Fitur Find My Device Perangkat Hilang Tidak Perlu Panik Lagi

Primaradio.co.id – Fitur Find My Device merupakan layanan keamanan pada smartphone baik itu Android atau IOS. Jadi memungkinkan pengguna menemukan lokasi perangkat mereka yang hilang atau akibat kasus pencurian. 

Baca juga: Tutorial Cara Cek Spek Komputer Windows 7 8 dan 10

Layanan tersebut juga dapat membantu mengunci ponsel atau menghapus data sehingga, mampu mencegah orang yang tidak diinginkan mengaksesnya. Kemudian, mengambilnya tanpa sepengetahuan pengguna, sehingga menyebabkan kerugian besar.

Dalam beberapa kasus, fasilitas ini juga dapat membantu menemukan perangkat. Ketika berada di dalam rumah lupa menaruhnya atau tempat lain dengan memanfaatkan suara dari perangkat tersebut.

Cara Kerja Fitur Find My Device

Layanan temukan perangkat saya ini tersedia pada smartphone dan tablet hampir semua brand tersedia. Cara kerjanya sendiri bervariasi tergantung pada platform atau sistem operasi yang digunakan. 

Secara umum, fasilitas tersebut akan mengaktifkan layanan GPS di smartphone dan melacak lokasi menggunakan sinyal satelit di mana letak titik koordinatnya. Setelah berhasil terlacak, pengguna dapat melihat informasi tersebut melalui aplikasi.

Selain itu bisa juga melalui situs web yang terkait dengan fitur Find My Device. Dalam beberapa kasus, pengguna juga dapat mengunci atau menghapus data pada perangkat secara jarak jauh melalui layanan ini.

Namun, untuk menggunakannya, smartphone harus terhubung ke internet dan memiliki akses ke layanan GPS. Bila tidak bisa keduanya, maka penggunaan fasilitas dari Google ini sulit digunakan.

Ketentuan dan Cara Menggunakan Find My Device

Fitur Find My Device mempunyai beberapa ketentuan yang perlu diketahui oleh para penggunanya. Berikut ini adalah ketentuan- ketentuannya.

  1. Mulai dari mengaktifkannya terlebih dulu, bagaimana cara mengaktifkannya, akan ada pembahasan secara lengkap di bawah. 
  2. Pastikan layanan lokasi atau GPS diaktifkan di ponsel Anda agar dapat melacak lokasi smartphone dengan akurat.
  3. Wajib terhubung ke internet, baik melalui jaringan seluler atau Wi-Fi, agar dapat mengirimkan informasi lokasi ke server dengan tepat
  4. Login ke akun Google atau akun Apple di perangkat Anda.

Setelah proses pengaktifan fitur Find My Device selesai, selanjutnya cara menggunakannya, Anda dapat memperhatikan prosesnya di bawah ini.

  1. Untuk mengakses fitur Find My Device, Anda dapat menggunakan situs web atau aplikasi terkait, pada ponsel Android, dapat mengakses situs melalui browser web.
  2. Bagi pengguna handphone Apple, dapat mengakses aplikasi “Find My” yang sudah terpasang di perangkat Anda.
  3. Setelah berhasil masuk ke situs web atau aplikasi Anda dapat mencari perangkat dengan mengetikkan nama atau nomor seri. 

Setelah menemukan smartphone dari fitur Find My Device Anda dapat melakukan beberapa tindakan tambahan, seperti mengirimkan pesan ke smartphone, mengunci perangkat atau menghapus semua dokumen.

Perlu diketahui juga bahwa, beberapa opsi mungkin tidak tersedia tergantung pada platform atau sistem operasi yang digunakan. Satu catatan penting diingat bahwa fasilitas tersebut tidak selalu berhasil dalam melacak lokasi perangkat. 

Faktor-faktor seperti koneksi internet buruk atau dimatikan dapat menghalangi dalam proses melacak ponsel. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa layanan ini telah diaktifkan serta terhubung ke internet sebelum hilang.

Cara Mengaktifkan Layanan Find My Device

Cara mengaktifkan fitur Find My Device dapat bervariasi tergantung pada jenis perangkat dan sistem operasi yang digunakan. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan layanan pada beberapa jenis perangkat:

  1. Untuk Android

Beberapa langkah untuk fitur Find My Phone di HP Android: 

  • Buka aplikasi pengaturan pada perangkat Android. 
  • Gulir ke bawah dan cari opsi Keamanan atau Lokasi C.  
  • Berikutnya aktifkan opsi temukan ponsel saya atau Lokasi.
  • Pastikan bahwa opsi nyalakan Remote Lock dan nyalakan Remote Wipe (jika tersedia) juga diaktifkan.
  1. Aktifkan fitur Find My Device pada ponsel iPhone/iPad

Beberapa langkah untuk aktifkan fitur Find My Device pada ponsel iPhone/iPad sebagai berikut: 

  • Buka aplikasi Pengaturan pada perangkat iPhone/iPad.
  • Pilih opsi Apple ID atau iCloud. 
  • Kemudian klik temukan smartphone saya.
  • Pastikan bahwa layanan tersebut sudah aktif
  1. Aktifkan fitur Find My Device pada perangkat Windows 10 

Berikut langkah aktifkan fitur Find My Device pada perangkat Windows 10: 

  • Buka pengaturan pada perangkat Windows 10. 
  • Klik pembaruan & keamanan. 
  • Selanjutnya pilih opsi temukan Perangkat Saya. 
  • Aktifkan opsi layanan tersebut.

Bagaimana Kelebihan dari Layanan Ini

Menggunakan fitur Find My Device memiliki beberapa keunggulan yang perlu dipertimbangkan oleh pengguna. Diantaranya adalah layanan disediakan secara gratis oleh pihak vendor perangkat seperti Google dan Apple. 

Pengguna tidak perlu membayar biaya tambahan atau berlangganan layanan untuk menggunakannya. Hal ini sangat menguntungkan karena tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk melindungi perangkat dan data pribadi mereka. 

Fasilitas tersebut merupakan bagian dari layanan dasar yang disediakan oleh vendor, sehingga pengguna dapat menggunakannya secara gratis tanpa perlu khawatir akan biaya tambahan yang perlu dikeluarkan.

Perlu diketahui, fitur ini terintegrasi langsung dengan sistem operasi pada perangkat, sehingga pengguna hanya perlu mengaktifkannya dan mengaksesnya melalui situs web atau aplikasi terkait untuk mulai proses pelacakan.

Selanjutnya, kelebihan dari layanan ini adalah User-Friendly. Artinya desainnya sengaja ditata sedemikian rupa agar mudah dipelajari. Hal ini dilakukan dengan menyajikan informasi yang dibutuhkan secara jelas dan mudah dimengerti.

Maka dari itu, ketika Anda mempelajarinya tidak membutuhkan waktu banyak. Cukup 10 sampai 15 menit saja, para penggunanya sudah bisa menggunakan layanan tersebut dengan mudah dan diluar kepala.

Bagaimana Kekurangan dari Layanan ini

Fitur Find My Device juga mempunyai berbagai dimana layanan ini ketergantungan pada baterai smartphone yang hilang atau dicuri. Fasilitas ini membutuhkan daya yang cukup agar perangkat dapat ditemukan dan dilacak.

Jika habis atau mati, maka proses pelacakan akan terhenti. Hal ini dapat menjadi masalah jika smartphone hilang dan dalam keadaan baterai habis. Selain itu, jika dicuri, pelaku dapat mencabut baterai.

Namun, beberapa vendor seperti Apple dan Google menyediakan opsi mengirimkan notifikasi pada pengguna ketika baterai ponsel mulai habis. Ini dapat membantu pengguna untuk mengetahui bahwa perangkat mereka.

Apakah sedang dalam keadaan penuh atau sedang membutuhkan pengisian daya. Maka dari itu, sebelum pergi perhatikan dulu berapa kapasitasnya. Dengan begini dapat membantu menghindari keadaan di mana baterai benar-benar habis.

Selain itu, ada juga beberapa aksesori yang dapat membantu mengatasi masalah kehabisan daya baterai, seperti power bank atau casing baterai eksternal. Pengguna dapat menggunakan aksesori ini untuk memperpanjang masa pakai baterai.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini