Fakta unik Negara Vatikan yang Wajib Diketahui

Primaradio.co.id – Tidak sedikit orang yang belum mengetahui fakta unik negara Vatikan. Negara Vatikan memang memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan berbagai macam negara di dunia. Negara Vatikan ini mungkin juga sering dikenal sebagai kota Vatikan.

Baca juga : 3 Negara dengan Penduduk Muslim Terbanyak di Dunia

Karena berbagai macam keunikan yang ada, membuat tidak sedikit orang yang ingin melihatnya sendiri bagaimana kehidupan di negara yang letaknya ada di Italia. Jadi dari letaknya saja sudah sangat unik, negara yang letaknya berada di dalam negara Italia.

Umat Katolik, tentunya sudah tidak asing lagi dengan negara Vatikan karena ini menjadi pusat Gereja Katolik dan juga tempat tinggal paus yang merupakan pemimpin tertinggi dari umat Katolik. Jadi ketika Hari Natal tiba, maka negara Vatikan ini menjadi pusat perhatian banyak orang.

Sekilas tentang Negara Vatikan

Sekilas tentang Negara Vatikan

Untuk kalian yang belum mengetahui negara Vatikan, kita akan menjelaskan sedikit mengenai negara yang memang memiliki banyak keunikan ini. Dari sini mungkin kalian bisa melihat beberapa fakta unik negara Vatikan.

Negara Vatikan, secara resmi dikenal sebagai negara Vatikan atau kota Vatikan, adalah sebuah negara independen yang terletak di tengah kota Roma, Italia. Meskipun ukurannya kecil, dengan luas hanya sekitar 44 hektar, Vatikan memiliki status sebagai negara berdaulat yang diakui secara internasional. 

Negara Vatikan didirikan pada tahun 1929 melalui Perjanjian Lateran antara Tahta Suci dan Kerajaan Italia. Perjanjian tersebut mengakhiri sengketa antara Gereja Katolik Roma dan pemerintah Italia, yang berawal dari pendirian Negara Italia pada tahun 1870 yang mengambil alih wilayah Kekaisaran Gereja.

Pemimpin Negara Vatikan adalah Paus, yang juga merupakan kepala Gereja Katolik Roma. Paus memiliki kekuasaan eksekutif, legislatif, dan yudikatif tertinggi di Vatikan. 

Selain itu, Vatikan juga memiliki Gubernur, yang bertanggung jawab atas administrasi harian negara tersebut. Negara Vatikan terletak di tengah kota Roma, Italia, dan memiliki luas sekitar 44 hektar (110 acre). 

Meskipun kecil, Vatikan memiliki perbatasan yang dijaga dengan Italia dan terbagi menjadi dua wilayah yaitu Vatikan dan Taman Vatikan. Di dalam wilayah Vatikan terdapat berbagai bangunan penting, termasuk Basilika Santo Petrus, Istana Apostolik, dan Museum Vatikan.

Jumlah penduduk di Negara Vatikan sangat terbatas. Sebagian besar penduduknya adalah warga negara Vatikan, yaitu mereka yang secara resmi bekerja untuk Gereja Katolik Roma atau pemerintah Vatikan. 

Jumlah warga negara Vatikan diperkirakan sekitar 800 orang. Selain itu, terdapat juga sejumlah kecil penduduk non-Vatikan, seperti biarawan, suster, dan diplomat dari negara-negara asing.

6 Fakta Unik Negara Vatikan

6 Fakta Unik Negara Vatikan

Sampai di sini seharusnya kalian mungkin sudah melihat beberapa keunikan yang ada di negara Vatikan. Walaupun rakyatnya tidak banyak dan juga memiliki wilayah yang tidak cukup luas, tetapi negara ini memang sangat menarik untuk dipelajari.

Jika kalian memiliki kesempatan tidak ada salahnya untuk berkunjung ke negara Vatikan. Berikut 6 fakta unik negara Vatikan.

Negara Terkecil di Dunia

Dengan luas hanya sekitar 44 hektar (110 acre), Negara Vatikan adalah negara terkecil di dunia. Ukurannya bahkan lebih kecil daripada beberapa taman kota di berbagai negara.

Walaupun wilayahnya sangat kecil, akan tetapi bisa memberikan kesan yang nyaman dan juga kedamaian. 

Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang ingin menikmati suasana di Vatikan. Kalian tentunya orang yang sangat beruntung ketika memiliki kesempatan untuk mengunjungi negara yang satu ini.

Kota Berdaulat

Fakta unik negara Vatikan berikutnya yaitu diakui oleh dunia internasional sebagai kota yang berdaulat. Jadi walaupun wilayahnya berada di dalam negara Italia akan tetapi negara ini atau kota ini memiliki kedaulatannya sendiri.

Vatikan bukan hanya sebuah wilayah di dalam Roma, tetapi juga sebuah negara berdaulat yang diakui secara internasional. Hal ini membuat Vatikan memiliki kedaulatan dan otonomi penuh dalam urusan internalnya sendiri.

Paus sebagai Kepala Negara

Paus bukan hanya pemimpin spiritual Gereja Katolik Roma, tetapi juga kepala negara Vatikan. Paus memiliki kekuasaan eksekutif, legislatif, dan yudikatif tertinggi di Vatikan.

Bahasa Latin sebagai Bahasa Resmi

Bahasa resmi Negara Vatikan adalah bahasa Latin. Walaupun tidak lagi digunakan dalam kehidupan sehari-hari, Latin digunakan dalam upacara keagamaan dan dokumen-dokumen resmi Vatikan. 

Tidak Ada Penduduk Tetap 

Fakta unik negara Vatikan selanjutnya yaitu penduduk yang merupakan penduduk tidak tetap. Ini merupakan hal yang cukup jarang ditemukan pada negara-negara besar umumnya.

Negara Vatikan tidak memiliki penduduk tetap kecuali warga negara Vatikan yang bekerja di Vatikan. Meskipun banyak orang yang bekerja di Vatikan dan tinggal di sekitar Roma, mereka tidak dianggap sebagai penduduk Vatikan.

Paspor Khusus

Fakta unik negara Vatikan yang terakhir yaitu memiliki paspor khusus yang berbeda dengan paspor Italia. Paspor Vatikan hanya dikeluarkan kepada warga negara Vatikan dan beberapa orang terpilih yang memiliki hubungan khusus dengan Vatikan.

Beberapa Tempat Bersejarah di Vatikan

Beberapa Tempat Bersejarah di Vatikan

Bahasa resmi negara Vatikan adalah bahasa Latin, meskipun bahasa Italia juga umum digunakan. Euro adalah mata uang resmi Vatikan, sama seperti di Italia.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini