Jajaran Aplikasi Password Manager yang Bisa Diunduh

Primaradio.co.id – Program perangkat lunak yakni aplikasi password manager, berguna untuk mengelola penyimpanan nama pengguna dan kata sandi. 

Baca juga: Cara Mengetahui Password WiFi di HP & Laptop dengan Mudah

Banyak orang disarankan untuk membuat kata sandi yang sangat kuat untuk akun online dan menghindari penggunaan kata sandi yang sama beberapa kali. Khususnya untuk akun penting seperti email, dan perbankan. 

Masalahnya adalah kebanyakan orang memiliki banyak akun internet, sehingga sulit untuk mengingat kata sandi unik masing-masing. Aplikasi password manager dapat berguna di sini. 

Tidak perlu khawatir mengingat kata sandi karena pengelola kata sandi dan atau browser web dapat menyimpan semua kata sandi dengan aman. Alih-alih menggunakan kata sandi yang sama untuk setiap akun. 

Program ini menyimpan kata sandi dengan aman di komputer, tablet, atau ponsel sehingga seseorang tidak perlu mengingatnya. Kata sandi bahkan tidak perlu diketik setiap kali masuk.

Mengelola kata sandi bisa jadi menantang. Untuk menghindari lupa kata sandi dan terkunci dari akun, gunakan kata sandi yang sama dengan sedikit perubahan. Pertimbangkan untuk memilih nama yang mudah diingat. 

Aplikasi password manager menyediakan opsi terenkripsi untuk membuat dan menyimpan kata sandi yang kuat, yang akan membantu menjaga data lebih aman (walaupun ada potensi kerugian pada perangkat lunak apa pun).

Meskipun semua memiliki tujuan yang sama, pengelola kata sandi beroperasi secara fungsional secara berbeda. Perbedaan utama antara penyimpanan berbasis cloud dan penyimpanan lokal terletak pada strategi pengelolaan kata sandi. 

Lainnya sudah disertakan di browser web, termasuk Edge, browser default seperti Windows 10, Chrome, Safari, Firefox, dan lainnya. Lainnya menyimpan kata sandi secara lokal file di Mac, PC, atau smartphone

Keistimewaan dan Penunjang Aplikasi Password Manager

Pengguna dapat menyimpan kata sandi untuk akun online menggunakan alat pengelola kata sandi. Alat tersebut bekerja lebih baik daripada sekadar menyimpan kata sandi di komputer, meskipun tidak sepenuhnya aman.

Ada banyak hal bagus tentang pengelola kata sandi, salah satunya penemuan keamanan yang relatif baru:

  1. Mudah digunakan

Aplikasi password manager seringkali mudah digunakan. Dapat menghemat waktu dengan menggunakannya karena tidak perlu mengingat setiap kata sandi yang diperlukan. 

Untuk membuka kunci semua kata sandi, hanya perlu mengingat satu kata sandi utama. Keuntungan lain? Tidak perlu khawatir terkunci dari akun karena lupa salah satu dari beberapa kata sandi. 

Ekstensi browser untuk pengelola kata sandi juga dapat membantu mengajukan pertanyaan dan jawaban keamanan yang solid dan mengisi informasi pengguna secara otomatis.

  1. Menghasilkan Kata Sandi Acak yang Kuat

Pengelola kata sandi membuat, menyimpan, dan melacak kata sandi individu baru untuk setiap akun online. Seringkali dibuat secara acak dengan minimal 12 karakter yang berisi huruf, angka, dan simbol.

Ini menguntungkan jika sistem aplikasi password manager yang digunakan memiliki pembuat kata sandi karena dapat membantu membuat login yang mungkin tidak berarti. 

  1. Enkripsi yang Efektif

Enkripsi yang kuat telah ditawarkan, bertindak sebagai pencegah yang kuat bagi penjahat online. Enkripsi yang kuat, digunakan untuk melindungi banyak pengelola kata sandi.

  1. Interaksi Keluarga

Untuk menjaga agar data keluarga tetap aman dan terlindungi, pengelola kata sandi tertentu mengizinkan pembagian kata sandi yang aman dengan anggota keluarga.

Penunjang dari Aplikasi Password Manager

Pengelola kata sandi mungkin memiliki kelemahan, tergantung pada perangkat lunaknya, seperti kebanyakan solusi keamanan. Penunjangnya adalah sebagai berikut:

  1. Menyimpan Semua Telur dalam Satu Keranjang

Situasi di mana seorang peretas menemukan kata sandi utama, yang membuka semua kata sandi yang lain, jelas merupakan metafora “gajah di dalam ruangan”. 

Jika seorang peretas dapat menginstal program keystroke-logger di komputer atau perangkat terkait lainnya dan merekam kata sandi utama, itulah salah satu cara yang mungkin terjadi. 

  1. Pengingkaran Kelola Kata Sandi

Jika aplikasi password manager itu sendiri disusupi, mungkin ada kelemahan tambahan untuk menggunakannya. Meski begitu, data pengelola kata sandi harus dienkripsi dan disimpan di tempat lain.

  1. Kehilangan Jejak Kata Sandi Utama 

Apa yang terjadi jika kata sandi utama dilupakan? Dengan sebagian besar pengelola kata sandi, brankas akan dikunci. Diperlukan pengubahan setiap kata sandi sendiri. Jadi pastikan untuk menuliskan dan menyimpan salinan.

  1. Pengaturan

Perlu mengingat dan memasukkan nama pengguna dan kata sandi yang ada untuk setiap situs web dan akun saat pertama kali menyiapkan pengelola kata sandi. 

Aplikasi tersebut kemudian akan mengingat setiap nama pengguna dan kata sandi untuk bergerak maju setelah memasukkannya.

  1. Biaya

Pengelola kata sandi umumnya tidak gratis. Kemudahan penggunaan, layanan pelanggan prioritas, perubahan kata sandi otomatis, dan kesederhanaan sinkronisasi di berbagai perangkat sering kali disertakan dalam opsi yang lebih mahal.

Deretan 5 Aplikasi Password Manager yang Bisa Digunakan

Berikut adalah beberapa saran untuk pengelola kata sandi paling aman dan yang dapat digunakan. Bagi yang lebih suka menyimpan banyak kata sandi dalam satu akun, ini sangat berguna:

  1. LastPass 

Di Windows, MacOS, iOS, dan Android, Lastpass berfungsi sebagai pengelola kata sandi dalam bentuk plugin atau aplikasi browser. Untuk biayanya, mulai dari US$3 per bulan. Terdapat juga untuk edisi gratis.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini