Karier Lulusan Psikologi Dibidang SDM hingga Kesehatan

Primaradio.co.id – Karier lulusan psikologi menjadi hal yang perlu kalian pertimbangkan sebelum mengambil kuliah jurusan tersebut. Sehingga bisa menjadi pertimbangan pengambilan mata kuliah, maupun hal pendukung lain untuk permudah mendapatkan pekerjaannya.

Baca juga : Dampak Psikologis Film Joker Jika Ditonton Anak-Anak

Jurusan psikologi sendiri pada dasarnya memang banyak peminat. Bahkan kalian bisa menemukan jurusan tersebut di banyak perguruan tinggi. Bukan tanpa alasan, banyak bidang yang memerlukan lulusan ilmu ini sebagai pendukungnya.

Baik perusahaan nasional maupun internasional, memerlukan karyawan yang ilmunya relevan dengan lulusan psikolog. Mulai dari bidang SDM hingga kesehatan, berikut adalah pekerjaan yang mungkin kalian ambil.

3 Karier Lulusan Psikologi Bidang SDM Jadi HRD hingga MT

3 Karier Lulusan Psikologi Bidang SDM Jadi HRD hingga MT

Bidang sumber daya manusia (SDM) bisa jadi merupakan pilihan karier terpopuler. Umum bekerja sebagai karyawan, mulai dari HRD hingga MT, berikut adalah seputar pekerjaan dan pendapatannya.

Konsultan SDM

Dapat bekerja sebagai konsultan perusahaan maupun pekerja lepas, pada dasarnya bertugas dalam merencanakan peningkatan efisiensi karyawan. Fokusnya yaitu mengelola sumber daya manusia khususnya bersifat lebih administratif.

Tugas pokoknya adalah memberi solusi maupun saran pada korporasi, baik yang baru maupun sudah berjalan beberapa waktu. Gajinya sendiri beragam, rata-rata Rp. 4 juta perbulan, bisa sampai Rp. 10 jutaan juga.

Human Resource Department

Karier lulusan psikologi terpopuler di perusahaan adalah sebagai HRD. Memiliki job desc beragam, terutama mengurus segala hal berkaitan dengan karyawan. Misal rekrutmen karyawan baru sampai mengadakan kegiatan untuk team building.

Apabila kalian bekerja sebagai HRD, perlu pemahaman baik tentang perilaku manusia, hingga perlu punya empati dan kesabaran tinggi. Gaji fresh graduate profesi ini beragam, kisaran Rp. 4 hingga Rp. 8 jutaan.

Management Trainee (MT)

Sebenarnya MT memiliki bidang pekerjaan luas, termasuk sebagai pengelola SDM. Bahkan terkadang menjadi MT tidak ada batasan latar belakang pendidikan. Namun karier lulusan psikolog juga berpeluang besar bisa menjadi MT.

Nantinya management trainee akan menempati suatu posisi pada batas waktu tertentu. Apabila hasil evaluasi baik, maka akan mendapatkan posisi tetap di perusahaan dengan gaji kisaran Rp. 5 juta per bulan.

Berkarier di 2 Pekerjaan Bidang Kesehatan jika Lulus Psikologi 

Berkarier di 2 Pekerjaan Bidang Kesehatan jika Lulus Psikologi 

Karier lulusan psikologi berikutnya adalah di bidang kesehatan, terutama menangani masalah kejiwaan. Paling umum sebagai psikolog hingga terapis dengan detail job desc di bawah ini.

Psikolog

Relevan dengan namanya, salah satu peluang profesi untuk lulusan ini adalah sebagai psikolog. Secara umum tugasnya adalah menangani berbagai kasus kejiwaan mulai dari mendiagnosis sampai melakukan tindakan psikoterapi.

Supaya menjadi psikolog, kalian perlu menempuh pendidikan S1 terlebih dahulu. Kemudian mengikuti pendidikan keprofesional, misalnya mengambil spesialisasi klinis umum, anak, dewasa, organisasi, industri, dan sebagainya.

Terakhir harus lulus sidang profesi oleh HIMPSI, serta mendaftar keanggotaan di dalamnya. Penghasilan seorang psikolog beragam, tergantung daerah dan tingkatan, lulusan baru kisaran Rp. 7 sampai Rp. 13 juta per bulannya.

Terapis Anak

Terapis anak berkebutuhan khusus menjadi karier lulusan psikologi berikutnya dalam bidang kesehatan. Bahkan profesi ini tergolong masih sedikit di Indonesia, jadi berpotensi untuk kalian yang tertarik mendaftar kuliah ilmu tersebut.

Salah satunya menjadi terapis okupasi, yaitu bertujuan untuk melatih motorik halus pada anak. Contoh tugasnya adalah melatih gerakan presisi, misal menulis, memegang peralatan makan, dan sebagainya.

Masih banyak jenis terapi lain yang bisa kalian geluti sebagai terapis anak, misal terapi perhatian, hingga intervensi pengembangan hubungan. Pendapatan profesi ini kisaran Rp. 5 sampai Rp. 7 jutaan.

3 Karier Lulusan Psikologi Bidang Pendidikan dan Penelitian

3 Karier Lulusan Psikologi Bidang Pendidikan dan Penelitian

Masih ada beberapa opsi profesi untuk kalian, termasuk dalam bidang pendidikan dan penelitian. Tepatnya sebagai guru bimbingan konseling, dosen, sampai peneliti di bagian research and development.

Guru BK

Setiap sekolah pastinya memilih guru bimbingan konseling (BK), bertugas untuk memberikan pembinaan pada siswa. Termasuk juga memberi bimbingan sampai bantuan kepada siswa yang mengalami masalah.

Kehadiran guru BK di sekolah adalah membantu siswa terhindar tekanan dari segi psikologis. Gajinya tentu bisa berbeda, misal dari segi sekolah swasta atau negeri, tetapi kisaran Rp. 6 juta per bulan.

Dosen Psikologi

Masih berhubungan dengan bidang pendidikan, karier lulusan psikologi berikutnya adalah menjadi pengajar di tingkat perguruan tinggi. Tepatnya sebagai dosen, tetapi salah satu syarat profesi ini adalah menyelesaikan jenjang S2.

Tergantung mengabdi di universitas swasta atau negeri, pendapatan dosen bisa beragam. Bisa cukup tinggi, rata-rata gaji dosen sendiri yaitu Rp. 7 sampai Rp. 5 juta setiap bulannya.

Peneliti di R&D

Apabila kalian memiliki minat tinggi mengenai ilmu ini, maka bisa mengambil peluang sebagai peneliti di R&D. Karena wajib teruji secara akademis, seorang peneliti harus meraih gelar Doktor.

2 Peluang Karier Lainnya untuk Lulusan Psikologi

2 Peluang Karier Lainnya untuk Lulusan Psikologi

Sebenarnya masih ada berbagai peluang karier lulusan psikologi lainnya. Misalnya sebagai penulis hingga staff general affair dengan job desc di bawah ini, termasuk juga kisaran pendapatan per bulannya.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini