Tips dan Trik Memilih Kursi Kereta Api Agar Duduk Nyaman

Primaradio.co.id – Tips dan trik memilih kursi kereta api sangat membantu Anda yang akan melakukan perjalanan jarak jauh ke luar kota. Kereta api terdiri atas beberapa kelas, yaitu eksekutif, bisnis dan ekonomi. 

Baca juga : Cara Memesan Tiket di Aplikasi KAI Access Cukup dari Rumah

Pada kesempatan kali ini, kami hanya akan fokus membahas bagaimana cara memilih kursi saat Anda naik kereta api kelas ekonomi. Dengan demikian, Anda bisa duduk dengan nyaman selama perjalanan. 

Bagi yang sering menggunakan kereta api tentu sudah familiar dengan tata letak dan kondisi kursinya. Jika Anda jarang menggunakannya maka tidak perlu khawatir.

Kami akan memberikan beberapa tips yang mempermudah Anda dalam memilih tempat duduk. Beberapa tempat duduk menjadi incaran para penumpang karena letaknya strategis. 

10 Tips dan Trik Memilih Kursi Kereta Api Kelas Ekonomi

Anda bisa menerapkan beberapa tips dan trik berikut ini agar bisa melakukan perjalanan dengan nyaman menggunakan kereta. Pastikan Anda menyimak hingga akhir sehingga tidak ketinggalan informasinya. 

  1. Membeli Tiket Online

Perkembangan teknologi mempermudah aktivitas manusia, termasuk salah satunya untuk membeli tiket. Anda sebaiknya membeli secara online dari jauh hari sebelum jadwal keberangkatan.

Dengan demikian, Anda tidak perlu takut kehabisan tiket. Selain itu, bisa menentukan sendiri tempat duduk yang lokasinya strategis. Apalagi saat ini banyak terdapat promo menarik sehingga harganya lebih murah. 

  1. Pilih Kursi yang Dekat Jendela

Tips dan trik memilih kursi kereta api sebaiknya memilih dekat dengan jendela untuk mencegah munculnya rasa bosan. Anda dapat menikmati pemandangan indah ketika kereta berjalan. 

Hal ini bisa mengusir rasa bosan, terutama jika bepergian pada siang hari. Pada umumnya, jalur kereta api akan melewati area persawahan yang membentang luas dan terlihat indah. 

Pemandangan tanaman hijau bisa menyegarkan mata. Anda dapat memesan tiket pada deretan kursi A atau E. Banyak keuntungan yang akan Anda peroleh, salah satunya lebih mudah mengisi daya ponsel. 

Hal ini karena stop kontak berada di bawah meja dekat dengan jendela. Selain itu, tidak akan terganggu dengan aktivitas penumpang lain yang sering meninggalkan kursi ke restorasi maupun toilet. 

  1. Tentukan Berdasarkan Arah Kereta

Tips dan trik memilih kursi kereta api selanjutnya adalah memilih sesuai arah kereta. Hal ini karena duduk di kursi berlawanan arah dengan laju kereta akan membuat seseorang merasa pusing. 

Terutama jika jarang naik kereta. Contohnya jika melakukan perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta silahkan pilih nomor 12 sampai 19. Lalu, untuk arah sebaliknya bisa memilih nomor 1 hingga 11. 

  1. Pastikan Jauh dari Toilet

Jika Anda ingin beristirahat dengan tenang selama perjalanan malam, maka pilihkan tempat duduk pada bagian tengah. Hindari memilih yang dekat toilet atau di ujung gerbong. 

Hal ini karena aroma kurang sedap dari toilet dapat mengganggu waktu istirahat. Selain itu, Anda akan jauh dari pintu sambungan kereta. Pintu tersebut biasanya mengeluarkan suara bising. 

  1. Pilih yang Dekat Pintu Keluar

Tips dan trik memilih kursi kereta api berikutnya adalah memilih gerbong yang paling dekat dengan pintu keluar saat di stasiun. Letak gerbongnya biasanya ada di tengah. 

Tujuannya agar tidak harus berjalan jauh ketika sampai stasiun. Selain itu, mempermudah Anda untuk membawa barang. Terutama saat membawa banyak barang. 

  1. Kursi Dekat dengan Lorong

Jika Anda merupakan tipe orang yang sering ke toilet maka harus memilih kursi yang dekat lorong. Begitu juga saat bepergian bersama anak-anak. Lokasi tersebut mempermudah untuk bolak-balik keluar.

Selain itu, tidak perlu mengganggu penumpang lain yang duduk bersebelahan. Dengan demikian, Anda tidak perlu merasa sungkan saat ingin ke toilet maupun ruang restorasi. 

Anda juga bisa bebas bergerak keluar. Tips dan trik memilih kursi kereta api untuk memperoleh posisi dekat lorong, maka silahkan pilih tempat duduk C hingga D. 

  1. Cari Informasi Letak AC

Tidak semua orang tahan terhadap suhu dingin, oleh karena itu cari tahu letak AC atau pendingin ruangan. Terutama ketika Anda melakukan perjalanan malam.

Duduk dekat AC akan membuat Anda merasa kedinginan dan sering buang air kecil. Hal ini tentu akan membuat istirahat terganggu dan perjalanan juga menjadi kurang nyaman. 

Pada umumnya, AC terletak di bagian tengah gerbong. Oleh karena itu, tips dan trik memilih kursi kereta api yaitu menghindari kursi nomor belasan. 

Jika ingin mencari aman, silahkan pilih nomor kursi 7 hingga 9. Jangan lupa untuk memastikan letaknya dengan bertanya kepada customer service ketika memesan tiket. 

Namun, jika terlanjur mendapatkan tempat duduk dekat AC, maka jangan lupa mengenakan kaos kaki dan jaket sehingga tidak kedinginan. Selain itu, Anda juga akan merasa nyaman saat beristirahat. 

  1. Kursinya Dekat Gerbong Restorasi

Gerbong restorasi umumnya menyediakan banyak minuman dan makanan. Para penumpang bisa membelinya selama perjalanan. Jika memilih tempat duduk dekat gerbong tersebut, maka Anda lebih mudah untuk membeli makanan. 

Biasanya letak gerbong restorasi terdapat di gerbong tengah. Apabila jumlah gerbong kereta ada 7 atau 8, maka pilihlah gerbong nomor 3 atau 4 agar tidak perlu melangkah jauh. 

  1. Sesuaikan Barang Bawaan

Tips dan trik memilih kursi kereta api yaitu Anda membawa barang seperlunya saja. Hal ini karena jarak antar kursi pada kereta kelas ekonomi tidak begitu luas. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini