Mengenal Jenis Granat yang Digunakan TNI dan Sejarahnya

Primaradio.co.id – Tentara Nasional Indonesia atau TNI tentunya memiliki berbagai senjata canggih dan terbaru untuk melindungi negara, tetapi apakah Anda mengetahui jenis granat yang digunakan TNI dan seperti apa sejarahnya? Untuk mengetahui informasi lengkapnya, simak pembahasannya di bawah ini.

Baca juga : Tanggal Merah Kalender 2023 Dan Cuti Bersama Indonesia

Indonesia merupakan negara memiliki banyak wilayah dengan keanekaragaman suku, bahasa, dan juga budaya. Berbagai macam perbedaan ini perlu kita jaga demi mempertahankan negara yang sudah merdeka sejak tahun 1945 ini.

Anda tidak perlu khawatir, sebab kita dibantu oleh TNI dengan berbagai macam senjata dan juga teknologi canggih mereka miliki. Tetapi pada pembahasan kali ini, kami akan lebih berfokus untuk mengenal jenis granat yang digunakan TNI ketika berperang dan mempertahankan NKRI dari dulu sampai sekarang.

Mengenal Apa Itu Granat?

Mengenal Apa Itu Granat?

Dalam menjaga keutuhan NKRI, TNI kita dibekali dengan berbagai peralatan berupa senjata maupun alutsista canggih dan tentunya dengan teknologi terbaru. Semua itu tentunya dilakukan demi tetap terjaganya kesatuan negara kita tercinta ini.

Salah satu senjata atau peralatan dari TNI yang digunakan untuk melindungi seluruh warga Indonesia dari berbagai ancaman bahaya adalah granat atau grenade. Tetapi apakah Anda mengetahui kapan pertama kali grenade digunakan? Untuk itu Anda bisa menyimak informasi lengkapnya di bawah ini dalam pembahasan jenis granat yang digunakan TNI.

Hand grenade atau granat tangan merupakan sebuah alat atau senjata perang digunakan untuk melumpuhkan musuh dengan jarak yang tidak terlalu jauh dan terbukti memiliki keefektifan cukup tinggi terutama jika musuh berjumlah banyak.

Penggunaan grenade sendiri dilakukan dengan cara menarik PIN, kemudian melemparkannya ke tempat dimana musuh berada. Dalam waktu sekian detik, senjata ini akan meledak dan melumpuhkan apapun yang berada disekitarnya bahkan pada radius 5-10 meter.

Jadi tidak heran kalau senjata kami jelaskan di dalam pembahasan jenis granat yang digunakan TNI ini mampu melumpuhkan beberapa musuh sekaligus. Tetapi tentunya para TNI harus mengetahui dengan baik dimana letak musuh berada sehingga senjata bisa efektif.

Menurut sejarahnya sendiri, grenade sudah digunakan dari abad ke-15. Bentuk dari grenade zaman tersebut dengan sekarang juga sedikit berbeda. Sebab grenade pada waktu itu hanyalah berupa besi berongga dan diisi dengan bubuk mesiu, serta dilengkapi sumbu sederhana.

Kemudian semakin berkembangnya zaman dan teknologi, muncul banyak jenis grenade baru mungkin juga digunakan oleh para anggota TNI. Apa saja jenis-jenisnya? Simak pembahasannya di bawah ini.

Mengenal Jenis Granat yang Digunakan TNI

Mengenal Jenis Granat yang Digunakan TNI
Granat Nanas

Demi terjaganya keutuhan NKRI tentunya ada berbagai jenis senjata termasuk grenade digunakan oleh para tentara nasional Indonesia yang juga akan kami jelaskan di bawah ini dalam pembahasan jenis granat yang digunakan TNI.

  1. Granat Nanas

Granat pertama digunakan oleh para tentara nasional Indonesia ketika berlatih untuk menghadapi segala ancaman yang mengancam keutuhan NKRI adalah granat nanas. Jenis senjata ledak ini masuk ke dalam jenis granat fragmentasi.

Cara kerja dari senjata satu ini adalah dengan menarik PIN, kemudian melemparkannya ke arah musuh dengan sekuat tenaga. Cangkang grenade nanas biasanya terbuat dari baja dengan bentuk yang beralur sehingga disebut sebagai nanas.

  1. Granat Manggis

Selain jenis nanas ada juga jenis manggis juga masuk ke dalam pembahasan jenis granat yang digunakan TNI. Berbeda dengan nanas yang merupakan fragmentasi, grenade jenis ini didalamnya terdapat lilitan kawat jika meledak maka kawat tersebut akan menyebar dan menjadi bagian-bagian kecil.

Tidak terbayang luka seperti apa bisa Anda dapatkan jika terkena ledakan granat manggis. Disebut sebagai grenade manggis karena memiliki cangkang yang berbentuk halus tanpa adanya ulir layaknya kulit manggis.

  1. Granat Api

Mungkin jika Anda suka bermain game perang, maka kalian akan menemukan granat api yang juga biasa disebut molotov. Molotov juga masuk ke dalam jenis granat yang digunakan TNI dalam beberapa kesempatan tertentu dan bisa dibilang sebagai salah satu senjata paling berbahaya.

  1. Granat Tidak Berbahaya

Selain grenade digunakan untuk melumpuhkan musuh secara fatal, TNI juga memiliki jenis grenade lainnya digunakan lebih ke pengendalian masa, misalnya ketika ada unjuk rasa atau demonstrasi. Jenis grenade yang digunakan adalah gas air mata, smoke grenade, dan juga stun grenade.

Berikut Ini Keuntungan Penggunaan Granat 

Penggunaan grenade tentunya bukan tidak memiliki keuntungan, sebab ada banyak sekali hal bisa didapatkan terutama dalam kondisi perang oleh para TNI jika menggunakan berbagai jenis granat yang digunakan TNI untuk melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mulai dari penggunaan grenade berakibat fatal pada makhluk hidup, sampai yang tidak berbahaya pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mereka juga sudah terlatih dan tidak akan mungkin menggunakan granat nanas atau manggis untuk pengendalian masa demonstrasi.

Di dalam peperangan, jenis granat yang digunakan TNI ini bisa membantu mereka untuk melumpuhkan beberapa musuh sekaligus dalam waktu cepat. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk menghemat amunisi senjata dari para prajurit.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini