Inilah Cara Jaga Kualitas Udara di Rumah agar Tetap Sehat

Primaradio.co.id – Agar pernafasan tetap aman, maka kalian perlu mengetahui bagaimana cara jaga kualitas udara di rumah. Sebab beberapa orang mudah terserang penyakit akibat banyaknya virus, debu, hingga kuman dalam ruangan.

Baca Juga : Aplikasi Clubhouse yang Pernah Populer, Namun Kini Berbeda

Terlebih masalah polusi kian memburuk. Tidak jarang anak-anak hingga orang dewasa dapat mengalami masalah ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas). Bahkan rumah sakit kini penuh sesak dengan pasien dengan gejala gangguan pernafasan.

Oleh sebab itu, kalian perlu mengetahui bagaimana menjaga kualitas udara dalam tetap sehat. Dan juga pelajari juga beragam tips menjaga kualitas oksigen dalam ruangan agar tidak mengandung virus, bakteri, dan kuman berbahaya untuk pernapasan.

Pentingnya Mempelajari Cara Jaga Kualitas Udara di Rumah

Udara menjadi salah satu aspek kehidupan yang sangat penting. Manusia bisa hidup karena kadar udara yang sangat melimpah. Namun bagaimana jika udara yang kalian hirup mengandung virus, bakteri, maupun kuman.

Tentu saja oksigen tidak sehat dapat menimbulkan berbagai penyakit. Bahkan beberapa jenis penyakit berbahaya juga disebabkan karena faktor kejernihan udara di dalam ruangan tertentu.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi kalian untuk mempelajari bagaimana cara jaga kualitas udara di rumah agar tetap sehat. Faktor penting yang pertama adalah mencegah timbulnya penyakit.

Ya, ada beberapa jenis penyakit disebabkan oleh kotornya kadar oksigen yang kalian hirup. Salah satunya adalah flu maupun batuk. Penyakit flu ini muncul karena virus influenza yang kalian hirup bersama kadar oksigen kotor.

Faktor penting yang kedua yaitu mengetahui bagaimana cara mensterilisasi oksigen kotor dalam ruangan. Sebab, udara kotor mengandung kumat, virus, hingga bakteri. Oleh karena itu, kalian wajib tahu bagaimana cara mensterilisasi dan menjaga kualitas udara di dalam ruangan.

5 Cara Jaga Kualitas Udara di Rumah agar Kalian Tetap Sehat

Perlu kalian ketahui bahwa kuman, virus, dan bakteri yang terbawa oleh angin memang tidak terlihat. Sehingga kalian akan sulit untuk membedakan apakah dalam ruangan mengandung oksigen kotor atau sehat.

Mengingat kualitas udara menentukan kesehatan, maka kalian perlu mengetahui tentang bagaimana cara jaga kualitas udara di rumah agar tetap sehat. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Jangan Merokok dalam di Lingkup Rumah

Cara pertama, jangan pernah merokok dalam rumah. Sebab asap dan sisa rokok dapat menimbulkan bau tidak sedap di dalam ruangan. Selain itu, asap dan sisa puntung rokok membuat virus, kuman, dan bakteri menyebar di sekitaran dinding.

Memperbanyak Ventilasi 

Cara kedua, perbanyak ventilasi. Tujuannya agar udara kotor bisa keluar dan diganti dengan udara bersih. Selain itu, ventilasi juga bertujuan agar sinar matahari bisa masuk ke dalam untuk menjernihkan kualitas oksigen.

Memperbanyak Menanam Tanaman Hijau

Cara jaga kualitas udara di rumah yang ketiga adalah memperbanyak menanam tanaman hijau. Sebab, tanaman hijau ini dapat menyerap oksigen kotor yang mengandung karbon dioksida. Dan tanaman juga mengeluarkan oksigen bersih.

Jangan Membakar Sampah di Dekat Rumah

Cara keempat, jangan pernah membakar sampah di dekat rumah. Sebab udara yang dihasilkan oleh sampah terbakar ini mengandung timbal hingga merkuri. Jika terhirup dengan waktu lama, maka dapat menimbulkan peradangan pada bagian organ paru-paru.

Menggunakan Air Purifier

Cara kelima, gunakan air purifier untuk menjernihkan oksigen dalam ruangan. Air purifier berfungsi untuk menyerap oksigen kotor dan melepaskan ion-ion oksigen bersih agar saluran pernafasan tetap sehat. Selain itu, air purifier juga berfungsi untuk membunuh kuman, bakteri, dan virus yang terbawa oleh angin.

Tips Jaga Kualitas Udara di dalam Ruangan

Setelah mempelajari tentang cara jaga kualitas udara di rumah, maka ketahui beberapa tipsnya. Sebab, bisa saja oksigen dalam ruangan tetap kotor karena faktor kesalahan pribadi yang tidak menjaga kebersihan.

Tercatat, ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan agar kadar oksigen dalam ruangan tetap bersih. Tips yang pertama, bersihkan ruangan dengan cara menyapu, mengepel, atau bahkan membersihkan area dinding.

Sebab ada banyak kotoran, kuman, hingga bakteri yang menempel di sekitar lantai, dinding, atau atap ruangan. Dengan membersihkan secara rutin, maka oksigen di dalam ruangan akan tetap terjaga.

Tips yang kedua, gunakan pengharum ruangan untuk menghilangkan kuman, virus, maupun bakteri. Selain itu, pengharum ruangan juga membuat kalian merasa nyaman berlama-lama di tempat tersebut.

Selain pengharum ruangan, kalian juga dapat menempatkan aromaterapi. Sehingga kalian merasa betah di dalam ruangan karena terdapat wewangian dari aromaterapi. Dengan begitu, maka kualitas udara di dalam ruangan tentu tetap terjaga.

Tips yang ketiga, lakukan penyemprotan cairan anti nyamuk secara rutin. Memang cara ini tidak hanya menjaga kualitas oksigen saja. Akan tetapi juga melindungi kalian dari gigitan nyamuk.

Tips yang keempat, kalian harus menutup pintu ruangan dengan rapat. Tujuannya agar kotoran dari luar tidak masuk ke ruangan. Pasalnya, kotoran menjadi salah satu sumber munculnya virus, kuman, maupun bakteri yang terbawa dari angin.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini