Kenali 10 Tips Awet Muda dan Membantu Menjaga Kesehatan

Primaradio.co.id10 tips awet muda akan membantu anda untuk mendapatkan kulit yang diinginkan. Untuk memiliki wajah yang awet muda ternyata tidak hanya berasal dari Skin care maupun perawatan kulit yang dilakukan, tetapi kesehatan mental juga dibutuhkan. 

Baca juga : Ini Dia Tips Memilih Keyboard Gaming Biar Tidak Menyesal!

Penuaan adalah salah satu proses alami yang akan terjadi pada semua orang, Hal ini disebabkan adanya perubahan pada bagian tubuh tertentu, misalnya seperti kulit dan rambut. Pada bagian kulit, penuaan biasanya timbul seperti keriput, bintik hitam, dan lain sebagainya.

Sedangkan pada bagian rambut, penuaan bisa dilihat dari munculnya uban. Proses penuaan jika berdampak pada beberapa organ tubuh lainnya, misalnya penurunan fungsi penglihatan, fungsi mendengarkan, dan lain sebagainya.

10 Tips Awet Muda yang Bisa Dicoba di Rumah

10 Tips Awet Muda yang Bisa Dicoba di Rumah
10 Tips Awet Muda yang Bisa Dicoba di Rumah

Mungkin ada lebih dari 10 tips awet muda yang bisa diterapkan di rumah. Perubahan pada tubuh akibat adanya penuaan tentu membuat beberapa orang merasa tidak percaya diri dan mencoba berbagai macam tips agar terlihat awet muda.

Jika ingin mendapatkan hasil yang cepat, prosedur medis seperti operasi plastik bisa dilakukan. Tetapi jika kalian tidak ingin mengeluarkan banyak uang maka bisa mencoba beberapa tips awet muda dengan menjaga kesehatan kulit dan menerapkan pola hidup sehat, seperti cara berikut;

Mengonsumsi Makanan Seimbang

Tips yang pertama adalah mengonsumsi makanan seimbang dan sehat. Apapun yang kalian makan ternyata bisa memiliki dampak pada kondisi tubuh secara keseluruhan. Jadi pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi jika ingin terlihat awet muda.

Kalian juga disarankan untuk mengonsumsi sayur serta buah, gandum utuh, berbagai macam kandungan protein rendah lemak dan lain sebagainya. Batasilah makanan yang memiliki kandungan banyak gula dan karbohidrat, sebab bisa menyebabkan penuaan dini yang terjadi pada kulit.

Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang menjadi salah satu dari 10 tips awet muda yang bisa dilakukan setiap hari.

Olahraga Secara Rutin

Selanjutnya adalah cobalah untuk melakukan olahraga secara rutin. Tubuh yang bugar akan memiliki dampak pada awet muda. Kalian bisa berolahraga secara rutin untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan terlihat segar.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga ringan setiap hari tentu bisa meningkatkan sirkulasi dengan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat kulit awet muda. Kalian juga bisa Memilih olahraga yang disukai, misalnya jalan kaki, berenang, atau senam.

Tidur dengan Waktu yang Cukup

Tidur dengan Waktu yang Cukup
Tidur dengan Waktu yang Cukup

Tips selanjutnya bisa dilakukan adalah memiliki waktu tidur yang cukup. Tidur menjadi salah satu kebutuhan yang wajib dipenuhi untuk membantu menjaga kesehatan organ tubuh. Bahkan tidur menjadi salah satu dari 10 tips awet muda yang banyak disukai. Sekalipun tidur menjadi waktu untuk beristirahat, Tetapi banyak orang yang mengabaikannya.

Padahal ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa kurang tidur atau tidak memiliki tidur yang berkualitas bisa mempercepat proses penuaan. Cobalah untuk mencukupi waktu tidur 7 – 9 jam dalam satu hari.

Perbanyak Minum Air Putih

Selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memperbanyak air putih untuk membantu tetap awet muda. Tidak hanya makanan yang harus dijaga, tetapi kalian juga harus memenuhi kebutuhan cairan dengan cukup. Minum air putih Setiap hari sangat penting untuk dilakukan.

Selain membantu mencegah dehidrasi datang, ternyata minum air putih juga bisa membantu kulit terhidrasi dengan baik, sehingga tidak mudah kering dan tampak awet muda. Oleh karena itu pastikan mengonsumsi setidaknya 2 liter air setiap harinya.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Salah satu 10 tips awet muda yang harus dilakukan adalah menghentikan kebiasaan merokok. Merokok ternyata bisa memicu munculnya kerutan dan garis penuaan di sekitar mulut dan mata. 

Kebiasaan Merokok juga dapat memicu noda dan warna kusam pada gigi, tentu bisa mengganggu penampilan kalian. Jika ingin terlihat tetap awet muda, hentikan kebiasaan merokok sekarang juga.

Kurangi Stress

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa menjaga wajah dan tubuh agar tetap awet muda tidak hanya dari fisik saja, tetapi juga pikiran atau mental. Cobalah untuk mengurangi stress sehingga bisa tetap awet muda.

Ketika tubuh mengalami stres maka akan memproduksi hormon kortisol yang menyebabkan kerusakan sel tubuh dan meningkatkan risiko munculnya tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, kondisi stres juga bisa membantu kalian mengalami gangguan tidur dan gangguan pola makan, hal ini bisa memicu penuaan lebih cepat.

Oleh karena itu, coba stress agar tetap sehat dan alat muda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres, misalnya melakukan terapi relaksasi, melakukan aktivitas yang disukai, dan lain sebagainya. 

Lindungi Diri dari Sinar Matahari

Bagian dari 10 tips awet muda selanjutnya harus dilakukan adalah melindungi diri sendiri dari paparan sinar matahari. Sakit merupakan bagian tubuh yang paling mudah terpapar sinar matahari, sehingga dibutuhkan beberapa tahapan untuk melindunginya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih baik ketika berada di dalam maupun di luar ruangan. Hal ini sangat penting karena sinar UV ternyata bisa merusak kolagen dan serat elastin pada kulit, sehingga bisa berdampak pada keriputan.

Selain itu, Sinar UV juga bisa memicu munculnya bintik hitam di wajah. Efek sinar matahari pada kulit bisa membantu kalian tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Oleh karena itu kesehatan kulit sangat penting dijaga.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini