Biotechnology dan Penerapannya dalam Kehidupan Manusia

  1. Vaksin

Vaksin merupakan jenis produk biotechnology modern yang berupa bentuk bahan antigenik penangkal masuknya penyakit ke dalam tubuh manusia. Pemberian vaksin ini disebabkan kekebalan tubuh aktif manusia pada serangan penyakit, terutama yang dikarenakan bakteri dan virus, bakalan menjadi meningkat. Beberapa dari jenis vaksin yang biasa ditemukan seperti polio, hepatitis dan campak.

  1. Hormon Insulin

Hormon insulin memiliki peran penting dalam mengendalikan penyerapan glukosa ataupun karbohidrat dalam tubuh manusia. Mereka yang sedang menderita diabetes kadang mempunyai kasus produksi hormon insulin dalam tubuhnya.

Jadinya, tubuh penderita tidak mampu lagi menghasilkan hormon insulin secara mandiri, sehingga dibutuhkan teknologi plasmid yang bisa mengisolasi gen penghasil insulin berasal dari dalam sel pankreas.

  1. Jenis Antibiotik Baru

Produk selanjutnya ialah jenis produk antibiotik baru. Dengan penerapannya, sejumlah ilmuwan kini mampu menghasilkan antibiotik jenis baru melalui rekayasa genetik mikroorganisme. Antibiotik sendiri merupakan jenis obat yang sering kali digunakan oleh kita dalam menghadapi infeksi virus, bakteri hingga jamur.

Baca juga: Mengenal Aplikasi Jaringan Internet Membantu di Era Digital

Biotechnology ternyata memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, perkembangan bidang keilmuan sains ini begitu bermanfaat sekali hingga sekarang.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini