Kenali Kabel USB Type C Terbaru beserta Kelebihannya

Kabel USB type C menjadi salah satu terobosan terbaru di bidang industri teknologi yang memberikan kesan modern pada saat kalian menggunakannya pada perangkat gadget maupun lainnya. 

Baca juga : Mouse Gaming Nirkabel dan Apa Bedanya dengan Mouse Reguler?

USB type-C ini merupakan sebuah konektor yang telah dikembangkan oleh perusahaan brand besar dalam bidang teknologi yakni USB Implementers Forum. Pihak perusahaan pengembang konektor tersebut menjadikan standar dari konektor. 

Sebagai langkah dan upaya untuk mengurangi limbah kabel. Oleh sebab itulah, banyak dari perusahaan-perusahan teknologi sekarang ini yang telah menghadirkan pilihan produk dengan spesifikasi mendukung penggunaan USB type-C.

Perlu untuk kalian ketahui juga bahwa keunggulan dari USB type-C ini jelas bisa dirasakan bedanya dengannya USB Micro. Baik dari segi desain maupun kemampuan teknologi canggih di dalamnya. Disini, kami akan berikan ulasan lengkap mengenai kabel USB type-C terbaru.

Mengenal Apa Itu Kabel USB Type-C untuk Gadget

Mengenal Apa Itu Kabel USB Type-C untuk Gadget

Kalian bisa langsung lihat kabel USB yang digunakan sekarang ini, mungkin mayoritas pengguna memiliki kabel USB type C. Melansir berbagai sumber, USB type-C ini termasuk ke dalam konektor standar terbaru dalam dunia industri teknologi supaya memudahkan pengguna memindahkan data maupun daya menggunakan satu kabel saja.

Jenis konektor terbaru ini telah dikembangkan langsung oleh perusahaan USB Implementers Forum (USB-IF). Perusahaan ini merupakan kumpulan dari brand-brand terbesar dalam bidang elektronik, seperti halnya Apple, Dell, Intel dan lain sebagainya.

Adapun alasan dari terciptanya kabel USB type-C ini ialah disebabkan terlalu banyak kabel yang berakhir ke tempat pembuangan limbah. Kalian bisa membayangkan, ada banyak sekali perusahaan tekno yang berdiri di seluruh dunia. 

Masing-masing dari brand tersebut mempunyai gadget dengan kabel USB konektor yang berbeda. Saat gadget sudah tidak lagi kalian gunakan, jelas saja berlaku juga untuk konektor USB-nya. 

Oleh sebab itulah, kehadiran dari kabel USB type-C ini dijadikan sebagai standar konektor. Sekarang ini, perlahan-lahan hampir dari brand ternama sudah menggunakan konektor jenis USB type-C.

Kelebihan dari Penggunaan Kabel USB Type-C pada Gadget

Bagi kalian pengguna gadget mungkin sudah tidak asing dengan USB micro, jenis konektor pada bagian ujung memiliki bentuk datar dan lengkung. Sekarang ini, kabel USB type-C menjadi jenis konektor terbaru pada berbagai perangkat gadget terkini.

Penggunaan nama USB type-C ini pun mengaju pada bentuk konektor yang serupa dengan huruf C ataupun oval. Dengan bentuk inilah, ada banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh kabel USB type-C terbaru ini. Sekarang, beberapa dari perusahaan yang telah menggunakan USB type-C adalah Samsung maupun Apple.

  1. Desain Kabel USB Friendly

Keunggulan dari kabel USB type-C ini tampak pada desainnya. Supaya tampil beda dengan jenis konektor pada umumnya, USB type-C ini dirancang secara user friendly.

Hal tersebut tampak pada bentuknya yang lonjong serta dua sisi simetris. Dengan demikian, para pengguna dapat dengan mudahnya memutar kepada USB type-C saat dimasukkan ke dalam lubang konektor ponsel maupun gadget lainnya.

  1. Ukuran Lebih Kecil

Bukan hanya desain user friendly, kalian akan disuguhkan dengan ukuran kabel USB type-C ini yang relatif lebih kecil daripada jenis USB pada umumnya. Tidak heran lagi, bila kabel USB type-C tersebut mudah sekali disimpan serta dibawa kemana saja dan tidak akan memakan banyak tempat.

  1. Isi Daya Baterai Lebih Cepat

Keunggulan dari kabel USB type-C ini tidak kalah penting untuk kalian ketahui bahwa kapasitas transfer daya yang sangatlah baik. Konektor terbaru ini bisa menyalurkan daya mulai dari 20V dan 5V.

Di samping itu juga, USB type-C ini dapat mengisi daya baterai yang lebih cepat serta cocok digunakan sebagai standar fast charging modern dan sudah bisa digunakan untuk perangkat elektronik lainnya.

  1. Bisa Digunakan pada Berbagai Produk Gadget

Demi mengurangi limbah kabel perusahaan, tentu saja kabel USB type-C ini memiliki sifat universal yang mana dapat digunakan pada berbagai perangkat gadget, mulai dari laptop, tablet, smartphone, PC maupun camera digital.

Bukan hanya itu saja, sistem operasi yang sudah supports disini seperti Android, Windows, Google, iOS. Hal ini jelas saja bakal memudahkan kalian sebagai pengguna gadget dan tidak membutuhkan jenis kabel yang berbeda.

  1. Transfer Data Cepat dan Mudah

Keunggulan dari kabel USB type-C ini bisa dilihat dari kecepatan dalam transfer data. Tentu saja bukan menjadi rahasia lagi bila USB type-C ini mempunyai kemampuan dalam mentransfer data lebih cepat mencapai 10 Gbps.

Hal tersebut akan mempermudah kalian melakukan proses pemindahan data 10 GB hanya butuh waktu satu detik. Keunggulan inilah yang bisa membantu kalian melakukan transfer data yang mudah dan cepat ke berbagai jenis perangkat yang diinginkan.

Inilah Perbedaan Kabel USB Type-C dan konektor USB micro

Inilah Perbedaan Kabel USB Type-C dan konektor USB micro

Sekarang ini, hampir dari seluruh jenis ponsel flagship dan model menengah telah menggunakan konektor kabel USB type-C, walaupun masih ada juga yang menggunakan konektor USB micro versi lawas.

  1. Perbedaan Desain dan Penggunaan Kabel USB

Jika dilihat dari desain tentu bisa kalian ketahui perbedaan meskipun sekilas. Kabel USB type-C ini memiliki bentuk lonjong dengan kedua sisi simetris. Hal tersebut membuat USB type-C ini bersifat reversible, yang mana pengguna bisa membolak-balikan kabel tersebut bila ingin dimasukkan ke dalam konektor ponsel.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini