybrid dilengkapi mesin Hybrid 4 katup bertipe SOHC dan menggunakan sistem pendingin cair. Inilah yang menjadi kunci kendaraan ini dalam menjaga suhu mesin.

Satu hal yang menjadi keunggulan dari skuter matik milik Aveta ini adalah dalam hal akselerasi. Adanya bantuan dari Smart Motor Generator membuatnya memperoleh bantuan akselerasi hingga 50 km/jam.

Itulah kenapa kata Hybrid menjadi tagline utama dari produk milik perusahaan Malaysia tersebut. Untuk tenaganya, Aveta VAD150 mampu menghasilkan tenaga 12,1 kW atau setara 16,22 HP dan maksimum torsinya di 14,6 Nm.

Meski memiliki bentuk adventure, motor ini diklaim tetap nyaman dikendarai di dalam perkotaan. Momen-momen seperti macet, stop-and-go, atau pengalaman berkendara di dalam kota lainnya bisa tetap dilalui dengan nyaman.

  1. Bahan Bakar dan Sistem Pengereman

Aveta VAD150 meletakkan tangki bahan bakar di bawah jok dengan kapasitas mencapai 9,3 liter berdimensi 2.072 x 720 x 1.260 mm. Kapasitas tersebut lebih besar dibanding Honda ADV 150 yang kita kenal.

Di sektor pengereman, skuter matik Aveta VADV150 Hybrid ini sudah dilengkapi dengan rem cakram berteknologi SAF ABS di depan maupun belakang. Hal ini tentu membuat pengalaman berkendara akan menjadi jauh lebih aman dan bisa diandalkan.

Pada bagian roda, Aveta VAD150 menggunakan dua ukuran roda yang berbeda di mana ukuran roda depannya lebih besar dibanding belakang. Untuk velg roda depan menggunakan ukuran 14 inci, sementara di belakang 13 inci. 

  1. Fitur dan Teknologi

Skuter matik Aveta diklaim memiliki teknologi lebih baik dibanding VAD150 Honda. Hal itu dibuktikan dengan banyak fitur dan teknologi yang dihadirkan. Salah satunya adalah fitur Adaptive Front Light System (AFS).

Fitur tersebut akan membuat lampu depan motor bisa sesuai dengan kecepatan dan juga sudut berkendara pada motor. Dengan begitu, penggunaan lampu akan lebih efisien dengan tetap memperlihatkan kondisi jalan.

Pada bagian instrumen, panel TFT digital berukuran 7 inci juga menjadi nilai lebih dari skuter matik Aveta VADV150 Hybrid ini. Hal itu akan membuat kita bisa membaca semua informasi yang ditampilkan dengan mudah dan lebih akurat.

Belum lagi model keyless untuk menghidupkan mesin juga sangat membantu penggunaannya sehari-hari. Port USB untuk mengisi daya smartphone dan juga kamera DVR untuk merekam perjalanan juga menjadi hal menarik di skuter ini.

  1. Desain dan Warna

Dengan bobot sekitar 150 Kg dan tinggi jok mencapai 775 mm, motor ini sangat cocok untuk dikendarai para pengguna di Asia, termasuk Indonesia. Meski begitu, motor ini terhitung sebagai skutik terberat di kelasnya.

Untuk pilihan warna motor ini hadir dengan 3 varian, yaitu Blue Sapphire, Yellow Topaz, dan Red Ruby. Warna-warna tersebut cukup menarik dan cocok untuk mereka yang akan tampil lebih fresh dan beda.

Harga Skuter Matik Aveta VADV150 Hybrid

Jika dibandingkan dengan Honda VAD 150, harga skutik Aveta memang lebih mahal. Hal itu wajar karena dari segi fitur dan teknologi juga motor ini lebih baik. Untuk bisa membawanya pulang, Anda harus membelinya sekitar 13.980 RM atau sekitar Rp. 47,9 juta.

Nilai tersebut belum termasuk asuransi dan pajak jalan sehingga Anda harus menyiapkan uang lebih agar bisa meminangnya. Dengan begitu, pengalaman berkendara Anda akan lebih nyaman lagi setelah membelinya.

Kelebihan Skuter Matik Aveta VADV150 Hybrid

Meski pabrikan Aveta tidak lebih populer dari Honda, tetapi produk kloningannya ini bukan berarti tidak layak dibeli. Setidaknya, ada beberapa kelebihan yang membuat skuter matik ini patut diperhitungkan, yaitu:

  1. Fitur Lengkap

Skuter matik Aveta VADV150 Hybrid tidak keluar dengan fitur biasa-biasa saja, setidaknya ada beberapa hal yang ditonjolkan seperti sistem penerangan otomatis (AFS), keyless contact, hingga mode Idle.

  1. Hemat Bahan Bakar

Kelebihan ini diperoleh berkat adanya fitur Idle yang akan mematikan mesin ketiga diam dalam waktu lama seperti saat lampu merah di jalan. Untuk penggunaan dalam kota, hal ini tentu bisa pertimbangan yang bagus.

  1. Lebih Aman dengan Kamera DVR

Dalam banyak hal, rekaman perjalanan akan sangat membantu pengendara seperti pada saat terjadi kecelakaan lalu atau sekedar mengabadikan momen. Fitur tersebut tentu akan sayang jika dilewatkan.

Kekurangan Skuter Matik Aveta VADV150 Hybrid

Hal-hal yang juga perlu dipertimbangkan sebelum membeli motor ini agaknya juga penting untuk diketahui. Adapun catatan kekurangan dari skutik ini meliputi:

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini