Food Photography, Dunia Fotografi yang Sedang Hits dan Tips Memulainya

Bagi kalian yang hobi update foto makanan di sosial media, mungkin saja profesi Food Photography layak untuk dilirik saat ini. Adapun jenis pekerjaan satu ini bertugas dalam proses pengambilan gambar makanan.

Baca juga: Bahaya 26 Miliar Data Bocor di Internet yang Perlu Diketahui

Fotografi makanan disini ialah hasil dari foto yang hanya fokus pada jenis makanan tertentu saja. Akan tetapi, fotografi makanan ternyata memiliki hal yang lebih kompleks lagi tidak hanya sekedar mengambil makanan saja, kalian bisa ikuti ulasan lengkap dalam dunia fotografi disini.

Sekilas Tentang Food Photography dalam Dunia Fotografi

Sekilas Tentang Food Photography dalam Dunia Fotografi
Sekilas Tentang Food Photography dalam Dunia Fotografi

Secara sederhananya, food photography ini ialah pengambilan gambar yang lebih fokus pada makanan, atau bisa pula dikatakan bahwa makanan yang dijadikan sebagai subjek utama. Namun, pada kenyataannya fotografi makanan ini tidak hanya mengambil gambar makanan saja, ada banyak sekali gaya, seni, hingga penerapan prinsip desain di dalamnya secara komplek.

Dalam hal ini, kalian perlu menata kembali kondisi lingkungan sekitar dan juga menyusun fokus agar bisa memperoleh hasil pemotretan gambar yang sempurna. Hal lainnya juga seperti pemilihan aksesoris peraga, gabungan peralatan makan dengan warna yang disesuaikan, hingga memerlukan nuansa gaya hidup yang sesuai dengan jenis makanan.

Seperti yang telah di ketahui bersama bahwa fotografi makanan disini bukan hal yang baru. Namun, kalian lebih sering menemukan hasilnya pada iklan ataupun postingan di sosial media. 

Hal ini jelas sangat berhubungan erat dengan bisnis food dan beverage. Dengan menggunakan strategi marketing satu ini, maka tampilan visual jadi lebih penting dalam proses pemasaran kepada calon pembeli.

Tips dan Trik Fokus di Bidang Food Photography

Tips dan Trik Fokus di Bidang Food Photography
Tips dan Trik Fokus di Bidang Food Photography

Food photography adalah salah satu jenis fotografi yang lebih fokus pada pengambilan gambar makanan agar tampak begitu lezat dan menggugah selera. Fotografi makanan satu ini akan sangat diperlukan sekali untuk diterapkan dalam media promosi bisnis F&B. berikut ini ada sejumlah tips dan trik bagi kalian yang hendak mendalami dunia fotografi makanan.

Pelajari komposisi makanan

Untuk komposisi makanan ini perlu kalian pelajari karena jadi bagian terpenting dalam pengambilan gambar agar tampak begitu sempurna. Kalian dapat digunakan porsi yang sesuai dengan jenis makanan hingga piring yang dipilih.

Selain itu juga, pelajari pola komposisi warna yang dapat pula mempengaruhi kualitas foto yang akan diambil. Warna makanan pun bisa dijadikan fokus utama sehingga perlu kalian atur dahulu komposisi makanan supaya tepat dan serasi.

Pemilihan kamera

Lanjut dengan kalian lakukan proses pemilihan kamera yang menjadi hal paling penting dalam dunia food photography. Kalian dapat memilih berbagai jenis kamera profesional dengan resolusi terbaik supaya hasil gambar jadi lebih sempurna.

Atur pencahayaan

Tips food photography selanjutnya yang perlu kalian perhatikan dengan baik ialah pencahayaan. Dalam segala aspek pencahayaan seperti halnya backlighting dan juga kecerahan bisa mempengaruhi hasil foto makanan yang diambil.

Tidak jarang pula dalam proses pengaturan pencahayaan dibutuhkan lampu tambahan agar hasil lebih optimal. Penggunaan cahaya alami sebenarnya bisa menghasilkan gambar makanan lebih sempurna karena terdapat komposisi warna yang sesuai.

Angle foto

Kalian bisa juga menentukan angle foto yang sesuai pada objek foto yang hendak diambil. Dengan pengambilan gambar dari angle yang tepat, maka dapat hasilkan objek yang lebih menarik lagi. Kalian pun perlu juga ambil foto dengan perlihatkan objek secara jelas dan menyeluruh. Beberapa angle yang bisa dilakukan seperti depan, atas, closeup dan action.

Plating dan styling objek

Salah satu trik yang bisa kalian terapkan satu ini dengan menyesuaikan porsi makanan menggunakan ukuran piring yang sesuai sehingga penataan makanan pun tampak lebih abik. Selain itu juga, kalian bisa gunakan metode angka berdasarkan jumlah makanan yang disajikan, sangat dianjurkan memilih angka ganjil agar lebih bagus.

Persiapkan properti perlengkapan

Untuk menggeluti dunia food photography ini kadang membutuhkan properti perlengkapan tambahan seperti halnya hiasan, bunga, alat makan, meja, gelas agar hasil gambar tampak lebih hidup dan realistis. Jadinya, kalian bisa persiapkan terlebih dahulu properti yang digunakan dan harus sesuai dengan jenis makanan yang telah ditentukan sebelumnya.

Software editing foto

Tips terakhir yakni editing foto yang bisa hasilkan gambar tampak lebih bagus lagi. Ini jelas bisa membantu kalian ketika pengambilan gambar yang kurang tepat hingga pencahayaannya pun kurang. Beberapa dari jenis software photo editing yang sering digunakan oleh profesional seperti Adobe Photoshop, Corel PaintShop dan lainnya.

Tidak lupa juga kalian mesti paham bagaimana cara mengoperasikan software editing tersebut. Dengan skill editing yang telah kalian pelajari sebelumnya, dikombinasikan dengan pengambilan gambar yang tepat, maka sudah bisa dipastikan hasilnya pun sangat memukau sekali.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini