Jalur Air Penting Terkenal di Dunia yang Perlu Diketahui

Ada berbagai jalur air penting terkenal di dunia dan semua tersebar di penjuru negara. Sebagai masyarakat dunia tidak ada salahnya kita mengulik informasi tersebut sebagai salah satu cemilan otak.

Baca juga: Tujuan Terusan Suez Dibuat Lengkap dengan Sejarahnya

Apalagi di Indonesia juga ada salah satu jalur transportasi maritim krusial yang memiliki peran penting dalam perdagangan dunia. Jadi tidak masalah ketika kita menggali informasi tersebut secara mendalam.

Secara tidak langsung kalian juga akan memahami bagaimana pola perdagangan maritim dunia. Tanpa adanya jalur air maka percepatan peningkatan ekonomi sampai teknologi tidak dapat berlangsung.

Kita akan bedah empat spot paling krusial sehingga dapat menjadi tambahan insight. Langsung saja simak beberapa segmen berikut agar kalian tidak hanya tahu namanya namun juga sejarah terkait lokasinya.

Jazirah Arab Punya Jalur Air Penting Terkenal di Dunia

Jazirah Arab Punya Jalur Air Penting Terkenal di Dunia
Jazirah Arab Punya Jalur Air Penting Terkenal di Dunia

Terusan Suez adalah salah satu kanal raksasa paling berpengaruh di dunia karena menjadi tulang punggung perdagangan maritim Eropa dan Asia. berikut ini adalah beberapa detail sejarah maupun informasi terkait kanalnya.

Sejarah Pembangunan 

Sejarah jalur air penting terkenal di dunia ini memang penuh dengan pro kontra. Salah satu sejarah kelam adalah banyaknya korban ketika membangun saat tahun 1859, estimasinya sampai seratus dua puluh ribu orang meninggal.

Namun ada juga sisi positif yaitu meningkatkan keamanan perjalanan maritim mulai dari Eropa sampai Asia. Karena sebelum adanya terusan Suez para pelaut harus melewati tanjung harapan dengan tingkat keamanan rendah.

Ada banyak kasus perompak yang menumbangkan jalur dagang maritim mulai dari Eropa menuju Asia. Bahkan sejak era kolonial hal seperti ini sudah terjadi dan jelas menghambat perkembangan perekonomian dunia.

Manfaat di Era Modern 

Manfaat jalur air penting terkenal di dunia era modern seperti sekarang dampak adanya terusan ini sangat krusial. Pada abad 21 ketika akselerasi dagang Eropa dengan Asia pasti tidak dapat terjadi.

Baik itu dari sisi perkembangan teknologi, perekonomian, sampai pengaruh peradaban juga pesat. Bayangkan saja bagaimana nasibnya ketika perjalanan laut dari Eropa sampai Asia masih harus melewati tanjung harapan.

Oleh sebab itu pada era modern seperti sekarang terusan Suez memiliki dampak sangat masif. Buktinya hanya beberapa hari saja terdapat insiden kemacetan tahun 2021 kerugiannya sudah tidak terhingga.

Selat Malaka, Jalur Air Penting Terkenal di Dunia

Di Indonesia selat Malaka memisahkan antara Malaysia dengan Sumatera (Indonesia). Sejak era kerajaan sampai sekarang selat tersebut sangat berpengaruh terhadap perekonomian dunia.

Ketika berbicara masalah sejarah tentu saja akan panjang jika dari era kerajaan sampai sekarang. Oleh sebab itu mari kita bedah jadi tiga segmen saja sehingga semakin mudah memahami konteksnya.

Sejarah di Era Kerajaan 

Di era kerajaan selat malaka sudah menjadi jalur air penting terkenal di dunia karena menjadi penghubung paling cepat dari Cina menuju India. Bahkan ketika hendak menuju ke Eropa pedagang Cina harus melewati selat malaka.

Oleh sebab itu tidak sedikit kerajaan nusantara mendapatkan kekayaan dari perjanjian dagang. Karena jalurnya saja sudah ada maka para raja tinggal memanfaatkan kontrak dagang dari wilayah lainnya.

Era Kolonial 

Ketika penguasaan VOC terhadap tanah air jelas ini menjadi jalur air penting terkenal di dunia. Setelah terusan Suez selesai Belanda menjadi semakin lancar melakukan eksploitasi dagang di tanah air.

Tarif VOC dalam melakukan perdagangan juga turun drastis sehingga memberikan keuntungan besar. Itulah salah satu alasan mengapa VOC bisa memonopoli tanah air dengan uang dari hasil perdagangan maritim.

Era Modern 

Di era modern selat malaka masih menjadi salah satu jalur paling ramai di dunia karena hegemoni Cina. Banyak kapal dagang dari Cina menuju negara-negara benua Afrika masih melewati selat tersebut.

Namun kemungkinan dalam satu atau dua dekade trafik akan turun karena adanya proyek sodetan Myanmar. Rencananya Cina akan mengembangkan proyek sodetan tersebut untuk mempercepat jalur perdagangannya.

Selat Gibraltar, Jalur Air Penting Terkenal di Dunia

Selat Gibraltar atau dalam Bahasa Arab Jabal Thariq merupakan sebuah selat yang memisahkan benua Afrika (libya) dengan Spanyol. Berikut ini adalah secuil sejarah terkait jalurnya sehingga kalian bisa jadikan sebagai camilan otak.

Sejarah Nama 

Sejarah nama Selat Gibraltar merupakan serapan dari Bahasa Arab Jabal Thariq yang memiliki arti Gunung Tariq. Kemudian nama Tariq sendiri berasal dari salah satu jendral muslim yang berhasil menaklukkan Spanyol yaitu Tariq bin Ziyad.

Untuk mengabadikan kejayaannya akhirnya salah satu pelabuhan memilih Tariq sebagai namanya. Tidak berselang lama itu juga menjadi selat bernama Jabal Tariq atau sekarang lebih terkenal dengan nama Gibraltar.

Fungsi 

Selat Gibraltar sendiri awalnya berfungsi sebagai jalur perdagangan antara Spanyol dengan Libya. Namun pada era modern seperti sekarang menjadi salah satu kunci keluar perjalanan dari Eropa menuju Amerika.

Ini adalah jalur air penting terkenal di dunia yang memang sejak dulu sudah memegang peran penting. Misalnya Selat Gibraltar itu tidak ada maka peradaban besar seperti Itali dan Venice juga akan terkurung.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini