Kenali 3 Tanda-tanda Overthinking dan Cara Mengatasinya

Primaradio.co.idTanda-tanda overthinking harus diketahui dan wajib kita hindari. Overthinking tidak hanya akan membuat kita merasa lelah, tetapi bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Overthinking sebenarnya sangat umum terjadi dan dapat dialami oleh siapa saja. Seseorang yang memiliki pola pikir ini biasanya sering memikirkan sesuatu secara berlebihan dan dipicu oleh adanya rasa cemas atau tidak percaya diri.

Baca juga : Tanda HP Disadap dan Cara Mencegahnya

Orang yang overthinking biasanya sering merasa khawatir karena berpikir untuk mencari jawaban atas semua pertanyaan yang ada di pikiran mereka. Padahal kondisi yang saat ini bisa meningkatkan risiko terkena gangguan mental, misalnya gangguan kecemasan.

3 Tanda Overthinking yang Wajib Diketahui

3 Tanda Overthinking yang Wajib Diketahui
3 Tanda Overthinking yang Wajib Diketahui

Ada berbagai macam tanda-tanda yang harus diketahui untuk overthinking. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja dan biasanya mereka tidak menyadari. Berikut ini beberapa ciri-ciri dari overthinking. 

Mulai Memikirkan Sesuatu Secara Berlebihan

Tanda-tanda overthinking yang pertama adalah sering memikirkan sesuatu secara berlebihan. Bahkan ada beberapa orang yang memikirkan segala sesuatunya secara berulang sehingga membuat mereka sulit berkonsentrasi dan fokus melakukan berbagai macam aktivitas.

Hal ini tentu memberikan rasa yang tidak nyaman apalagi tidak bisa menyelesaikan aktivitas sesuai dengan yang seharusnya.

Menghabiskan Banyak Waktu untuk Hal Tidak Penting

Ciri-ciri selanjutnya biasanya orang yang memiliki overthinking biasanya akan menghabiskan banyak waktu untuk hal-hal yang tidak penting. Memikirkan masalah maupun kesalahan yang kita lakukan sebenarnya hal yang wajar dilakukan, bahkan bisa menjadi sesuatu yang positif karena bagian  dari introspeksi diri.

Sering memikirkan kesalahan juga bisa membantu memecahkan masalah dengan baik. Tapi ketika kita memiliki pikiran overthinking justru bisa mengarah pada hal yang semakin rumit dan tidak akan menyelesaikan masalah. Hal ini dikarenakan kita cenderung fokus pada penyebab masalah dan asumsi apabila hal tersebut tidak kita lakukan, dampaknya tentu bisa memalukan yang belum tentu terjadi.

Kesulitan untuk Tidur

Tanda-tanda overthinking  selanjutnya mulai bisa terlihat ketika kita kesulitan untuk tidur. Ternyata berpikir secara berlebihan bisa membuat kita kesulitan tidur karena memikirkan segala sesuatu dan menjadi khawatir. Orang tidur juga bisa memicu berbagai masalah kesehatan, baik fisik maupun mental.

Selain beberapa tanda-tanda overthinking, seseorang biasanya akan sulit atau takut ketika diminta untuk mengambil keputusan, karena mereka akan memikirkan kesalahan atau dampak yang timbul setelah pengambilan keputusan tersebut.

5 Tips Mengatasi Overthinking dengan Mudah

5 Tips Mengatasi Overthinking dengan Mudah
5 Tips Mengatasi Overthinking dengan Mudah

Jika ternyata kalian mengalami tanda-tanda overthinking, sebaiknya mulai diatasi secara perlahan-lahan. Kondisi tersebut tidak bisa dibiarkan berlarut-larut sebab memiliki dampak yang buruk baik bagi kesehatan mental.

Jika kalian merasa bahwa tanda-tanda tersebut ada di dalam diri sendiri, cobalah untuk mengatasi dengan beberapa langkah berikut:

Coba Cari Tahu Sebabnya

Pertama yang bisa dilakukan adalah mencoba mencari tahu pemicunya terlebih dahulu. Cara mengatasi overthinking yang paling utama dalam mengetahui apa penyebabnya. Setelah mengetahui penyebabnya, maka bisa menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut dan membuat kita lebih tenang.

Jika kalian merasa kesulitan untuk menentukan pemicu maupun mendapatkan solusinya, jangan ragu untuk meminta bantuan dari keluarga, orang terdekat, maupun psikolog. Ceritakan juga berbagai tanda-tanda overthinking yang kalian alami.

Berikan Batasan Sebelum Mengambil Keputusan

Tips selanjutnya bisa dilakukan adalah memberikan batasan waktu sebelum mengambil keputusan dengan tepat. Ketika kita sedang berada di posisi overthinking, tentu akan kesulitan jika dihadapkan dengan kondisi yang mengharuskan mengambil keputusan dengan tepat.

Oleh karena itu, pikirkan dengan baik-baik dan jangan sampai salah dalam mengambil keputusan. Mengatasinya sangat sederhana, kalian bisa memberikan batasan waktu untuk mengambil keputusan agar tidak terus berlarut-larut dalam pikiran.

Selain itu, cobalah untuk terus menjaga pikiran agar tetap fokus sehingga bisa membuat daftar prioritas bahkan solusi-solusi yang akan diambil. Kita bisa mengurutkan berdasarkan besarnya manfaat yang diambil dari resolusi-solusi tersebut.

Coba Cari Pengalihan

Ketika muncul tanda-tanda overthinking, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mencoba untuk mencari pengalihan. Negara yang satu ini sangat tepat setelah kita mengetahui pemicu dan menetapkan penyelesaiannya. Kita bisa mencoba untuk mencari kesibukan yang menyenangkan.

Hal ini memiliki tujuan agar otak kita tidak terlalu fokus pada hal yang membuat overthinking tersebut datang. Selain itu, kamu juga bisa melakukan meditasi untuk membantu menjernihkan pikiran.

Meditasi adalah salah satu cara yang sederhana, di mana kamu hanya perlu berada di tempat yang tenang dan nyaman. Kemudian pastikan tubuh dan keadaan dalam kondisi rileks serta mulai mengatur nafas sambil memikirkan hal-hal yang positif.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini