Doa Sehari Hari Islam Lengkap Sesuai Sunnah Untuk Anak

Supaya bisa menjalankan aktivitas dengan baik dan tanpa halangan, maka bisa memanjatkan doa sehari hari yang ada. Selain itu, doa sehari hari ini bisa diajarkan untuk anak-anak sedari kecil. Memang ketika masa kecil sudah diajarkan nantinya akan bisa diingat sampai dewasa.

Bagi umat islam, berdoa merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Berdoa bisa dilakukan kapan saja asalnya masih berada di dalam adab berdoa yang baik dan benar. Berdoa juga tidak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa, tetapi anak-anak juga perlu kita ajarkan doa-doa yang ada.

Supaya nantinya ketika sudah tumbuh dewasa akan bisa mengamalkannya dan akan menjadi kebiasaan yang tidak hilang. Nah, supaya kita bisa mengajarkan anak-anak doa yang bisa dilakukan untuk sehari-hari, maka simak pembahasan yang ada di bawah ini.

Di dalam artikel kali ini, Primaradio.co.id akan sampaikan ke pembaca semua tentang doa yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari hari. Maka dari itu, langsung saja simak pembahasan yang ada di bawah ini. Jangan sampai terlewatkan satu pun karena ini adalah hal yang penting.

Kumpulan Doa Sehari Hari Lengkap Sesuai Sunnah untuk Anak TK, SD, SMP

doa-sehari-hari

Mungkin dalam melakukan aktivitas sehari-hari tidak jarang orang merasakan yang namanya kesal dan perasaan-perasaan tidak enak lainnya. Memang hal itu akan sangat wajar dan manusiawi dialami oleh manusia. Tetapi, supaya bisa menjalankan aktivitas dengan lebih maksimal lagi, kita bisa melakukan berdoa.

Dengan berdoa, nantinya kita akan merasa jauh lebih tenang dalam melakukan sesuatu hal. Tidak hanya itu saja, ketika kita berdoa, nantinya kita akan bisa menjalankan sesuatu dengan tenang dan tidak terburu-buru. Pasalnya ketika berdoa berarti kita sudah memasrahkan segala sesuatunya kepada Yang Maha Kuasa.

Dengan berdoa, kita akan lebih ikhlas menerima apapun yang diberikan oleh Allah SWT. Bahkan ketika kita menerima sesuatu yang tidak kita harapkan, kita akan tetap menerimanya dengan lapang dada. Pasalnya segala sesuatu yang kita dapatkan ini dari Allah SWT dan berarti itu adalah sesuatu hal yang terbaik untuk kita.

Nah, tanpa berlama-lama lagi, di bawah ini kami akan sampaikan beberapa doa sehari-hari yang bisa dibaca ketika ingin melakukan aktivitas. Tidak hanya untuk kita, tetapi kita bisa mengajarkannya kepada anak-anak juga. Langsung saja berikut ini beberapa doa sehari hari yang bisa dibaca.

Doa Sebelum Tidur

Ketika ingin tidur, sebaiknya membaca doa sebelum tidur ini. Pasalnya jika ingin tidur dan membaca doa ini, kita akan memanjatkan doa dan meminta agar dilindungi dari berbagai macam hal yang tidak diinginkan dan supaya bisa bangun kembali dalam keadaan sehat.

بِاسْمِكَ اللهُمَّ أَحْيَا وَأَمُوْتُ

Bismika allahumma ahya wa bismika amut

Artinya : “Dengan nama-Mu aku hidup Ya Allah dan dengan nama-Mu aku mati.”

Doa Ketika Bangun Tidur

Tidak hanya doa sebelum tidur saja, tetapi akan ada juga doa bangun tidur. Jadi, memang berdoa sebelum dan bangun tidur ini harus dilakukan supaya mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Berikut doa ketika bangun tidur ini.

الحَمْدُ لِلهِ الًّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Alhamdulillahil al-ladhi ahyana ba’da ma amatana wa illaihi-nnushur

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah mengembalikan kehidupan, mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami kembali.”

Doa Sebelum Memulai Aktivitas

Untuk memulai aktivitas agar bisa menjalankannya dengan lancar dan tidak ada hambatan, maka bisa membaca doa sebelum memulai aktivitas ini. Berikut ini adalah doa yang akan bisa dibaca sebelum memulai aktivitas.

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا. رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي، وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي

Rabbanā ātinā min ladunka rahmatan, wa hayyi’ lanā min amrinā rasyadan (Surat Al-Kahfi ayat 10). Rabbisyrah lī shadrī, wa yassir lī amrī. (Surat Thahā ayat 25-26)

Artinya : “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk lurus yang lurus dalam urusan kami (ini). Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku.

Doa Masuk Kamar Mandi

Ketika ingin masuk ke kamar mandi, mau melakukan apapun bisa mandi atau lainnya bisa membaca doa masuk kamar mandi ini. Jika ingin membaca doa kamar mandi, bisa simak doanya di bawah ini.

بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ

Bismillahi alloohumma innii a’uudzu bika minal khubutsi wal khobaaits

Artinya : ” Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari godaan iblis jantan dan betina.”

Doa Keluar Kamar Mandi

Setelah selesai dari kamar mandi, bisa membaca doa keluar dari kamar mandi dengan mudah. Bisa diajarkan juga untuk anak-anak supaya membaca doa keluar dari kamar mandi supaya selalu mendapatkan perlindungan dari Allah. Maka dari itu, langsung simak doa keluar kamar mandi di bawah ini.

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ لِلهِ الذي أَذْهَبَ عَنِّيْ الْأَذَى وَعَافَانِيْ

Ghufranaka Alhamdulillahil ladzii adzhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii

Artinya : “Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoranku dan membuatku sehat.”

Doa Sebelum Keluar Rumah

Ketika ingin keluar rumah, sebaiknya kita membaca doa keluar rumah. Saat ingin keluar rumah, kita membaca doa supaya tidak ada gangguan apapun dalam perjalanan, bisa selamat sampai tujuan dan terlindung dari hal-hal yang berbahaya. Doa sebelum keluar rumah adalah sebagai berikut.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini