Mengenal Kesehatan Reproduksi adalah Penting dan Mutlak

Primaradio.co.id – Kesehatan reproduksi adalah sangat penting bagi semua orang baik pria atau wanita. Jangan hanya memahami reproduksi dengan membedakan jenis kelamin saja, tetapi juga perlu mempelajarinya lebih detail.

Baca juga : Kalkulator Kesehatan Mental, Alat Penting untuk Hidup

Kelamin pria dan wanita mempunyai karakteristik dan ciri berbeda dengan fungsinya untuk bereproduksi. Agar bisa menjalankan fungsinya secara optimal dan tidak ada masalah, maka harus selalu menjaga kesehatannya.

Jadi, setiap orang harus selalu menjaga kesehatan reproduksi setiap waktu dengan cara dan tips tertentu. Tujuan terakhirnya adalah alat reproduksi selalu sehat dan bisa berfungsi semestinya serta tanpa ada penyakit. Kalian harus mengetahui semua informasinya dengan lengkap.

Mengenal Kesehatan Reproduksi adalah Penting

Sebelum mengenal kesehatan reproduksi, sebaiknya kalian mengetahui dulu perihal alat reproduksi. Sebenarnya materi tersebut sudah diberikan mulai dari siswa di Sekolah Dasar (SD), tetapi tidak ada salahnya sekedar mengingatkan saja.

Sesuai jenis kelaminnya, alat reproduksi manusia secara normal ada dua jenis. Alat reproduksi pria bernama penis dengan beberapa bagiannya. Sementara untuk alat kelamin wanita, yaitu bernama vagina yang juga memiliki bagian-bagiannya tersendiri.

Kedua jenis alat kelamin tersebut berfungsi untuk bereproduksi atau berkembang biak. Dengan kata lain, kesehatan reproduksi adalah lebih banyak membahas perihal proses perkembangbiakan manusia.

Proses sel sperma bertemu sel telur di dalam alat reproduksi wanita. Lalu, prosesnya berlanjut hingga terjadi pembuahan dan menjadi janin. Seiring berjalannya waktu, janin di dalam rahim akan semakin besar dan akan melahirkannya pada waktu tertentu.

Itulah proses reproduksi secara sederhana yang perlu kalian pahami dulu. Sementara itu, proses reproduksi bisa berjalan normal dan semestinya, jika kedua jenis alat kelaminnya sehat. Jika salah satu atau keduanya mengalami gangguan kesehatan, maka proses reproduksi tidak akan berjalan mulus.

Kalian harus selalu menjaga alat reproduksi agar dapat melakukan prosesnya dengan baik dan benar. Oleh karenanya, kesehatan reproduksi sangat penting bagi setiap manusia normal. Lalu, apa itu kesehatan reproduksi?

Kesehatan reproduksi adalah kondisi sehat secara keseluruhan berkaitan dengan alat kelamin pria dan wanita. Kesehatannya tidak hanya meliputi fisik saja, tetapi juga mental dan sosial. Dengan reproduksi yang sehat, maka fungsi dan prosesnya dapat berjalan baik.

Kalian yang masih ragu perihal kesehatan reproduksi milik sendiri sebaiknya langsung berkonsultasi dengan pihak kompeten di bidang ini, seperti dokter spesialis. Selanjutnya, dapat memeriksa dan mendiagnosa alat kelamin untuk memastikan kesehatannya.

3 Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi

Kalian harus menjaga alat kelamin sendiri agar terjaga kesehatan reproduksinya. Pastinya ada cara, langkah, dan tips untuk menjaga kesehatannya. Jangan melakukan hal-hal atau kegiatan yang menjadikannya terganggu kesehatannya, sehingga kesehatan reproduksi adalah mutlak menjaganya.

Kegiatan semacam itu bisa beragam apalagi perkembangan zaman sekarang begitu pesat. Jika tidak lebih berhati-hati, maka sangat mungkin terjebak kedalam pergaulan bebas yang bisa berdampak buruk pada kesehatan reproduksi.

Lalu, apa saja tipsnya karena menjaga kesehatan reproduksi adalah penting? Kalian harus membaca uraian berikut untuk menemukan jawabannya.

Selalu Menjaga Kebersihan Alat Kelamin

Pastikan alat kelamin atau reproduksi kalian selalu bersih saat dan setelah melakukan beragam aktivitas. Terutama aktivitas di kamar mandi, seperti buang air kecil atau besar. Bersihkan alat kelamin dengan air yang benar-benar bersih dan jika perlu memakai sabun.

Namun sebelum membersihkannya dengan tangan, pastikan dulu kedua tangan kalian sudah bersih. Dengan begitu, kuman, bakteri, dan semua bibit penyakit tidak akan menempel saat membersihkan alat kelaminnya. Oleh karenanya, kesehatan reproduksi adalah penting untuk selalu dijaga.

Setelah membasuhnya, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan tisu atau kain kering yang bersih. Kalian harus melakukannya dengan rutin baik di rumah sendiri atau tempat lain. Apalagi di tempat umum, seperti toilet umum yang pastinya banyak orang memakainya.

Satu lagi yang tidak kalah pentingnya, yaitu rutin mengganti celana dalam setiap hari. Biasanya pria kurang memperhatikan kebiasaan yang satu ini. Berbeda dengan wanita yang lebih memperhatikannya karena merasa sadar bahwa celana dalam yang kotor dan lembab membahayakan organ intimnya.

Mengonsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Meskipun sudah mengetahui teori kesehatan reproduksi adalah penting, tetapi percuma saja jika tidak mempraktikkannya dalam kehidupan keseharian. Salah satunya, yaitu mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan tubuh secara umum.

Secara langsung atau tidak, makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara umum. Tidak terkecuali, organ intim kalian juga akan terpengaruh baiknya.

Fungsi seksual dari alat reproduksi tidak mengalami gangguan sama sekali. Bahkan, produksi sel sperma dan sel telur untuk masing-masing jenis alat reproduksi normal. Dengan begitu, proses reproduksi keduanya bisa optimal untuk menjalankan sesuai fungsinya.

Lalu, makanan dan minuman apa saja yang bagus untuk kesehatan reproduksi? Semua sayuran hijau bagus untuk kalian konsumsi setiap hari. Selain itu, jangan lupa mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C.

Air putih yang memenuhi kriteria sehat, yaitu tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Air putih seperti itu juga menyehatkan sistem reproduksi kalian, sehingga jangan sampai melewatkannya.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini