Manfaat, Prosedur, dan Syarat Donor Darah di Indonesia

Kalian yang ingin menjadi pendonor darah terhadap kemanusiaan harus tahu syarat donor darah terlebih dahulu. Tidak boleh asal karena sumbangan darah tersebut akan diberikan kepada orang yang membutuhkan.

Baca Juga : 8 Cara Menjaga Kesehatan Mata Paling Mujarab

Sehingga orang yang boleh melakukannya hanya orang-orang yang terpilih saja atau memenuhi syarat tertentu. Sebab, itu juga demi kebaikan bersama bukan hanya penerima transfusi tapi juga pada penyumbang itu sendiri.

Sebagai contoh kasus di mana jika penyumbang sebenarnya membutuhkan transfusi, tapi malah menyumbang. Sudah pasti akan membuat penyumbang tersebut kekurangan darah dan menjadi mudah sakit, begitulah kiranya dasar adanya syarat.

Ketahui Manfaatnya sebelum Penuhi Syarat Donor Darah

Syarat Donor Darah

Kabar bagus bagi kalian yang bisa memenuhi syarat-syarat tersebut, tentu bukan hanya bisa menyumbang darah kepada orang membutuhkan. Melainkan bisa dapatkan banyak manfaat yang lainnya, apa saja itu simak penjelasannya.

Mengurangi Kolesterol dan Buat Tubuh Jadi Makin Fit

Tentu saja jika rutin melakukannya ketika memenuhi syarat donor darah, ada manfaat penting yang banyak orang cari. Tidak lain yakni penurunan kadar kolesterol jahat serta trigliserida, dengan begitu tubuh akan menjadi lebih fit dan selalu bugar.

Menjaga Kesehatan Jantung

Selanjutnya ketika menjadi pendonor secara rutin maka akan dapatkan sirkulasi peredaran darah makin lancar, tentu saja organ yang terbantu adalah jantung. Dengan begini secara tidak langsung akan menurunkan risiko serangan jantung, dan sebagainya, bahkan juga kadar zat besi jadi stabil.

Eritrosit Baru Banyak Terbentuk

Sebab menyumbangkan darah secara rutin maka akan membuat tubuh secara otomatis membuat gantinya, dan eritrosit tersebut adalah gantinya. Dengan adanya banyak eritrosit maka tubuh akan lebih sehat sebab oksigen terangkut sempurna ke dalam tubuh

Medical Check-Up Gratis

Bagi kalian yang sudah mampu memenuhi syarat donor darah di Indonesia dan rutin melakukannya. Sudah pasti akan bisa mendapatkan check-up gratis untuk mendeteksi adalah masalah pada tubuh, tujuannya tentu untuk memberikan donor berkualitas pada orang membutuhkan.

Motivasi Hidup Sehat Selalu Terjaga

Tentu perasaan senang sesudah membantu orang lain akan muncul di dalam diri, dengan begitu akan ada motivasi untuk terus menjaga tubuh sehat. Tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga orang lain membutuhkan.

Syarat Donor Darah di Indonesia

Syarat Donor Darah

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk melakukan kegiatan sosial membantu kemanusiaan kali ini. Tentunya harus memenuhi syarat lebih dahulu agar bisa diterima oleh pihak PMI atau penyelenggara event donor lainnya.

Maka dari itu Kita akan memberikan daftar syarat donor darah di Indonesia yang harus kalian ketahui, mulai dari usia sampai dengan banyak hal lainnya. Hanya pendonor tertentu yang bisa lolos.

  • Bagi yang baru pertama kali akan mendonorkan darah kepada PMI harus sudah berusia 17 tahun ke atas, mencapai batas maksimal 60 tahun
  • Sedang dalam kondisi sehat dan tidak terganggu, tercatat pada kondisi sehat jasmani serta rohani
  • Pendonor berusia lebih 60 tahun harus mendapatkan penanganan khusus, jadi tidak disarankan jika memang tidak terpaksa
  • Syarat donor darah harus memiliki tekanan darah harus normal, kisaran tekanan darah normal dari 100/70 sampai dengan 150/80 mmHg
  • Suhu tubuh normal dan tidak boleh lebih dari 37,5 sementara itu juga tidak boleh kurang dari 36,6.
  • Berat badan paling minimal adalah 45 Kilogram
  • Denyut nadi berkisar antara 50 kali permenit dan maksimal 100 kali permenit
  • Kadar hemoglobin atau protein dalam darah normal, sekitar 12,5 sampai 17 g/dL
  • Tidak ada paksaan dan sukarela, tentu harus mengisi form persetujuan yang tersedia
  • Jika ingin melakukan donor lagi harus sudah lebih dari 3 bulan

Sementara syarat donor darah umum tersebut, kalian yang mengalami kondisi tertentu juga tidak dianjurkan, seperti flu, pilek, sakit tertentu, epilepsi, mens, dan sebagainya. Tentunya itu demi memberikan pasokan transfusi terbaik.

Jadi, sesudah melakukan tes umum akan dilakukan medical check-up menyeluruh. Semua hal yang mengindikasikan kalian sedang mengalami penyakit atau tidak normal akan terdeteksi dengan bantuan itu.

Prosedur Melakukan dengan Baik dan Benar

Syarat Donor Darah

Tentu jika kalian merasa dapat lolos dengan uji-uji kesehatan di atas, coba saja langsung datangi PMI terdekat daerah untuk melakukannya. Jangan khawatir karena semua prosedur yang dilakukan tidak akan lama.

Namun, kita dapat membaginya dalam beberapa tahapan, tepatnya adalah 6 tahapan sampai pada pemulihan. Supaya lebih mudah membantu bagi kalian yang lolos syarat donor darah, Kita memberikan panduan mengenai prosedurnya.

  • Tahap registrasi, biasanya akan berlangsung pada PMI dengan mengisi form pendaftaran serta mengisi kuisioner kesehatan yang ada, tentu harus mengisi dengan data diri sebenar-benarnya.
  • Tahap pemeriksaan pendahuluan, bisa kita katakan adalah pemeriksaan umum. Mulai dari pengukuran berat badan untuk menentukan batas minimal, pemeriksaan kadar protein darah, dan golongan darah untuk menyesuaikan masuk pada bank penyimpanan mana.
  • Tahap pemeriksaan kesehatan oleh dokter khusus, tentu saja mulai dari Anamnesis, tekanan darah, dan fisik sederhana. Dokter akan menyimpulkan sesuai hasil pemeriksaan apakah kalian lolos syarat donor darah keseluruhan.
  • Jika lolos maka akan lanjut pada tahap pengambilan darah, mulai dengan mencuci lengan sampai dengan pengambilan sampel lebih dahulu. Lalu dilanjutkan sampai proses selesai dan biasanya tidak akan memakan waktu lama juga.
  • Tahap administrasi yang dapat kalian lakukan jika sudah selesai melakukan donor, biasanya akan mendapatkan vitamin serta makanan sehat guna langkah pemulihan awal sehabis donor.
  • Tahap pemulihan yang biasanya akan disarankan untuk istirahat, lalu makan makanan sehat untuk kemudian pulang. Tidak dianjurkan langsung pulang karena tubuh akan menjadi sedikit lebih lemas dari biasanya.

Jika bisa melakukannya untuk kemanusiaan mengapa tidak karena banyak orang membutuhkan itu untuk kesembuhannya. Kita yang sehat seharusnya membantu orang-orang agar dunia menjadi lebih damai.

Ajak orang sekitar untuk melakukan hal serupa dan sebarkan bahwa banyak manfaat mendonorkan darah. Bukan hanya orang lain yang akan mendapatkan manfaat tersebut, tapi diri sendiri juga akan dapat.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini