Cara Bayar Pajak Digital dengan Mudah dan Cepat

Saat ini, kalian dapat bayar pajak digital dengan mudah menggunakan aplikasi yang sudah telah pemerintah sediakan. Sehingga tidak lagi harus pergi ke kantornya untuk membayarnya. Aplikasi dibuat dengan user friendly, sangat mudah digunakan untuk pemula sekalipun.

Baca juga: Smart City di Indonesia sedang Berkembang Cukup Pesat

Pajak menjadi salah satu bentuk kewajiban bagi seluruh warga di Indonesia. Termasuk para pelaku usaha, baik bidang usaha kecil maupun perusahaan besar. Para pelaku usaha tersebut memiliki kewajiban untuk membayar pajak usaha sesuai dengan ketentuan yang sudah dibuat.

Pajak menjadi sumber utama bagi pendapatan Negara, oleh sebab itu peran masyarakat sangat penting dalam ketertiban membayar pajak sesuai pada ketentuan yang berlaku. Tujuannya untuk membantu perkembangan pada sebuah Negara agar bisa seperti yang diharapkan.

Bayar pajak digital dapat kalian lakukan oleh semua orang yang sudah memiliki KTP. Perlu menjadi perhatian, bahwa terdapat jenis pajak yang wajib masyarakat bayarkan, seperti penghasilan, bumi dan bangunan serta beberapa hal yang sudah diatur langsung oleh pemerintah. 

Menggunakan bantuan website maupun aplikasi, pembayaran jadi semakin mudah dan praktis karena semua hal dapat dilakukan secara online. Kalian tidak perlu lagi repot-repot ke kantornya. Nantinya, kalian akan mendapatkan e-Billing untuk pembayaran pajaknya. 

4 Manfaat E-Billing dalam Pajak yang Harus Diketahui 

Selain membahas bayar pajak digital dapat sangat memudahkan banyak orang. Kalian juga harus memahami manfaat dari e-Billing yang akan kalian gunakan sebagai salah satu metode pembayarannya. Pastikan memahami manfaatnya, agar lebih mudah bayarnya.

Menghindari Kesalahan dalam Pencatatan 

Manfaat e-billing pertama dalam membayar pajak secara online adalah menghindari berbagai bentuk kesalahan yang biasa terjadi pada pencatatan transaksi. Hal ini, tidak jarang terjadi dalam pembayaran yang dilakukan secara manual, sehingga catatan menjadi keliru karena dikerjakan oleh manusia. 

Berbeda dengan menggunakan e-Billing, yang di mana masyarakat akan membayar sesuai nominal yang tertera. Tentu saja, hal ini akan sangat meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pencatatan yang biasa terjadi dalam membayar pajak secara manual. Hal tersebut perlu dipahami secara baik dan benar. 

Fleksibel 

Bayar pajak digital menjadi lebih mudah karena memberikan fleksibilitas yang tinggi. Menggunakan ID billing yang diberikan, kalian dapat melakukan pembayaran di mana saja dan kapan saja. Sehingga bisa lebih menghemat waktu dalam melakukan berbagai aktivitas yang lainnya. 

Kalian bisa mengatur waktu pembayarannya. Biasanya, ketika sudah dibuatkan kode billing, waktu pembayarannya 1 x 24 jam. Namun, jika terlewat masih bisa membuat kode yang baru. Pastikan membayar dengan kode yang paling baru, yang didapatkan melalui website maupun aplikasinya. 

Transaksi Real Time 

Salah satu manfaat dari bayar pajak digital adalah dengan transaksi real time, yang di mana data serta hasil dari transaksi yang dilakukan akan langsung tersimpan pada sistem DJP. Hal tersebut akan sangat mengurangi risiko kehilangan data akibat dari berbagai penyebab maupun kelalaian pihak pajaknya. 

Melalui hal ini, kalian tidak perlu lagi khawatir atas kehilangan data. Sebab, semua hal yang sudah dirancang secara digital akan dipertanggung jawabnya dengan baik oleh pihak DJP. Membayar pajak jadi lebih mudah dan aman karena fitur yang ada di dalamnya, sehingga tidak adalah alasan untuk tidak membayar.

Wajib Pajak 

Dengan adanya bayar pajak digital, tentu saja akan lebih memudahkan wajib membayar untuk semua warga Indonesia yang hendak melaporkan SPT nya. Menggunakan data yang digunakan dari data penduduk, maka masyarakat akan lebih disiplin dalam membayarnya sesuai pada aturan dan juga ketentuan. 

Melalui bantuan koneksi internet yang baik, seluruh aktivitas pembayaran dapat dilakukan dengan mudah dan efisien dibandingkan jika harus melakukannya di kantor pajak langsung. Pahami penggunaan aplikasi serta websitenya dengan baik, agar tidak keliru saat akan menggunakannya. 

3 Tutorial Bayar Pajak Digital dengan Mudah 

Perlu menjadi perhatian, sebelum menggunakan sistem bayar pajak digital, kalian harus masuk terlebih dahulu pada layanan aplikasi billing DJP SSE1 yang dapat didownload langsung menggunakan Play Store maupun App Store dengan mudah dan tentu saja gratis. Berikut merupakan langkahnya:

Dapatkan Kode e-FIN 

Kunjungi kantor pelayanan pajak terlebih dahulu dengan membawa dokumen yang diperlukan seperti fotokopi KTP, kartu nomor pokok wajib pajak atau biasa dikenal dengan NPWP. Jika belum memilikinya, bisa minta ke kantor tempat saat ini kalian bekerja. Kedua, mengisi formulir pembuatan e-fin. 

Ketiga, aktivasi e-fin dengan tautan yang akan dikirimkan menggunakan email. Jadi, pastikan memberikan email yang aktif sehingga bisa digunakan dengan mudah. Nomor e-fin sendiri akan digunakan untuk membuat akun DJP online pada aplikasi yang sudah disediakan. 

Buat Akun DJP Online 

Kunjungi website resmi dari djponline melalui google pencarian dan pilih menu registrasi. Isi data dengan NPWP dan juga kode e-fin yang sudah dibuat terlebih dahulu. Pastikan juga bahwa kode tersebut sudah diaktifkan, sehingga bisa digunakan dengan mudah dan cepat. Isi kode keamanan sebagai verifikasi. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini