Sosok Donnie Yen IP Man di Tiap Season dan Film Laga Lainnya

Primaradio.co.id – Donnie Yen IP Man dalam serial film Kung Fu, membenamkan penonton di era sejarah untuk menonjolkan seorang Master Kung Fu yang memiliki nilai sejarah yang signifikan, yaitu Grandmaster Wing Chun

Baca juga : Rekomendasi 7 Film Action Terbaik yang Wajib Ditonton

Dunia mengakui IP Man sebagai salah satu praktisi Wing Chun terbaik yang pernah hidup, serta atas perannya dalam melatih Bruce Lee muda untuk menjadi seniman bela diri yang terkenal.

Di Hong Kong, Yen sudah terkenal berkat perannya dalam beberapa film silat pada 1980-an dan 1990-an. Namun, dengan dirilisnya trilogi IP Man bertema MMA, dia mencapai kesuksesan internasional. 

Seniman bela diri profesional seperti Donnie Yen, yang urutan pertarungannya dengan Jackie Chan, memberikan pemahaman yang kuat tentang apa yang membuat adegan pertarungan hebat, ditampilkan dalam film IP Man.

Masuk akal jika Donnie Yen dan tim produksi menginginkan sebanyak mungkin seniman bela diri yang luar biasa dalam seri IP Man, mengingat kegemarannya untuk memadukannya di layar. 

Kisah Donnie Yen IP Man di Setiap Season 

Peran Yen sebagai sutradara serial film Kung Fu IP Man mendorongnya ke ketenaran internasional, dan dia sekarang menikmati kekuatan bintang yang sangat besar baik di Hollywood maupun Hong Kong.

Secara keseluruhan, sutradara, pemain, dan aktris berkontribusi pada pembuatan film-film ini. Serial IP Man yang disutradari oleh Wilson Yip adalah salah satu film IP Man yang paling terkenal.

Namun demikian, ada hubungan antara film-film tersebut karena beberapa di antaranya berfungsi sebagai prekuel atau sekuel dari film lain. Inilah urutannya:

IP Man (2008)

Film yang disutradarai Wilson Yip ini, di mana Donnie Yen IP Man, berpusat pada tahun-tahun awalnya saat China masih di bawah pendudukan Jepang. 

Dalam kisah ini, ia dibuat untuk melatih tentara Jepang dan akhirnya terlibat pertempuran dengan sepuluh prajurit Jepang.

IP Man 2 (2010)

Season ini melanjutkan kisah film pertama, menggambarkan bagaimana Donnie Yen IP Man dan keluarganya dapat melarikan diri dari keadaan yang bergejolak di China ke Hong Kong. 

Sebelum diizinkan mendirikan sekolah bela diri Wing Chun di Hong Kong, Ip Man harus mengungguli instruktur daerah.

IP Man 3 (2015)

Film ini menampilkan setidaknya tiga peristiwa penting, diagnosis kanker istri sosok IP, pertarungan IP dengan petinju Amerika Frank, dan persaingan antara Donnie Yen IP Man dan Tin-Chi.

Master Z: Warisan IP Man

Ini bukan tentang IP Man, tetapi terjadi di dunia yang sama. Setelah kalah dari IP Man di film terakhir, kehidupan Tin-Chi dikisahkan untuk menghadapi pengedar narkoba lokal.

IP Man 4 Final (2019)

Season kali ini berfokus pada upaya IP Man mempopulerkan Wing Chun di Amerika bersama muridnya yang terkenal, Lee Jung Fang atau lebih dikenal dengan Bruce Lee. 

Itu dilakukan dengan meninjau kembali cerita Donnie Yen IP Man. Ip Man meninggal karena kanker tenggorokan pada tahun 1972 pada usia 79 tahun, menurut akhir kisah tersebut.

Pertarungan Terakhir IP Man (2013)

Film ini dipisahkan dari delapan film sebelumnya secara kronologis. Anthony Wong berperan sebagai IP Man dalam film ini. 

Salah satunya agar seluruh kisah hidup IP, mulai dari belajar menggunakan boneka kayu hingga akhir hayatnya saat berlatih bersama dan didokumentasikan, dapat dirangkum dalam satu film.

Sang Guru Besar (2013)

Film ini juga tidak ada hubungannya dengan film IP Man lainnya. Sebaliknya, itu berpusat pada pertarungan antara IP Man dan Gong Yutian, seorang ahli seni bela diri dari Tiongkok Utara.

IP Man dan Empat Raja (2019)

Film ini tidak jauh berbeda dari Ip Man 2 dari tahun 2010, dimana tidak memiliki kerangka kronologis, meskipun mengisahkan perjuangan IP untuk mendirikan sekolah Wing Chun di Hong Kong.

Jelas bahwa Yen memiliki potensi berdasarkan urutan aksi dan pertunjukan akting yang membuatnya dikenal dalam bisnis film. Sungguh luar biasa bahwa ia sekarang menerima haknya dalam film aksi beranggaran tinggi.

Deretan Film Aksi yang Dibintangi Donnie Yen IP Man

Donnie Yen IP Man
Iceman: Time Traveller (2018)

Ia menjadi bintang film paling terkenal di Asia pada awal tahun 2000-an, dan salah satu aktor dengan bayaran tertinggi berkat kecakapan akting dan latar belakang seni bela diri. Film laga berikut dapat kalian saksikan di sejumlah layanan streaming film resmi :

Iceman: Time Traveller (2018)

Komedi aksi Iceman: The Time Traveler menggambarkan kisah Ho Ying, seorang pejuang dari dinasti Tiongkok, yang diperankan oleh Donnie Yen.

Dia sengaja dikubur dan dibekukan saat disuruh mencari pengkhianat kerajaan. Ho Ying terbangun 400 tahun kemudian untuk melihat Hong Kong berubah menjadi era kontemporer.

Raging Fire (2021)

Film baru dari sutradara terkenal Benny Chan ini mengikuti kisah Cheung Sung-bong, seorang petugas polisi yang unggul dalam menangani situasi sulit dan berisiko, yang diperankan oleh Donnie Yen.

Dia diperintahkan untuk terlibat dalam konfrontasi dengan Yau Kong-ngo, pemimpin organisasi kriminal bayangan yang dicari polisi. Ternyata Yau Kong-ngo dulunya adalah anak didik Cheung Sung-bong. 

Cheung Sung-bong atau lebih dikenal Donnie Yen IP Man, sangat menghormati dan mengagumi Yau. Namun, kebencian Yau Kong-ngo atas peristiwa sebelumnya menyebabkan banyak hal berubah.

Film Mulan (2020)

Film drama aksi fantasi Walt Disney Pictures ini diadaptasi dari film animasi berjudul sama, yang diadaptasi dari cerita rakyat China Ballad of Mulan.

Putri seorang veteran perang terkenal menjadi subjek film Mulan. Mulan memutuskan untuk menyamar sebagai seorang pria untuk bergabung dengan Tentara Kekaisaran menggantikan ayahnya yang sakit setelah menyadari ketidakmampuannya.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini