Fakta Jalur Gaza Terlengkap Mulai Sejarah dan Info Terbaru

Bagi masyarakat di berbagai penjuru dunia tentu sudah tidak asing dengan jalur Gaza. Info terkait wilayah tersebut sudah sering kalian simak dalam kanal berita Internasional dari berbagai negara. Bahkan beritanya secara langsung mendapat perhatian publik dunia.

Baca juga: Eksistensi Negara Palestina, Perjalanan Panjang Menuju Kemerdekaan

Sampai sekarang banyak terjadi demo di berbagai dunia, yang menentang terjadinya agresi militer. Hal tersebut secara langsung akan menyalahi prinsip hak asasi manusia. Sehingga sangat wajar jika banyak dikecam oleh berbagai kalangan di seluruh dunia.

Dibalik semakin memanasnya agresi militer di lokasi tersebut ada beberapa fakta, yang perlu kita ketahui. Dari sini kalian akan mengetahui banyak informasi penting termasuk berita terbarunya. Silahkan menyimaknya secara lengkap dalam penjelasan di bawah.

Daftar Fakta Jalur Gaza Terlengkap yang Bisa Masyarakat Ketahui

Daftar Fakta Jalur Gaza Terlengkap yang Bisa Masyarakat Ketahui
Daftar Fakta Jalur Gaza Terlengkap yang Bisa Masyarakat Ketahui

Zaman sekarang siapa yang belum mengenal tentang lokasi satu ini. Umumnya mayoritas masyarakat dunia akan mengenal lokasi tersebut sebagai wilayah perang, yang tidak ada habisnya. Mengingat sudah cukup lama perang terjadi pada wilayah tersebut.

Terjadinya peperangan tersebut tidak terlepas dari lokasinya di kawasan perbatasan. Sehingga terjadi perebutan kekuasaan, yang membuat jatuhnya korban jiwa tidak dapat terhindari. Berikut adalah beberapa fakta terkait jalur Gaza, yang bisa kita dapatkan, yaitu:

Penjara Terbuka

Banyak orang di berbagai penjuru dunia menyebut wilayah tersebut sebagai penjara terbuka. Hal tersebut bermula dari seorang Perdana Menteri Inggris, yaitu David Camero. David menganggap wilayah tersebut menyerupai kamp penjara tanpa jeruji.

Setidaknya ada lebih dari 1,7 rakyat Palestina harus hidup secara berdesak-desakan pada wilayah 140 mil persegi. Bahkan seiring berjalannya waktu jumlah rakyat Palestina terus berkurang.

Namun dengan fakta jumlah serta luasnya wilayah tersebut menjadi kota paling padat di dunia.  Sebelumnya negara Israel sudah menarik pasukan pada tahun 2005, namun fakta mengerikan lain terus berlanjut sampai sekarang.

Israel memiliki kuasa penuh pada kota ini. Bahkan Israel melakukan kontrol penuh pada wilayah ini dari udara, perbatasan maupun daerah penyedia air. Daerah yang luput dari penguasaan hanya perbatasan Mesir.

Rakyat Kehilangan Kemerdekaan di Tanah Sendiri

Jalur Gaza menjadi wilayah dengan kondisi rakyat paling menyedihkan di seluruh dunia. Fakta menyebutkan bahwa dua dari tiga atau setidaknya lebih dari 1 juta rakyat Palestina mengidentifikasi dirinya sebagai pengungsi.

Banyak orang pindah ke kota tersebut dari berbagai wilayah. Dulunya banyak orang datang dari beberapa lokasi lain seperti Yerusalem, yang sekarang lebih orang ketahui sebagai Tel Aviv. Hal tersebut sudah mulai berjalan sejak tahun 1948 setelah kedudukan Israel.

Pada tahun 1948 juga telah terbentuk perjanjian antara 2 negara. Solusi tersebut mengharuskan semua rakyat dari kedua negara untuk hidup berdampingan. Namun hingga saat ini fakta mengerikan terjadi, yang merugikan rakyat Palestina.

Rakyat Hidup Miskin

Jalur Gaza adalah wilayah paling memprihatinkan di seluruh dunia. Hampir setiap hari terjadi perang dan serbuan roket dari jalur udara membuat rakyat tidak bisa hidup seperti masyarakat di negara lain.

Rakyat hidup miskin karena tidak mendapatkan kesempatan untuk bekerja. Bahkan setiap harinya masyarakat hanya berusaha untuk bertahan hidup dari berbagai serangan tidak manusiawi tentara Israel.

Data dari PBB menyebutkan bahwa 400 ribu rakyat di jalur Gaza hidup pada garis kemiskinan. Setidaknya 80% rumah pada lokasi tersebut memperoleh bantuan finansial. Sedangkan 39% masyarakat sudah tidak memiliki rumah layak.

Serangan Terbaru

Serangan Terbaru
Serangan Terbaru

Terjadinya perang antara Israel dan Hamas semakin memanas hingga mendapatkan perhatian dunia Internasional. Hal ini memberikan banyak sekali dampak buruk dari segi kemanusiaan dan politik dari berbagai negara.

Banyak masyarakat menyuarakan kecamannya dengan melakukan demo di berbagai negara. Pada tanggal 7 Oktober 2023 waktu setempat tentara Israel meluncurkan kembali serangan ke jalur Gaza.

Sampai sekarang masih terus terjadi serangan bombardir dari wilayah udara kepada rakyat Palestina. Perang mengerikan tersebut memberikan banyak sekali luka bagi rakyat Palestina. Selain itu terdapat beberapa fakta terbaru dari serangan kali ini.

Fakta Terbaru

  • Korban lebih dari 4.00 jiwa
  • Serangan roket Israel masih terus terjadi
  • Sebagian besar korban jiwa anak-anak dan wanita
  • Rumah sakit penuh
  • WHO kecam Israel

Pembunuhan Ahmed Jabari

Terdapat salah satu sosok perjuangan yang cukup populer sekitar tahun 2010. Pihaknya adalah Ahmed Jabari seorang perwira Hamas, yang tentara Israel bunuh pada tahun 2012. Pihak Israel menegaskan bahwa Ahmed Jabari adalah teroris mematikan di dunia.

Namun sayangnya alasan pembunuhan tersebut terbantah melalui statement surat kabar Israel. Editor surat kabar tersebut menegaskan bahwa Ahmed Jabari merupakan seorang negosiator dari tindak gencatan senjata di Palestina.

Ahmed Jabari merupakan individu, yang bertugas memastikan pelayanan layak kepada Gilad. Sehingga bisa disimpulkan bahwa Ahmed Jabari merupakan sosok, yang memperjuangkan ketenangan jalur Gaza dari dalam.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini