Band Ikonik Coldplay, Ternyata Sempat Gunakan Nama Ini

Band ikonik coldplay paling populer pada kalangan masyarakat dunia beranggotakan Chris Martin, Guy Berryman, Jonny Buckland, dan juga Will Champion ini pertama kali terbentuk pada saat mereka masih berkuliah.

Baca juga : Budget Traveling Ke Labuan Bajo Ternyata Cukup Murah

Chris Martin cs sampai saat ini sudah melahirkan banyak karya-karya dan mencetak berbagai prestasi dari mulai Grammy Awards sampai dengan rekor penjualan album tertinggi seluruh dunia.

Anda juga harus mengetahui pada saat terbentuk bukan nama Coldplay, ingin tahu cerita unik di balik nama Coldplay hingga terkenal oleh dunia berikut ini kisahnya.

Profil Personil Band Ikonik: Coldplay Yang Mendunia

Profil Personil Band Ikonik: Coldplay Yang Mendunia

Penggemar Coldplay pasti sudah mengenal profil dari setiap personil band Coldplay. Band yang debut pertama kali pada tahun 1998 ini dengan label musik Parlophone, Capitol, Atlantic. Yang menariknya dari awal terbentuk belum ada personal Coldplay yang keluar atau terganti oleh yang lainnya.

Ingin tahu profil personil band ikonik: Coldplay yang mendunia, simak uraian secara lengkap profil dan fakta unik yang memiliki oleh setiap personilnya berikut ini.

  1. Chris Martin
Chris Martin

Christopher Anthony John Martin atau juga lebih terkenal sebagai Chris Martin berperan sebagai vokalis utama sekaligus gitaris dan pianis. Lahir pada tanggal 2 Maret 1977 pada Exeter, Devon, Inggris dan merupakan putra tertua dari lima bersaudara.

Chris Martin telah tertarik dengan dunia musik sejak usianya masih muda, bahkan sebelum bergabung dengan Coldplay dirinya sempat membentuk band sendiri pada saat dirinya masih SD pada Exeter Cathedral School dengan nama The Rocking Honkies.

Sayangnya band pertamanya Chris tidak berlangsung lama mengingat dirinya harus melanjutkan pendidikan menengah. Chris menempuh pendidikan di Sherborne School, provinsi Dorset. 

Walaupun begitu Martin muda masih memiliki hasrat yang menggebu-gebu dengan dunia music, oleh karena itu pada saat ia berkuliah pada UCL (University College in London) memutuskan membentuk band barunya bersama Jonny Buckland tahun 1996.

  1. Johny Buckland
Johny Buckland

Personal kedua dari band ikonik: Coldplay, sekaligus menjadi anggota pertama yang mengajak Martin membuat sebuah band adalah Jonny Buckland. Jonathan Mark Buckland atau terkenal dengan nama Jonny Buckland ini lahir pada 11 September 1977 berperan sebagai gitaris, keyboard dan backing vocal.

Tokoh yang sangat menginspirasinya ke dalam dunia music adalah kakaknya sendiri Tim Buckland. Berkat kerja keras dan dedikasinya selama berkarir di dunia music bersama band ikonik: Coldplay Johny sukses menjadi inspirasi banyak orang terutama para musisi muda.

  1. Guy Berryman
Guy Berryman

Guy Berryman ini lahir pada tanggal 12 April 1978 pada Kirkcaldy, Skotlandia. Ada yang unik pada salah satu personel Coldplay ini, karena perannya sebagai bass dengan menggunakan tangan kanan, padahal dirinya adalah seorang kidal.

Sebenarnya Guy menempuh pendidikan sarjana pada universitas yang sama dengan Chris dan Johny.

  1. Will Champion
Will Champion

William Champion atau lebih akrab dengan sebutan Will lahir pada tanggal 31 Juli 1978 pada Southampton, Hampshire, Inggris. Sebelum akhirnya bergabung dengan Chris dan Johny, Will pernah membentuk band sendiri bernama Fat Hamster.

Pada awalnya Will bukan seorang drum dan sama sekali tidak memiliki pengalaman sebagai drummer seperti peran yang diambilnya pada band ikonik: Coldplay. Tetapi Will Champion membuktikan dirinya dan bisa menyesuaikan diri mengembangkan kemampuan sebagai drummer saat bergabung dengan Coldplay. 

Perjalanan Karier Band Ikonik: Coldplay Ternyata Pernah Gunakan Nama Ini

Perjalanan Karier Band Ikonik: Coldplay Ternyata Pernah Gunakan Nama Ini

Coldplay tidak mendapatkan popularitas yang instan, mengawali dengan ketertarikan Chris dan Johny pada musik dan mengajak rekan lainnya Guy dan Will untuk bergabung sebagai band mahasiswa. Simaklah perjalanan karier band ikonik: Coldplay dari pertama kali debut hingga sukses.

  1. Formasi pada Awal Terbentuk

Saat pertama kali terbentuk Coldplay belum beranggotakan empat orang seperti sekarang. Chris dan Jhony mengawali terbentuknya band Coldplay pada tahun 1996 dengan nama Pectoralz. Satu tahun kemudian Guy dan Will akhirnya bergabung dan nama Pectoralz terganti menjadi Starfish.

Pada era Starfish, Chris Martin cs merilis single dengan tajuk Ode to Deodorant tahun 1998 dan merilis dua buah EP dengan tajuk Safety dan juga The Blue Room. Merasa kurang hoki dengan nama Starfish, akhirnya nama Coldplay baru menggunakan pada akhir tahun 1998.

Nama band ikonik: Coldplay sepertinya membawakan keberuntungan pada mereka karena album pertamanya Parachutes yang terilis tahun 2000 berhasil menarik perhatian dan memulai kesuksesan mereka sebagai band ikonik dunia.

  1. Debut Coldplay

Sebelum memakai nama Coldplay, Chris Martin cs memilih Starfish sebagai nama resmi mereka sejak tahun 1998. Mini Album dirilis untuk pertama kalinya menggunakan tiga lagu demo dengan tajuk safety. Pada saat itu mini album ini rilis sebanyak 500 keping dan mendistribusikan untuk stasiun radio, surat kabar, hingga maja musik.

Mereka juga membagikannya ke teman dan juga keluarga para member, setelah safety Starfish merilis album lainnya berjudul Brothers and Sisters dengan label Independen Fierce Panda yang pada saat itu mengelola oleh jurnalis musik Simon Williams.

Perilisan album kedua dengan nama Starfish ini berhasil membuat nama mereka semakin terkenal luas, dan muncul pada majalah New Musical Express. Pada majalah itu bahkan mengatakan bahwa Chris Martin cs adalah band beranggotakan empat orang yang layak menantikan penampilannya.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini