Fungsi Golongan Darah, Manfaat dan Jenisnya Penting Diketahui

Fungsi golongan darah beserta manfaat hingga jenisnya pun sangat penting sekali untuk kalian ketahui. Dengan cek golongan darah tersebut, kalian bisa mengetahui jenis darah yang dimiliki dalam tubuh. Hal ini menjadi sangat penting apabila suatu saat kalian membutuhkan transfusi darah ataupun berencana mendonorkan darah.

Baca juga: Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Ketika ada orang yang menerima darah tidak sesuai dengan golongan darahnya, maka bisa menyebabkan terjadinya komplikasi. Sistem golongan darah yang sering kali digunakan dalam dunia medis adalah sistem ABO (golongan darah A, B, AB dan O) yang mana penggolongannya sendiri akan ditentukan oleh ada atau tidaknya antigen pada sel darah merah.

Di samping itu pula, sistem penggolongan darah tersebut dapat ditentukan pada jenis Rhesus darah (positif atau negatif). Golongan darah pun ditentukan oleh gen yang diturunkan oleh orang tua, kalian bisa segera lakukan pengecekan golongan darah di rumah sakit ataupun klinik terdekat.

Mengenal Fungsi Golongan Darah dalam Tubuh Manusia

Fungsi Golongan Darah
Sumber Gambar: detik.net.id

Golongan darah pada umumnya memiliki sederet fungsi penting dalam keberlangsungan hidup manusia, ada beberapa fungsi golongan darah yang wajib kalian ketahui seperti di bawah ini:

Mengangkut oksigen ke seluruh tubuh

Salah satu dari fungsi utama darah dalam tubuh ialah mengangkut oksigen. Udara yang sudah masuk ke dalam tubuh dan mengandung oksigen di dalamnya akan menuju organ paru-paru.

Barulah setelah itu, udara tersebut bakal mengalami sejumlah proses. Selanjutnya, oksigen yang sudah masuk ke dalam pembuluh darah kapiler yang ada di dalam tubuh manusia bakalan disebarkan.

Menyebarkan sari-sari makanan

Fungsi golongan darah selanjutnya ialah mengangkut dan juga menyebarkan sari-sari makanan. Darah yang mengalir pada seluruh bagian tubuh dengan terdapat sari-sari makanan yang dibawa dari serapan oksigen. Untuk sari-sari makanan tersebut sudah memiliki kandungan protein, vitamin, karbohidrat yang kalian konsumsi setiap harinya.

Mengedarkan hormon ke dalam tubuh

Darah mempunyai fungsi untuk mengedarkan hormon uang masuk ke dalam tubuh manusia. Hormon tersebut diperoleh karena adanya rangsangan ataupun stimulus. Rangsangan ini yang berasal dari luar tubuh manusia, atau bisa pula dari dalam tubuh manusia sendiri.

Darah bisa menyerang kuman dan bakteri

Darah memiliki fungsi penting dalam menyerang bakteri dan juga kuman yang telah masuk ke dalam tubuh manusia. Fungsi seperti ini terjadi terdapat pada sel darah putih ataupun leukosit. Yang mana di dalam tubuh manusia sendiri memiliki lima sel darah putih, seperti halnya limfosit, neutrofil, eosinofil dan lain sebagainya.

Proses penyembuhan luka

Golongan darah yang penting bagi tubuh untuk menyembuhkan luka. Hal ini menjadi salah satu dari kehadiran darah dalam tubuh manusia. Bagian yang memiliki peran untuk proses penyembuhan luka sendiri dikenal dengan trombosit, yang mana mempunyai peran dalam penyembuhan luka khususnya pada bagian kulit ari manusia.

Ketahui Berbagai Manfaat dari Golongan Darah dalam Tubuh

Fungsi Golongan Darah
Sumber Gambar: honestdocs.id

Fungsi golongan darah bisa juga kalian ketahui dari manfaatnya, yang mana tidak hanya sebagai pelengkap diri saja. hal ini pun bisa juga mencegah risiko kesehatan, membantu orang-orang yang sedang berada dalam keadaan darurat dan lain sebagainya. Bila kalian masih belum tahu golongan darah, maka bisa langsung cek ke klinik atau rumah sakit, berikut beberapa manfaat dari golongan darah seperti:

Memudahkan proses transfusi darah

Kita tidak pernah tahu kapan musibah itu datang, semisalnya saja kecelakaan ataupun penyakit yang mengharuskan kalian mendapatkan transfusi darah. Dengan kalian mengetahui golongan darah, maka akan lebih mudah mengetahui jenis golongan darah yang diperlukan oleh tubuh sehingga mempermudah proses transfusi darah.

Terhindar dari penyakit saat pernikahan

Adanya kelainan genetik bisa mengancam jiwa ibu dan bayi di dalam rahim. Terlebih lagi ketika ibu yang memiliki darah rhesus negatif, sedangkan sang suami mempunyai darah rhesus positif. Masalahnya pun terjadi karena pernikahan antar bangsa. Dengan kalian ketahui fungsi dari golongan darah tersebut, maka bisa juga mengurangi risiko kemunculan berbagai jenis penyakit.

Membantu program diet

Berikutnya, manfaat dan fungsi golongan darah dalam tubuh manusia ialah dengan mempermudah dan membantu program diet. Jenis golongan darah tertentu sebenarnya lebih rentan pada penyakit jantung dan juga diabetes. Ada juga jenis darah yang kompatibel dengan jenis makanan vegetarian saja. sejumlah orang pun akan membatasi asupan karbohidrat karena memang kurang cocok dengan golongan darahnya.

Berbagai Jenis dan Fungsi Golongan Darah yang Ada di Dalam Tubuh Manusia

Fungsi Golongan Darah
Sumber Gambar: kompas.com

Walaupun setiap orang mempunyai darah, namun golongan darah dari masing-masing orang sudah jelas berbeda. Golongan darah yang dapat dikenal saat ini adalah golongan darah A, B, AB dan O. keempatnya pun masih terbagi lagi menjadi dua jenis berdasarkan rhesusnya, yakni rhesus negatif dan rhesus positif.

Informasi seputar fungsi golongan darah memiliki peran yang begitu penting sekali. hal tersebut juga dibutuhkan ketika ada urusan yang berhubungan dengan darah seperti transfusi darah. Darah sendiri akan digunakan untuk transfusi mesti sesuai dengan kebutuhan pasien.

Rhesus darah juga sangat penting diketahui pada masa kehamilan. Hal ini pun disebabkan golongan darah yang dilihat apakah memiliki potensi yang mengancam nyawa janin ataukah sebaliknya. Jenis golongan darah sendiri sudah dibagi menjadi 4 jenis berdasarkan karakteristiknya masing-masing seperti:

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini