Cara Mengecek Tunggakan Iuran BPJS Kesehatan lewat Online

primaradio.co.id – Ada beberapa cara mengecek tunggakan iuran BPJS kesehatan lewat online yang perlu Anda ketahui. Seperti kita ketahui, peserta BPJS Kesehatan yang sudah menunggak iuran kepesertaannya selama berbulan-bulan.

Baca juga : Cek Tagihan BPJS Kesehatan Online Lewat WA Dengan NIK

Memang harus melunasi tunggakannya agar dapat kembali memperoleh pelayanan kesehatan dari faskes atau fasilitas kesehatan. Agar tidak sampai telat dalam membayar tagihan, Anda harus sering-sering mengeceknya.

Dengan begitu Anda bisa tau, apakah Anda memiliki tunggakan atau tidak. Kini untuk bisa cek tunggakan, Anda dapat mengeceknya dengan mudah secara online, bisa melalui aplikasi dan sebagainya.

Cara Mengecek Tunggakan Iuran BPJS Kesehatan lewat Online

Cara Mengecek Tunggakan Iuran BPJS Kesehatan lewat Online

Seperti pada pembahasan sebelumnya, bila ingin mengecek tunggakan BPJS kini bisa kita lakukan secara online. Berikut ini beberapa cara untuk mengecek tunggakan BPJS, antara lain :

  1. Cara Cek Tunggakan BPJS Melalui Aplikasi JKN
Cara Cek Tunggakan BPJS Melalui Aplikasi JKN

Cara mengecek tunggakan iuran BPJS kesehatan lewat online yang pertama adalah melalui APK JKN. Pertama, Anda harus mengunduh dulu aplikasi Mobile JKN pada Play Store atau App Store.

Kemudian bila sudah, masukkan nomor BPJS serta alamat email. Lalu pilih menu Tagihan, pilih Premi. Jika sudah, setelah itu nanti jumlah tunggakan BPJS akan muncul.

  1. Cara Cek Tunggakan BPJS Melalui WhatsApp
Cara Cek Tunggakan BPJS Melalui WhatsApp

Cara mengecek tunggakan iuran BPJS kesehatan lewat online berikutnya via WA. Platform WA memang sangat banyak digunakan masyarakat luas. BPJS akhirnya berinovasi membuat Layanan Chat Assistant JKN (CHIKA), caranya :

  • Pertama, kirim pesan apa saja ke WA CHIKA lewat nomor telepon 08118750400, pesan akan terbalas secara otomatis.
  • Kemudian pilih menu Cek Tagihan Iuran, caranya dengan mengetik angka “2” lalu kirim pesan.
  • Bila sudah, balas pesan dengan cara mengetikkan nomor peserta BPJS Kesehatan atau NIK Anda.
  • Berikutnya Anda akan diminta membalas pesan dengan tanggal lahir. Dan formatnya ialah yyyy-mm-dd atau tahun-bulan-tanggal lahir.
  • Terakhir, CHIKA akan membalas pesan dengan informasi tagihan Anda. Jika Anda terdaftar sebagai Pekerja Penerima Upah, Anda akan dihimbau untuk menghubungi HRD perusahaan guna mengetahui tagihan.
  1. Cara Cek Tunggakan lewat SMS

Berikutnya cara mengecek tunggakan iuran BPJS kesehatan lewat online (SMS). Sama seperti sebelumnya, caranya juga cukup mudah. Pertama kirim SMS dengan mengetik: NIK <spasi> NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN KTP. 

Contoh: NIK 324538700830. Kirim ke nomor 087775500400. Alternatif lain, Anda bisa mengirim SMS dengan mengetik NOKA <spasi> NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN. Contoh: NOKA 00879382910. Kirim ke nomor 087775500400.

  1. Cara Mengecek Tunggakan Iuran BPJS lewat Aplikasi E-commerce

Seperti kita ketahui, saat ini sudah banyak APK yang menyediakan layanan pembayaran berbagai macam tagihan, termasuk membayar BPJS. Biasanya pembayaran menggunakan e-commerce atau platform dompet digital. 

Ini termasuk aplikasi OVO, Gojek, Tokopedia, Shopee, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah aplikasi tersebut menyediakan layanan untuk membayar. Pastinya Anda juga dapat mengecek tagihan BPJS.

Melalui beberapa e-commerce atau platform dompet digital tadi. Sama seperti cara sebelumnya, caranya juga cukup mudah, berikut ini langkah-langkahnya secara umum. Namun pastikan Anda sudah mendownload salah satu e-commerce tadi.

Pertama buka e-commerce, kemudian cari fitur bayar tagihan. Lalu pilih BPJS Kesehatan, setelah itu masukkan nomor peserta BPJS. Berikutnya pilih bulan yang ingin kita cek tagihannya dan tagihan akan muncul.

  1. Cara Cek Tunggakan lewat Virtual Account

Cara mengecek tunggakan iuran BPJS kesehatan lewat online yang selanjutnya adalah menggunakan nomor virtual account. Sebagai peserta BPJS Kesehatan, Anda akan mendapatkan nomor kartu serta nomor rekening virtual

Nomor tersebut berguna untuk pengecekan tagihan dan juga status keanggotaan bila Anda terlambat membayar iuran atau lupa. Sementara nomor rekening virtual itu digunakan untuk pembayaran iuran. 

Sebab ada banyak cara, baik melalui platform digital maupun konvensional untuk membayar iuran BPJS. BPJS Kesehatan sendiri mempunyai nomor virtual account pada bank tersebut. 

Nomor VA ditambah dengan nomor pada kartu peserta itu yang akan menjadi nomor tujuan Anda membayar iuran. Bila Anda kehilangan kartu tersebut, kemudian lupa nomornya, Anda tidak dapat membayar iuran.

Perlu Anda ketahui, nomor VA atau virtual account sendiri bisa berbeda antara bank satu dengan bank yang lain. Contohnya seperti untuk bank BRI dan juga BNI.

Nomor VAnya ialah 88888, sementara untuk bank Mandiri nomor VAnya ialah 89888. Kita langsung berikan contohnya saja agar Anda lebih paham. Anggap saja Anda ingin membayar iuran BPJS Kesehatan.

Melalui Bank Mandiri, misal nomor kepesertaan Anda yakni 0045678783920. Sedangkan nomor tujuan transfer Anda ialah 898880045678783920. Jadi nomor kepesertaan gabung dengan nomor VA dari bank tujuan.

Bila Anda ingin membayar iuran lewat bank BRI, tinggal ganti saja VAnya menjadi 888880045678783920, tergantung banknya. Seperti itu seterusnya, jadi Anda tidak perlu bingung lagi.

  1. Cara Cek Tunggakan Melalui Situs Resmi BPJS

Cara mengecek tunggakan iuran BPJS kesehatan lewat online berikutnya adalah melalui situs resmi BPJS. Bagaimana caranya? Tentu caranya sangat mudah, cukup ikuti saja langkah-langkah berikut:

  • Pertama, tentu saja Anda harus membuka situs resmi BPJS Kesehatan terlebih dahulu yakni bpjs-kesehatan.co.id.
  • Kemudian pilih opsi ‘Periksa Iuran BPJS Kesehatan’ dari menu yang tersedia.
  • Setelah itu isi informasi, termasuk juga tanggal lahir, nomor kartu BPJS Kesehatan, dan juga kode captcha yang muncul pada gambar.
  • Terakhir, tekan tombol Periksa, nanti informasi terkait tunggakan iuran BPJS Kesehatan Anda akan ditampilkan.
  1. Cara Mencicil Tunggakan BPJS Kesehatan

Bila tadi cara mengecek tunggakan iuran BPJS kesehatan lewat online. Kini kita bahas cara mencicil tunggakannya. Berikut ini beberapa cara mencicil tunggakan BPJS, antara lain :

  • Pertama Anda perlu mengunduh APK Mobile JKN pada ponsel, kemudian login dengan nomor kepesertaan BPJS Kesehatan atau NIK.
  • Setelah itu pada halaman menu, pilih opsi Menu Lainnya dan lanjut ke menu Rencana Pembayaran Bertahap.
  • Berikutnya, pada halaman Rehab, Anda akan melihat data lengkap terkait total tunggakan, syarat dan juga ketentuan.
  • Lalu pilih opsi cicilan yang Anda inginkan, kemudian APK akan menampilkan simulasi cicilan berdasarkan pilihan tersebut.
  • Terakhir, ikuti instruksi pada aplikasi terkait cara pembayaran cicilan hingga tunggakan lunas.

Baca juga : Cara Mengecek Nomor BPJS bagi Pemula

Jadi bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara mengecek tunggakan BPJS, kini tidak perlu bingung. Sebab sudah ada beberapa cara mengecek tunggakan iuran BPJS kesehatan lewat online.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini