Wisata Religi Gua Maria yang Ada di Indonesia

Primaradio.co.id – Gua Maria jadi salah satu tempat yang cukup penting bagi penganut agama Katolik. Jadi dalam tradisi agama Katolik ternyata Gua tersebut dipusatkan untuk menjadi tempat ziarah dan devosi kepada Bunda Maria. Tidak heran jika sampai saat ini, Gua tersebut masih saja ramai pengunjung.

Baca juga : 3 Destinasi Wisata Religi Sumenep yang Wajib Dikunjungi

Tidak hanya kaum muslim di yang memiliki tempat ziarah, kaum Katolik juga memiliki patung Bunda Maria yang sudah ditetapkan sebagai tempat ziarah karena penampakan supranatural Maria ataupun banyaknya faktor sejarah yang dimiliki oleh tempat tersebut.

Sejarah Menarik Gua Maria di Indonesia

Gua Maria

Sebagai umat Katolik, Apakah kalian sudah pernah datang ke Gua Maria? Tempat bersejarah tersebut memang sangat penarik. Jadi di dalam tradisi agama Katolik keberadaan dari gua tersebut memiliki sejarah cukup panjang.

Bunda Maria beberapa kali menampakkan diri pada orang-orang terpilih di tempat tersebut. Salah satu penampakan yang sangat terkenal Bunda Maria yaitu kepada Bernadette Soubirous. Penampakan tersebut terjadi di gua yang ada di kota Lourdes, Perancis di tahun 1858.

Kalimat tersebut kemudian menjadi tempat sejarah paling populer sampai saat ini. Bahkan tempat ziarah yang satu ini juga menjadi inspirasi bagi beberapa orang untuk membuat tempat ziarah stupa pada komunitas Katolik setempat. Heran jika saat ini banyak juga Gua Maria yang muncul di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Tempat ziarah tersebut yang cukup terkenal di dunia ada di tingkat tempat yaitu di Lourdes, Perancis. Tetapi ada beberapa tempat ziarah kaum katolik lainnya, seperti di Fatima (Portugal), Guadalupe (Meksiko), dan Medjugorje (Herzegovina).

Lantas bagaimana dengan di Indonesia? Sebenarnya Di indonesia juga ada tempat ziarah bagi umat Katolik berupa Gua dengan patung Bunda Maria. Gua tersebut berupa tempat ziarah yang memiliki makna cukup historis bagi perkembangan Gereja Katolik di Indonesia maupun Gereja Katolik di sekitarnya.

Misalnya saja di Sendangsono yang merupakan tempat baptisnya orang Jawa pertama kali. Jika dilihat dari bentuk bangunannya mirip seperti buah Tetapi ada juga yang berada seperti gua alam aslinya.

Nama tersebut diambil karena adanya patung Bunda Maria yaitu ibunda Yesus di gua tersebut. Tempat tersebut kemudian menjadi tempat ziarah bagi umat Katolik dan menjadi untuk mendekatkan diri pada Allah Bapa melalui perantara di Bunda Maria dan Yesus Kristus.

Beberapa Wisata Religi Gua Maria di Indonesia

Gua Maria

Tidak harus datang ke Perancis jika ingin mengunjungi wisata ziarah patung Bunda Maria. Berapa di daerah di Indonesia juga memiliki wisata religi tersebut, sehingga bisa menjadi tujuan bagi beberapa orang.

Beberapa wisata tersebut biasanya sangat ramai ketika hari Natal sudah semakin dekat. Tidak ada salahnya jika mengisi liburan dengan mengunjungi lokasi wisata religi tersebut untuk membantu meningkatkan iman dan ketakwaan.

Gua Maria adalah lokasi wisata religi yang banyak dipilih kaum Katolik untuk napak tilas rohani. Berikut ini beberapa wisata religi dengan Gua Bunda Maria yang populer di Indonesia.

  1. Gua Bunda Maria Lembah Karmel

Wisata religi pertama adalah di Lembah Karmel yang terletak di Cikanyere, Cipanas, Puncak. Tempat wisata religi yang satu ini merupakan lokasi yang cukup populer dan digunakan sebagai misa penyembuhan.

Bisa penyembuhan biasanya dilakukan setiap hari minggu kedua dan keempat sebulan sekali. Kawasan wisata religi yang satu ini dikelilingi oleh taman yang cukup rapi dan tertata dengan indah. Selain menjadi wisata religi ternyata juga bisa membantu pikiran kalian menjadi lebih fresh.

Di tengah taman tersebut berdiri patung Yesus yang merentangkan tangannya untuk memberikan berkat bagi umat Katolik yang mengunjungi wisata tersebut. Tertarik untuk datang dan ziarah di Gua Maria Puncak?

  1. Gua Budan Maria Fatima

Jika di negara Portugal ada kota bernama Fatima yang banyak digunakan oleh kaum Katolik untuk melakukan ziarah, maka di Indonesia juga ada daerah Fatima yang dijadikan tempat untuk melakukan ziarah serta ritual religi kaum Katolik.

Lokasi pastinya ada di Kompleks biara suster Gembala Baik RGS, Jakarta Timur dan saat ini wisata tersebut sudah banyak dikunjungi oleh kaum Katolik di sekitarnya. Kalian bisa menemukan ketenangan rohani setelah mengikuti beberapa ritual religi di Fatima, Jakarta Timur ini.

  1. Gua Budan Maria Lourdes

Selanjutnya lokasi wisata religi yang bisa digunakan oleh kaum Katolik di Indonesia adalah Gua Lourdes yang berlokasi di Gereja Katedral, Jakarta Pusat. Tidak semua tempat wisata harus berada di perdesaan dan berbaur dengan alam. Jadi Gua yang satu ini merupakan Gua buatan yang menyerupai Gua Massabielle di Lourdes, Perancis. Dibuat sepersis mungkin dengan Gua tempat Bunda Maria menampakkan diri.

Di bagian tersebut ada patung Bunda Maria yang terbuat dari batu asli dan berasal dari Lourdes, Perancis. Patung tersebut dikelilingi oleh dedaunan yang rimbun dan cukup asri. Nuansa asri dan teduh membuat para pengunjung Jemaat gereja semakin khusus untuk memanjatkan doa setelah melakukan Misa di Gereja Katedral. Mungkin kalian juga sudah pernah mengunjungi wisata religi satu ini.

  1. Gua Bunda Maria Kaliori

Ada banyak yang bisa dikunjungi di Indonesia dan salah satunya berada di Kaliori. Yang satu ini terletak di Purwokerto, Banyumas dan mulai dibangun pada tahun 1989, lebih tepatnya pada 15 Agustus.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini