Lahirnya Demokrasi di Negara-negara Dunia Penting Diketahui

Ketegangan Rasial dan Sosial

Masih harus kita akui bahwa masalah RAS menjadi masalah utama pada Indonesia. Ketegangan rasial, agama, serta sosial dapat mengganggu stabilitas pemerintahan serta menyebabkan konflik internal.

Perubahan Teknologi

Kemajuan teknologi komunikasi, khususnya internet serta media sosial, telah memberikan pengaruh baru dalam politik dan dapat digunakan untuk menyebarkan disinformasi atau menghasut perpecahan, hoax merupakan sebutan kerennya.

Tantangan Otoritarian

Beberapa negara telah mengalami peningkatan dalam otoritarianisme dan penekanan terhadap hak sipil, mengancam konsep demokrasi yang telah ada. Bahkan otoritarian sedemikian rupa mendapatkan polesan agar tidak terlihat.

Pentingnya Partisipasi Publik dalam Konsep Kerakyatan

Pentingnya Partisipasi Publik dalam Konsep Kerakyatan
Pentingnya Partisipasi Publik dalam Konsep Kerakyatan

Lahirnya demokrasi di negara-negara dunia sudah seharusnya mendapatkan partisipasi dari berbagai pihak. Pentingnya partisipasi publik dalam menjaga demokrasi tidak boleh kita abaikan.

Kerakyatan tidak hanya tentang pemilihan umum, tetapi juga melibatkan peran aktif warga negara dalam pengambilan keputusan politik dan penegakan hak asasi manusia. 

Partisipasi publik termasuk hak untuk mengemukakan pendapat, berkumpul, berserikat, serta hak untuk memilih dan dipilih. Tanpa partisipasi aktif rakyat, konsep ini hanya akan menjadi pajangan formalitas.

Ibarat kata tidak ada pengawas yang bertugas untuk mengawasi jalannya pemerintahan, membuat pemegang wewenang mungkin akan melakukan segala hal untuk mencapai tujuan pribadi dan golongan.

Kesimpulan Akhir Kajian

Sejarah lahirnya demokrasi di negara-negara dunia adalah kisah yang kompleks, bergerak sepanjang waktu dan terus berubah. Dari Athena kuno hingga zaman modern sampai sekarang ini.

Gagasan partisipasi politik rakyat telah mengilhami perubahan besar dalam pemerintahan pada seluruh dunia. Kerakyatan telah menghadapi berbagai tantangan sepanjang abad ke-20, tetapi juga menjadi pondasi penting bagi kebebasan pada HAM.

Kerakyatan adalah upaya bersama untuk membangun masyarakat yang adil serta inklusif, dan partisipasi publik yang aktif adalah kunci untuk menjaganya tetap bisa hidup sampai seterusnya.

Baca juga: 7 Negara yang Tidak Pernah Dijajah Oleh Bangsa Lain

Dalam dunia yang terus berubah, tugas kita adalah menjaga dan memperkuat nilai-nilai demokrasi, serta melanjutkan perjuangan lahirnya demokrasi di negara-negara dunia nyata gunanya bagi semua orang tanpa ada sebuah pengecualian. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini