Daftar Negara yang Pernah Memindahkan Ibukota dan Penjelasannya

Primaradio.co.idDaftar negara yang pernah memindahkan Ibukota memang juga perlu kalian ketahui. Jadi, sebelum ada berita Indonesia memindahkan ibukota ke Kalimantan, ternyata sebagian besar negara di luar negeri juga pernah melakukannya.

Baca juga : Daftar Negara Terkecil di Dunia yang Terdata Secara Internasional

Hal ini dikarenakan beberapa aspek, seperti memperbaiki infrastruktur negara  dan lain-lain. Informasi kali ini sudah tentang  negara-negara yang memutuskan untuk pindah ibukota 

Ketahui Daftar Negara yang Pernah Memindahkan Ibukota

Ketahui Daftar Negara yang Pernah Memindahkan Ibukota
Ketahui Daftar Negara yang Pernah Memindahkan Ibukota

Sebenarnya, tidak banyak yang tahu saat ini ada beberapa negara yang pernah memindahkan ibukotanya. Untuk lebih jelasnya, kalian wajib tahu di bawah ini sudah ada daftar negara yang pernah memindahkan Ibukota.

Brazil

Tepatnya pada tahun 1960, Brazil diketahui telah memindahkan ibukotanya dari Rio de Janeiro langsung ke Brasilia. Seiring dengan perpindahan tersebut, ternyata Brasilia telah bersiap menjadi ibu kota baru sejak tahun 1956. 

Brasilia saat ini mengalami pertumbuhan pesat dan menginspirasi negara-negara lain untuk segera memindahkan ibukotanya.

Australia

Pada abad ke-19, saat ini terdapat dua kota besar negara Australia, Melbourne serta Sydney. Negara-negara ini bersaing untuk menjadi ibu kota Australia. 

Untuk terus menjaga perdamaian, Australia akhirnya memutuskan menunjuk Canberra sebagai ibu kota barunya pada tahun 1913.

Amerika Serikat

Pada tahun 1785 hingga 1790, negara New York menjadi salah satu ibu kota Amerika Serikat. Bahkan, salah satu daftar negara yang pernah memindahkan Ibukota ini pada tahun 1800 telah dirancang dan didirikan ibu kota baru  di Washington DC. 

Alasan pemilihan Washington DC adalah bentuk  kompromi antara negara bagian Utara yang menganjurkan pembayaran utang perang dan negara bagian Selatan. Hal ini mempunyai kepentingan ekonomi terhadap para budak.

Birma

Pemindahan ibu kota Myanmar yang berasal dari Yangon ke Pyinmana pada tahun 2005 sungguh mengejutkan dan tidak terduga. Bahkan ada pegawai pemerintah daerah hanya punya waktu sekitar dua hari untuk bisa membawa keluarganya ke ibu kota  baru.

Afrika Selatan

Afrika Selatan ini tidak hanya memiliki satu tapi tiga ibu kota, hal ini termasuk Pretoria, Bloemfontein, dan Cape Town. Pretoria merupakan salah satu ibu kota administratif negara bagian. Sedangkan, Bloemfontein adalah kota pengadilan, dan Cape Town adalah ibu kota legislatif.  

Nigeria

Dikarenakan kelebihan populasi, sebenarnya Lagos tidak lagi menjadi ibu kota Nigeria pada tahun 1991. Salah satu dari daftar negara yang pernah memindahkan Ibukota perannya juga sebenarnya telah digantikan oleh Abuja.

Bolivia

Pada awalnya, Sucre ini memang menjadi salah satu ibu kota Bolivia dengan alasan memiliki cukup akses jalan menuju tambang perak negara tersebut. Namun pada tahun 1898, ternyata telah diketahui bahwa tambang perak telah habis dan ada pembicaraan. Hal ini tentunya untuk bisa langsung memindahkan ibu kota Bolivia ke La Paz.

Georgia

Selama bertahun-tahun, lima kota yang berbeda menjadi ibu kota dari Georgia. Misalnya saja seperti Savannah, Augusta, Louisville, Milledgeville dan Atalanta. 

Namun, setelah perang saudara, tepatnya sejak tahun 1868, ternyata salah satu daftar negara yang pernah memindahkan Ibukota ini juga mendirikan ibukotanya, yaitu Atalanta.

Rusia

Selain itu, kota dari Moskow dan St. Petersburg ini  menjadi salah satu ibu kota  Rusia. Negara ini menjadi ibu kota Rusia dari tahun 1712 hingga 1918, sebelum pemerintah kembali menjadikan Moskow sebagai ibu kota.

Pakistan

Pada tahun 1959, Salah satu daftar negara yang pernah memindahkan Ibukota ini juga telah memutuskan untuk memindahkan ibukotanya dari Karachi ke Islamabad.  Islamabad ini sebenarnya baru menjadi ibu kota baru pada tahun 1961. 

Tanzania

Peralihan ibu kota dari Dar es Salaam ke Dodoma sebenarnya tidak berjalan mulus. Hal ini tentunya karena sebagian besar kementerian luar negeri dan kedutaan besar masih berada di Dar es Salaam. Rencana pembangunan ibu kota baru Tanzania ini akhirnya juga selesai pada tahun 1980-an.

Pantai Gading

Awalnya, ibu kota dari Pantai Gading terletak di kota terbesarnya, yaitu Abujan. Namun pada tahun 1960an, pemimpin pasca kemerdekaan Félix Houphouet-Boigny ini telah mempertimbangkan.

Satu dari daftar negara yang pernah memindahkan Ibukota ini memindahkan ibu kota ke Yamoussoukro, kampung halamannya.

Jerman

Ketika Jerman telah terpecah setelah Perang Dingin menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur. Ternyata masing-masing negara juga memiliki ibu kotanya sendiri.

Bonn merupakan salah satu ibu kota Jerman Barat dan Berlin adalah ibu kota Jerman Timur. Baru setelah reunifikasi Jerman, ternyata Berlin juga diangkat kembali sebagai ibu kota resmi negara tersebut.

India

Kalkuta merupakan salah satu ibu kota India hingga tahun 1911. Sementara itu, ketika Raja George V, penguasa India saat itu juga telah memutuskan untuk mendirikan distrik baru di kota Delhi sebagai ibu kotanya. New Delhi dengan demikian juga akan menjadi ibu kota baru  India.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini