Papan Melayang Hoverboard Aircraft dan Manfaatnya bagi Manusia

Apakah kalian pernah mendengar tentang Hoverboard aircraft sebelumnya? Ini merupakan sebuah teknologi yang sangat canggih dan menunjukkan konsep masa depan bagi umat manusia. 

Baca juga: Smart City di Indonesia sedang Berkembang Cukup Pesat

Dalam bahasa Indonesia, ini disebut dengan nama papan melayang dan beberapa kali terlihat di film. Kehadirannya tentu bisa membuat siapapun yang mengendarainya terasa terbang.

Menurut sebuah sumber, hoverboard pertama kali terlihat dari sebuah film dengan judul Back To The Future Part 2 dan 3. Ketika itu kalian bisa melihat alat ini muncul. 

Namun memang waktu itu pemakaiannya hanya untuk kebutuhan film atau belum ada di pasaran. Penasaran dengan seperti apakah detail dari Hoverboard aircraft?

Sejarah Singkat dan Penggunaan Istilahnya 

Istilah Hoverboard pertama kali ada pada tahun 1967 dimana pada masa itu ada sebuah novel dengan genre sci-fi yang berjudul “The Hole in The Zero”. Novel tersebut merupakan karya dari penulis bernama M. K. Joseph. 

Di novel itu terdapat adegan ada beberapa orang dari masa depan sedang melakukan atraksi saring dengan Hoverboard aircraft. Lalu, pada tahun 1980, istilah ini kemudian muncul kembali di majalah Texas Monthly.

Kemudian ada lagi film berjudul Back to The Future yang juga membuatnya terkenal. Dalam berbagai buku serta film fiksi ilmiah, kehadiran Hoverboard seringkali dikaitkan dengan papan skate yang bisa terbang. 

Awalnya mungkin ini hanyalah sebuah kendaraan imajinasi, tapi lama kelamaan banyak pihak membuatnya menjadi nyata. Karena itulah, ada dua versi yang kalian bisa lihat sekarang. 

Versi pertama adalah Hoverboard dengan bentuk skuter tanpa gagang dan versi kedua ialah berupa papan skate melayang. Keduanya tetap saja sangat menarik perhatian masyarakat jaman sekarang. 

Masyarakat mungkin sudah siap menerima kehadiran inovasi seperti ini. Namun, sebuah negara juga harus siap mempersiapkan lingkungan yang mendukung penuh kendaraan itu. 

Berikut Hoverboard Karya Franky Zapata

Ada sebuah tulisan dari blog ternama mengenai Hoverboard aircraft ini. Seorang juara jet ski yang berasal dari Prancis bernama Franky Zapata memiliki keinginan untuk membuat kendaraan tersebut dalam dunia nyata. 

Dirinya telah melalui uji coba yang panjang dengan proses selama 4 tahun. Hingga akhirnya, Zapata memperoleh hasil maksimal dengan buatannya. 

Berdasarkan sebuah video uji coba, alat buatan Zapata mampu melakukan penerbangan sampai dengan 10.000 kaki tingginya. Kecepatan maksimum kendaraan tersebut adalah 150 km/jam atau 93,2 mah. 

Selain itu, versi Hoverboard aircraft ini ternyata mampu bertahan sampai dengan 10 menit di udara. Kalian harus tahu bahwa pada awalnya konsep alat ini hanyalah papan terbang yang bisa melayang. 

Seiring dengan berkembangnya waktu, konsepnya meluas menjadi skateboard dengan dua roda (self balancing board). Di dalam bahasa Indonesia kita bisa memanggilnya dengan skuter swa-imbang. 

Ada beberapa bagian yang kalian bisa catat seperti misalnya smart wheel dengan tenaga baterai, teknologi sensor gyroscope untuk bagian landasannya, dll. 

Untuk sensor Di atas, sebagai pengendali memang kalian harus tahu betul tentang kemiringan kaki, badan , dan lainnya. Dengan begitu, fiturnya baru bisa dipakai secara maksimal. 

6 Manfaat dari Hoverboard Aircraft

Meski terlihat seperti alat yang hanya untuk bersenang senang, tapi Hoverboard tetap saja memiliki beberapa manfaat. Lalu apa sajakah keuntungannya bagi kehidupan kita? 

Apabila ditelaah secara lebih lanjut, siapa sangka bahwa inovasi modern tersebut memang berguna bagi manusia. Berikut adalah beberapa keuntungannya yang bisa kita catat dari berbagai aspek. 

Memudahkan Pejalan Kaki

Dalam hal ini adalah untuk mencapai tujuan mereka dengan lebih cepat. Sebagai contoh adalah di mall atau bandara dimana biasanya orang-orang harus berjalan kaki dengan jarak yang jauh. 

Belum lagi di tempat umum seperti stasiun atau bus dimana kita seringkali diburu waktu agar tidak terlambat. Menggunakan hoverboard nantinya akan sangat membantu kebutuhan tersebut. 

Ramah Lingkungan dan Mengurangi Pencemaran 

Ini merupakan salah satu manfaat yang paling keren dari Hoverboard aircraft. Seperti yang kalian ketahui bahwa bahan bakar yang dipakai adalah baterai atau bisa jadi tenaga listrik. 

Artinya, kendaraan ini tidak akan menghasilkan pencemaran udara atau emisi gas buang yang berbahaya bagi lingkungan kita. Selain mengurangi pencemaran udara, hal tersebut juga lebih praktis. 

Kita tidak perlu antri ketika nanti harus mengisi bahan bakar kendaraan. Di lain sisi, bahan bakarnya juga membuat kendaraan tersebut bisa beroperasi dalam waktu yang lama. 

Efisiensi Waktu

Kalian bisa merasakan sensasi terbang yang sebenarnya dengan mengendarai Hoverboard aircraft ini. Kecepatan maksimumnya adalah sekitar 150km/jam yang artinya kalian bisa melewati kemacetan dengan baik. 

Mengendarai kendaraan tersebut akan membuat kalian tidak berlama lama di jalanan. Terlebih juga sangat mudah dioperasikan dan bisa sembari melihat pemandangan sekitar. 

Praktis dalam berbagai Aspek

Kepraktisannya adalah sebuah alasan yang paling utama. Selain praktis ketika kalian mengendarainya, kendaraan ini bahkan tidak membutuhkan tempat penyimpanan yang luas. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini