Mengenal Ragam Manfaat Daun Sirih Merah pada Kesehatan Tubuh

Kepopuleran manfaat daun sirih merah sebenarnya banyak hadir pada masyarakat tradisional. Terlebih selama ini memanfaatkannya sebagai daun dengan sejuta khasiat. Belum lagi secara turun-temurun menjadi obat tradisional terbaik.

Baca juga : Sejarah Kopi di Dunia: Dari Penemuan Hingga Fenomena Global

Berbagai masalah kesehatan dapat sembuh dengan mengonsumsinya dengan tepat.

Selain itu tidak sedikit juga orang yang mencoba mengunyahnya langsung. Saat ini sebenarnya tambah mudah karena terdapat berbagai suplemen tersedia. Tentu isinya berupa ekstrak sehingga khasiatnya tetap berhasil Anda peroleh.

Daun Sirih Merah yang Menyehatkan Tubuh Manusia

Daun Sirih Merah yang Menyehatkan Tubuh Manusia

Fungsinya begitu baik karena punya kandungan alkaloid, tanin, flavonoid, saponin hingga minyak atsiri. Hal ini membuktikan jika fungsi atau kegunaan semakin baik. Terutama untuk penyembuhan maupun menjaga kesehatan Anda.

Menurut penggunaan secara tradisional maupun modern, sebenarnya tidak kalah menarik. Banyak fakta membuktikan jika fungsinya pada kesehatan itu besar. Artinya Anda dapat mempelajarinya sehingga semakin paham khasiat terbaiknya.

  1. Menghindari Infeksi Bakteri

Khasiat menghindari infeksi bakteri tergolong sebagai manfaat terbaik yang akan Anda lihat. Apalagi menurut penelitian, terdapat kandungan fenol dan flavonoid. Kandungan inilah yang efektif menghindari pertumbuhan bakteri.

Terlebih karena manfaat daun sirih merah secara alami punya sifat antibakteri. Pastinya efektif menghindari infeksi MRSA yang terbilang cukup berbahaya.

  1. Menjadi Obat Asma

Kegunaan tanaman ini sebagai obat asma ternyata telah mendapatkan pengakuan sejak dulu. Pengobatan dan penyembuhan asma akan maksimal dengan rutin mengonsumsi.

Apalagi sudah melalui penelitian sehingga membuktikan menyembuhkan kasus asma bronkial. Anda juga bisa memanfaatkan kombinasi minyak sirih beserta polifenol.

  1. Membantu Penyembuhan Luka

Kemampuan membantu penyembuhan luka sebenarnya telah kita kenal sejak zaman nenek moyang. Bahkan terbukti melalui penelitian karena punya kandungan senyawa saponin. Sifatnya adalah antiseptik sehingga aman untuk luka.

Pastinya manfaat daun sirih merah terbukti karena cocok pada penyembuhan luka terbuka. Senyawa lainnya seperti tanin juga menjadi alasan kenapa luka cepat sembuh. Terlebih bisa membantu kolagen untuk segera tumbuh.

Kolagen adalah bagian yang memberikan tekstur elastis dalam kulit. Jika berhasil tubuh cepat, kemudian menyebabkan luka segera menyusut lebih efektif.

  1. Mengobati Diabetes

Berdasarkan penelitian bahkan sembuh mulai dari 10-38% dalam darah.

Artinya untuk manfaat daun sirih merah, hanya perlu mengonsumsi secara rutin. Nantinya kandungan gula yang terdapat dalam darah semakin berkurang.

Mulai dari berisiko stroke, penyakit jantung, kebutaan hingga kerusakan saraf kaki. Mencoba mengobati secara alami menjadi pilihan bagus.

  1. Merawat Organ Kewanitaan

Apalagi sebelumnya banyak yang mengenalnya sebagai obat mengatasi keputihan. Antiseptik terdapat pada tanaman ini sehingga melindungi dari bakteri jahat.

Manfaat daun sirih merah sebagai perawat organ intim juga mudah. Hanya perlu merebus potongan daunnya dengan 800 ml air. Lalu menunggu sampai mendidih dan pakai hasil rebusan untuk membasuh organ intim.

  1. Mengurangi Radikal Bebas

Belum lagi dengan kehadiran masalah radikal bebas semakin besar. Tapi bisa menghindari karena ada tanin, flavonoid, alkaloid, dan polifenol.

Manfaat daun sirih merah begitu terasa karena sifat antioksidan yang baik. Tentunya bisa mengurangi kerusakan sel yang terjadi pada tubuh. Artinya secara langsung menghindari kanker, alzheimer, hingga jantung iskemik.

  1. Mengobati Rheumatoid Arthritis

Mengobati rheumatoid arthritis begitu penting Anda nikmati karena terjamin nyata. Terlebih sudah muncul berdasarkan penelitian pada bagian ekstraknya.

Kegunaan manfaat daun sirih merah tersebut begitu baik karena senyawa yang terkandung. Belum lagi fenol serta flavonoid ternyata punya antiinflamasi. Kemudian bisa menghindari radang jika Anda mengalami rheumatoid arthritis.

  1. Mengobati Batuk

Banyak orang tidak menyangka jika ternyata tanaman ini efektif untuk mengobati batuk. Apalagi langkah untuk menggunakannya sebagai obat tidaklah sulit. Anda bisa meraciknya sendiri dengan menyiapkan 10 lembar daunnya.

Untuk manfaat daun sirih merah, campurkan rebusan dengan alkohol 70%i. Hanya dalam waktu 30 menit sudah memiliki cairan obat batuk alami. Pastikan minum 1 sdm dalam waktu 3 kali sehari.

  1. Mencegah Plak Gigi

Khasiat mencegah plak gigi begitu bagus supaya kesehatan dalam mulut dapat terjaga. Kemampuan menghentikan dan mengurangi penumpukan plak begitu baik. Apalagi bisa menghindari kemunculan berbagai bakteri yang menyebabkan plak.

Beberapa bakteri tersebut yakni Lactobacillus Caesal hingga Streptococcus Mutans. Artinya tidak perlu mengkhawatirkan plak yang mengganggu kondisi gigi. Inilah alasannya kenapa pada zaman dulu bagus menjaga kesehatan gigi.

  1. Anti Kanker

Bukan hanya itu, tapi terdapat anti-mutagenik dan antiproliferasi yang menarik.

Perlu Anda ketahui juga kalau terdapat kandungan fitokimia yang efektif melawan kanker. Belum lagi stres oksidatif perannya baik pada patofisiologi kanker. Kemudian secara efektif menurunkan radikal bebas dan menghambat kanker.

  1. Mengurangi Radang Mata

Terakhir, terdapat kemampuan mengurangi radang mata yang Anda alami. Selanjutnya hanya perlu memakai hasil rebusan dengan mengelap pada mata.

Kegunaan atau manfaat daun sirih merah pada radang mata sebenarnya telah terlihat. Pastikan menggunakan daun secukupnya supaya hasilnya lebih tepat.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini