Diet Tanpa Olahraga dengan Cara Atur Pola Konsumsi Makanan

Primaradio.co.id – Diet tanpa olahraga menjadi alternatif untuk menurunkan berat badan dan memulai hidup sehat. Karena mungkin bagi beberapa orang olahraga terasa sulit, terlepas dari kenyataan bahwa aktivitas fisik banyak keuntungannya.

Baca juga : Teh Hijau untuk Diet? Ini Cara Meminumnya

Apapun motivasi di balik keputusan untuk memulai program diet, membuat beberapa penyesuaian kecil pada rutinitas harian dapat mendukung kalian dalam pencarian kesehatan yang lebih baik.

Tanpa Olahraga Apakah Berat Badan Bisa Turun?

Jika tidak bisa berolahraga karena suatu alasan tetapi tetap ingin menurunkan berat badan, kalian tetap bisa melakukannya, meskipun mungkin perlu waktu lebih lama untuk melihat hasilnya.

Tidak seperti orang lain yang banyak berolahraga, sehingga cepat untuk mendapatkan semuanya kembali. Dalam hal ini, kalian harus terlebih dahulu mengingat beberapa hal sebagai berikut :

  • Pertimbangkan tujuan berat badan jangka panjang dan berat rata-rata yang ingin kalian pertahankan dari waktu ke waktu.
  • Alih-alih menimbang diri sendiri setiap hari, buatlah tujuan yang lebih mudah dicapai, seperti menimbang diri sendiri setiap dua minggu atau sebulan sekali.
  • Daripada sembarangan mencoba mengikuti orang lain, tetapkan tujuan penurunan berat badan yang realistis yang akan berhasil untuk kalian.
  • Perhatikan seluruh gaya hidup dan kenali di mana kalian dapat membuat perubahan positif, sambil tetap mempertahankan berat badan yang sehat.

8 Cara Diet Tanpa Berolahraga

Artikel ini akan memandu kalian melalui berbagai metode untuk menurunkan berat badan tanpa repot olahraga, terlepas dari apakah kalian memiliki waktu luang dan sesekali berolahraga.

Kita juga ingin menggarisbawahi, betapa pentingnya olahraga untuk kebugaran kardiovaskular yang adalah landasan penurunan berat badan. Namun jika terpaksa tidak dapat berolahraga, berikut ini adalah strategi yang bisa dilakukan :

Mulailah Sarapan dengan Protein

Telah dibuktikan bahwa sarapan dengan sumber protein berkualitas tinggi dapat membantu rasa kenyang dan kontrol gula darah. Bahkan mungkin meningkatkan kualitas diet orang gemuk.

Untuk respons gula darah terbaik, fokuslah untuk memasukkan sumber berkualitas tinggi ke dalam makanan kalian seperti dada ayam, ikan berlemak, yogurt tawar, tahu, dan tempe.

Konsumsi Banyak Serat

Serat sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Ini tidak hanya menurunkan risiko keganasan tertentu, tetapi juga dapat membantu kalian merasa lebih kenyang. 

Ini karena serat kental, yang ditemukan dalam makanan nabati, membentuk gel saat bersentuhan dengan air. Gel ini meningkatkan penyerapan nutrisi sekaligus memperlambat laju pengosongan perut.

Jadi, jika kalian ingin diet tanpa olahraga, jadikan serat sebagai prioritas. Kacang-kacangan, asparagus, jeruk, dan apel adalah beberapa contoh makanan yang kaya serat.

Waspadai Porsi dan Apa yang di Makan

Mungkin menjadi alasan mengapa kalian belum melihat kemajuan adalah karena melupakan bahwa beberapa makanan dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Mengonsumsi junk food dan makanan manis bisa jadi menyenangkan, tetapi makanan tersebut seringkali kaya akan kalori, tambahan gula, dan lemak trans. Jadi menghilangkannya dapat berdampak besar pada BB kalian. 

Tetap Terhidrasi dengan Minum Air Putih

Konsumsi air telah dikaitkan dengan diet tanpa olahraga melalui peningkatan metabolisme dan kesehatan mitokondria. Menurut beberapa penelitian, minum air putih membantu orang mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Coba tambahkan beberapa lemon ke dalam minuman. Lemon mengandung berbagai nutrisi yang dapat membantu menghilangkan stres dan penurunan berat badan, termasuk Vitamin C, flavonoid, dan pektin.

Mengonsumsi Kopi Hitam

Hampir semua orang menikmati secangkir kopi pagi, dan kabar baiknya adalah kafein dalam kopi tersebut adalah stimulan alami yang secara singkat dapat menekan nafsu makan.

Berbeda dengan latte dan frappuccino, keduanya mengandung kalori dan gula tersembunyi yang tinggi, jadi jika kalian mencoba diet tanpa olahraga, kopi hitam pilihan yang lebih baik.

Dapatkan Tidur yang Cukup

Kesehatan termasuk tekanan darah, sistem imunologi, fungsi kognitif, risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular, bergantung pada seberapa baik kalian tidur. 

Istirahat yang cukup adalah salah satu landasan penting diet tanpa olahraga yang sehat, karena kurang tidur kronis juga dapat membuat strategi diet lainnya menjadi kurang efektif dari waktu ke waktu.

Kurangi Stres Berlebih

Ketika kita stres, tubuh menghasilkan lebih banyak kortisol. Kadar kortisol dapat memengaruhi nafsu makan dan keinginan untuk makan yang berbahaya. Stres dengan demikian dapat menyebabkan penambahan berat badan. 

Jika kalian ingin diet tanpa olahraga, lihat berbagai pendekatan manajemen stres. Pengurangan stres dapat dicapai melalui meditasi dan konseling. Pilihan lain termasuk membuat jurnal atau berlatih metode pernapasan dalam. 

Sering Berdiri dan Lakukan Peregangan

Berdiri membakar lebih banyak kalori daripada duduk, meskipun perbedaan ini mungkin tampak kecil, seiring berjalannya waktu, kalori ini dapat bertambah.

Selain bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan, berjalan kaki dan aktivitas sehari-hari lainnya dapat membantu kalian menurunkan berat badan dari waktu ke waktu dengan membuatnya tetap aktif dan meningkatkan detak jantung.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini