Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu yang Mempermudah Nasabah

Kehadiran cara tarik tunai tanpa kartu sebenarnya mempermudah masyarakat tetapi masih banyak yang belum menggunakannya. Hal ini dikarenakan masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana tata caranya dan takut. Padahal kehadiran cara ini bisa membantu kalian dalam bertransaksi 

Baca juga: Aspek Penting Tes CPNS 2023 Wajib Dipahami Calon Pendaftar

Terbukti saat ini ada banyak bank yang menggunakan tarik tunai tanpa kartu ini demi memberikan kemudahan pada nasabahnya. Kehadiran cara ini merupakan salah satu bentuk perkembangan teknologi di bidang perbankan yang tidak bergantung lagi dengan kartu. Saat ini dimanapun dan kapanpun seseorang bisa bertransaksi hanya bermodalkan smartphone.

Cukup disayangkan dengan berbagai macam kemudahan yang ditawarkan oleh bank ini tetapi tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh nasabahnya. Apalagi cara tarik tunai ini juga sangat sederhana dan tidak kalah dari tarik tunai menggunakan kartu. Terdapat juga solusi apabila proses penarikan mengalami kegagalan sehingga tidak perlu khawatir.

Tata Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu

Tata Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu
Tata Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu

Sebenarnya cara tarik tunai tanpa kartu sangat mudah sehingga dalam pertama kali percobaan kalian bisa berhasil. Namun pastikan kalian memperhatikan cara ini agar tidak terlewat satu langkah. Karena melewati satu langkah bisa menyebabkan kegagalan, inilah beberapa langkahnya yaitu:

  1. Kunjungi ATM Bank terdekat milik kalian,
  2. Buka aplikasi mobile banking dan masukkan username dan password pada saat login,
  3. Pilih menu tarik tunai dan kemudian pilih rekening sumber dana,
  4. Masukkan nominal uang yang ditarik dan masukkan password aplikasi mobile banking dan tekanan,
  5. Nantinya kalian akan menerima kode unik yang diperlukan pada saat proses tarik tunai di ATM,
  6. Pada saat di ATM pilih menu transaksi tanpa kartu dan pilih tarik tunai,
  7. Masukkan kode unik yang didapatkan dan masukkan nomor handphone yang terdaftar di aplikasi mobile banking,
  8. Tunggu beberapa saat karena ATM akan memproses tarik tunai,
  9. Bila berhasil maka uang akan keluar dan pastikan jumlahnya sesuai dengan yang diinginkan.

Pastinya cara tarik tunai tanpa kartu ini telah diberlakukan di beberapa bank sehingga mempermudah nasabahnya. Pastinya cara tariknya juga sama sehingga tidak akan kesulitan. Jadi apabila kalian ingin menarik uang tetapi kartu debitnya tertinggal bisa menggunakan cara ini.

Namun dengan catatan kalian harus memiliki mobile banking. Tentunya fasilitas ini sangat mempermudah nasabah yang ingin melakukan penarikan dana kapanpun diinginkan. Saat ini menarik dana tidak bergantung lagi dengan kartu debit sehingga jika ketinggalan atau hilang bisa tetap melakukan penarikan dengan cara ini.

3 Manfaat yang Dirasakan jika Bisa Tarik Tunai tanpa Kartu

Walaupun sudah mengetahui bagaimana cara tarik tunai tanpa kartu tetapi kalian tidak mempraktikkannya maka tidak bisa merasakan manfaat ini. Apalagi fasilitas ini dibuat dengan berbagai macam pertimbangan mata untuk mempermudah diri sendiri. 

Inilah beberapa manfaat yang ditawarkan sehingga banyak bank telah menggunakan sistem ini yaitu:

Memberikan Kemudahan dalam Transaksi Keuangan

Alasan utama mengapa banyak bank memberlakukan cara tarik tunai tanpa kartu untuk memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi. Bermodalkan smartphone yang ada di genggaman maka kalian bisa melakukan transaksi keuangan dengan cepat, nyaman dan praktis. 

Apabila ada hal yang tidak diinginkan dan menuntut kalian untuk bisa menarik uang secepat mungkin maka hal ini sangat terasa manfaatnya.

Terhindar dari Kehilangan Kartu Debit

Banyak sekali kondisi dimana kartu debit tertelan di mesin ATM dimana hal tersebut sangat merepotkan. Apalagi tidak menutup kemungkinan jika kartu tersebut hilang dan digunakan untuk hal yang tidak bertanggung jawab. 

Jadi salah satu langkah antisipasi agar tidak kehilangan kartu ATM adalah dengan memanfaatkan layanan ini. Tanpa menggunakan kartu debit maka kalian tetap bisa menarik dana bermodalkan smartphone.

Terhindar dari Aksi Kejahatan

Tidak menutup kemungkinan kalian bisa menjadi korban kejahatan di bilik ATM. Apalagi kejahatan di bilik ATM yang saat ini paling terkenal adalah skimming. Walaupun OJK telah merekomendasikan untuk menggunakan chip agar terhindar dari kejahatan ini maka untuk memberikan proteksi ekstra kalian bisa bertransaksi tanpa menggunakan kartu.

Penyebab Terjadinya Kegagalan pada Saat Tarik Tunai

Walaupun kalian telah mengikuti seluruh cara tarik tunai tanpa kartu tetapi gagal bisa jadi karena hal ini. Penting untuk kalian mengetahui apa saja penyebabnya sehingga tidak panik. 

Karena beberapa kondisi ini sering terjadi diluar perkiraan sehingga menyebabkan tarik tunai bermasalah baik menggunakan maupun tanpa kartu yaitu:

Mesin ATM sedang Bermasalah

Jika mesin sedang bermasalah seperti terjadinya kerusakan sehingga tidak bisa membaca informasi kartu atau sedang kosong maka proses penarikan bisa gagal. Walaupun seluruh cara tarik tunai tanpa kartu telah dilakukan maka tetap tidak bisa menarik dana. Pastikan kalian memilih mesin ATM yang beroperasi dengan normal.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini