Ketahui Cara Cek DPT Online Pemilu dengan Mudah

Kalian sedang mencari tahu tentang cara cek DPT online pemilu untuk mengetahui apakah terdaftar sebagai pemilih pada pemilu mendatang berada pada artikel tepat. Sebab, Kita akan membahas lebih lengkap mengenainya.

Baca juga: Bagaimana Menghindari Hoaks Pemilu, Ingat Poin Penting Ini

Bukan hanya mengenai cara untuk mengeceknya namun juga mengenai definisi, pentingnya, langkah-langkah, dan apa saja informasi yang akan kalian dapat sesudah melakukan pengecekan. Silahkan simak lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Cara Cek DPT Online Pemilu Sangat Gampang

Cara Cek DPT Online Pemilu Sangat Gampang
Cara Cek DPT Online Pemilu Sangat Gampang

Jelas Kita berani mengatakan bahwa untuk mengecek itu gampang sekali, namun bagi kalian yang baru akan memilih sebaiknya ketahui DPT, DPTb, dan DPK. Masing-masing memiliki pengertian berbeda satu sama lainnya.

DPT sendiri merupakan singkatan dari daftar pemilih tetap yang biasanya seseorang dapatkan ketika sudah terdaftar pada pemilu terakhir. Serta juga ada tambahan data dari Kementerian Dalam Negeri di Indonesia sendiri.

Ketika terdaftar namanya pada DPT maka berhak untuk mencoblos pada waktu yang sudah ditentukan, biasanya jam 7 sampai 1 siang, sementara ketika akan mencoblos harus membawa undangan yang bernama C6.

Sementara ada DPTb yang mana ini sebenarnya sama saja, hanya saja karena ada masalah tertentu mungkin sudah pindah ke daerah lain tapi belum mengurus kepindahan. Tentu saja akan mendapatkan DPTb.

Cara untuk bisa melakukannya cukup mudah yakni mengurus surat pindah memilih dan biasanya memiliki sebutan A5. Paling lama untuk pengurusan satu bulan sebelum pemungutan suara dimulai, jadi harus cepat-cepat urus.

Sama juga proses untuk mencoblosnya yang tentu akan tetap bisa melakukan cara cek DPT online pemilu juga serta biasanya mencoblos pada jam 7 sampai 1 siang. Namun, undangannya berupa A5.

Terakhir, DPK yang merupakan definisi dari pemilih khusus, biasanya kalian yang akan memperoleh DPK adalah orang-orang yang terlewat dari pendataan. Sehingga perlu masuk ke dalam daftar tambahan agar bisa memilih.

Karena merupakan tambahan tentu saja waktu pemilihan akan berbeda, biasanya akan ada waktu satu jam yang mulai pada jam 12 siang sampai 1 siang saja. Untuk undangan hanya perlu membawa KTP saja.

Pentingnya Memeriksa DPT dan Keuntungan Melakukannya secara Online

Pentingnya Memeriksa DPT dan Keuntungan Melakukannya secara Online
Pentingnya Memeriksa DPT dan Keuntungan Melakukannya secara Online

Tentu saja ketika kalian ingin ikut serta dalam menentukan nasib Indonesia kedepannya. Jelas harus ikut menyumbangkan suara dan itu bisa kalian lakukan dengan menerapkan cara cek DPT online pemilu.

Tentu ini merupakan langkah penting agar ketika semisal memang tidak terdata masih bisa melakukan laporan kepada petugas KPPS agar mendapatkan pembuatan DPK, atau daftar pemilih khusus dan tetap bisa memilih.

Nah, sekarang Kita bisa melakukan hal itu secara cepat, mudah, dan praktis. Tidak perlu mengecek manual ke kelurahan atau lain-lainnya. Cukup dengan mengecek melalui bantuan dari Hp dengan bantuan internet.

Jelas ini akan menghemat waktu serta tidak mengeluarkan tenaga. Pasalnya, memang penting untuk menyumbangkan suara meski hanya satu. Hanya saja tidak mungkin ada orang yang rela mau mengurus secara darat untuk mengecek.

Dengan adanya layanan cara cek DPT online pemilu tersebut pasti mempermudah. Dan tentu saja ini akan menjadi inovasi bagus untuk dikembangkan ke depannya. Tujuannya supaya makin lancar dan tanpa halangan.

Melihat pentingnya hal itu tentu saja kalian ingin tahu bagaimana cara mengeceknya bukan? Tenang, Kita memiliki panduan lengkapnya yang sudah pasti akan mempermudah bagi kalian yang belum tahu mengenai caranya.

Cara Cek DPT Online Pemilu yang Rinci

Cara Cek DPT Online Pemilu yang Rinci
Cara Cek DPT Online Pemilu yang Rinci

Caranya sangat mudah dan tentu saja bisa kalian lakukan melalui banyak pilihan, tapi untuk pilihan paling bagus adalah menggunakan HP. Lantas bagaimana cara untuk melakukannya dan berapa lama proses melakukannya?

Tentu saja tidak akan lama paling-paling hanya beberapa menit dan itu juga tergantung dari pada koneksi kalian sendiri. Semakin cepat koneksi biasanya akan semakin cepat karena server dari KPU sekarang sudah bagus.

Langsung saja ini adalah bagaimana cara cek DPT online pemilu yang bisa kalian lakukan. Tentunya kalian harus mengawali dengan akses pada situs utama dari KPU lalu masuk ke dalam menu cek DPT.

Masuk ke Dalam cekDPTonline.kpu.go.id

Langsung saja masuk ke dalam link tersebut untuk masuk ke dalam server, lalu kemudian akan ada kolom kosong yang bisa kalian gunakan untuk memasukkan identitas sesuai KTP.

Masukkan NIK atau Nomor Paspor bagi Warga Naturalisasi

Sesudahnya, bila kalian merupakan warga asli dari Indonesia. Tinggal masukkan nomor induk kependudukan sesuai dengan apa yang ada pada KTP. Sementara pada warga naturalisasi cukup isikan nomor paspor saja.

Cari dengan menekan tombol pencarian

Lalu untuk melanjutkan cara cek DPT online pemilu tinggal tekan tombol pencarian, hanya saja kalian harus memastikan nomor sudah sesuai. Harus tepat karena jika tidak sesuai maka tidak akan ada hasil apapun yang muncul atau invalid.

Informasi yang akan Didapatkan Darinya

Informasi yang akan Didapatkan Darinya
Informasi yang akan Didapatkan Darinya
Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini