Fakta Jalur Gaza Terlengkap Mulai Sejarah dan Info Terbaru

Sejarah

Terjadinya perang mengerikan sepanjang sejarah yang bertentangan pada hak asasi manusia ini sudah terjadi cukup lama. Sejarah menyebutkan bahwa terjadinya perang pertama di lokasi tersebut adalah Desember 1987.

Peristiwa ini terjadi karena empat warga Palestina meninggal akibat kecelakaan truk Israel, yang bertabrakan. Tabrakan tersebut terjadi antara truk dan dua van membawa pekerja Palestina.

Setelah terjadi peristiwa naas tersebut mulai berlangsung protes antar pemuda Palestina serta tentara Israel. Dari sini juga mulai terbentuk gerakan Hamas akibat respon Menteri Pertahanan Israel, yaitu Yitzhak Rabin.

Menteri Pertahanan menerapkan aturan “Patah Tulang Mereka”. Sehingga selama kurun waktu tersebut tentara Israel melakukan aksi penutupan universitas, pembunuhan mendadak, penghancuran rumah sampai deportasi aktivis.

Setelah terjadi pertempuran sengit di Jalur Gaza pada tahun 1993 terbentuk perjanjian PLO. Namun sayangnya di tahun 2000 terjadi pertempuran lagi, yang melukai 200 orang dalam jangka waktu dua hari.

Stres Tinggi dan Pertumbuhan Anak Buruk

Fakta tidak kalah menyedihkan juga terjadi pada anak-anak. Selama perang tersebut perkembangan dan pertumbuhan anak-anak tidak mendapatkan cukup perhatian. Setidaknya satu dari lima anak mengalami PTSD akibat perang tersebut.

PTSD merupakan sejenis gangguan psikologis berat karena trauma dari peperangan, yang sudah terjadi selama bertahun-tahun. Selain itu 10% anak-anak di wilayah ini juga mengalami permasalahan stunting cukup mencengangkan.

Banyak anak-anak dengan tubuh kerdil sebagai akibat kekurangan gizi secara berkepanjangan. Bahkan sebagian besar mengalami malnutrisi kronis karena tidak mendapatkan perawatan secara tepat.

Baca juga: Harus Tahu! Negara yang Mengakui Eksistensi Palestina

Fakta tentang perang di zaman sekarang mendapatkan lebih banyak perhatian masyarakat dunia. Hal tersebut tidak terlepas dari kesadaran tentang kemanusiaan serta hak asasi manusia. Salah satunya perang di jalur Gaza, yang menimbulkan banyak korban.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini