Sudahkah Kalian Mengenal Baklava Dessert Khas Turki?

Buel berpendapat jika kata ‘Baklava’ sendiri berasal dari kata Mongol, yaitu bayla yang artinya untuk mengikat, membungkus atau untuk memupuk. Sebab makanan tersebut disusun dengan bahasa Turki yang verbal.

Sedangkan dalam bayla sendiri bahasa Mongol baklava merupakan kata yang bermakna serapan Tukri. Sedangkan untuk warga Armenia mengatakan bahwa baklava berasal dari bahasa Armenia yang artinya yaitu bakh (prapaskah) dan halvah (manis).

Berikut Ini Cara Membuat Baklava

Setelah mengenal baklava yang merupakan camilan manis khas Turki ini dapat kalian buat dengan mudah di rumah. kudapan yang berisikan campuran beraneka kacang-kacangan, madu dan kayu manis ini bisa kalian jadikan cemilan ketika lebaran nanti.

Sebelum kalian membuatnya pastikan terlebih dahulu semua bahan sudah terkumpul. Berikut adalah bahan-bahan yang digunakan dalam membuat baklava Turki.

  1. Bahan Untuk Sirup

untuk membuat sirup kalian memerlukan bahan-bahan berikut ini, diantaranya adalah :

  • Kayu manis sebanyak satu potong
  • Gula kastor sebanyak 300 gram
  • Potongan lemon yang telah dipotong menjadi ½
  • Madu sebanyak 350 ml
  • Air secukupnya atau 475 ml
  1. Bahan Lainnya

Bahan lainnya yang digunakan untuk membuat baklava, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Campuran kacang tumbuk kasar secukupnya, seperti almond, kenari dan pistachio
  • Gula sebanyak 3 sdm
  • Kayu manis sebanyak 1 sdt
  • Filo pastry sebanyak 500 gram
  • Mentega tawar yang telah dilelehkan sebanyak 250 gram
  1. Cara Membuat Baklava

Bagi yang mengenal baklava tentu bertanya-tanya bagaimana cara membuatnya. Berikut adalah membuat baklava khas Turki yang lezat :

  • Langkah pertama adalah dengan membuat sirup terlebih dahulu. pada proses ini kalian bisa mencampurkan kastor, madu, air, sebatang kayu manis dan kulit lemon pada panci. Rebuslah dengan menggunakan kompor kecil dan stabil. Didihkan selama 15 menit kemudian angkat dan diamkan.
  • Tahap yang selanjutnya adalah memanaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius.
  • Pada wadah atau mangkuk yang lainnya, kalian bisa mencampurkan sisa gula kastor, kacang-kacangan yang sudah ditumbuk secara kasar dan kayu manis pun di tumbuk.
  • Selanjutnya kalian bisa mengolesi bagian loyang dengan menggunakan mentega cair. Jangan lupa untuk meletakkan selembar filo pastry dan olesi dengan menggunakan mentega. Kalian bisa menaburkan lima sendok makan campuran kacang di atasnya.
  • Kemudian tutupi dengan menggunakan filo pastry dan kacang-kacangan. Olesi dengan menggunakan mentega dan menaburi dengan menggunakan kacang-kacangan. Tutuplah dengan menggunakan filo pastry dan olesi dengan menggunakan mentega.
  • Langkah yang terakhir adalah dengan menggores pada bagian atas filo pastry dengan menggunakan pisau tajam. Setelah itu kalian bisa langsung memanggang di oven selama 50 hingga 60 menit. Setelah dinyatakan matang kalian bisa mengeluarkan dari oven dan menuangkan sirup yang telah dibuat sebelumnya.

Makanan yang Mirip dengan Baklava

Mengenal baklava memang terbilang penting, sebab dengan mengetahui tentang baklava berarti kalian benar-benar penggemar baklava. Makanan penutup yang mirip dengan baklava di Yunani tersebut dengan menggunakan roti pipih tidak beragi.

Setelah itu kalian mengisinya dengan menggunakan kacang-kacangan yang dicincang dengan madu . hal tersebut sudah ada sejak baklava modern kemungkinan telah ditemukan di Turki. Tahun tepatnya pada masa kekaisaran Ottoman yang kemudian dimodifikasi di Yunani.

Berbagai jenis resep tentang baklava ini menjadikan makanan penutup ini dimiliki resep yang bervariatif. Hal itu juga bergantung pada daerah tersebut yang disertai dengan kreasi yang berbeda satu sama lainnya.

Baca juga : Resep Kue Lumpur Kentang Sederhana Enak & Super Lembut

Makanan penutup baklava ini juga diproduksi di Indonesia. sehingga tidak heran jika makanan ini mudah ditemukan di berbagai toko yang ada di Indonesia. Bagaimana sudahkah kalian mengenal baklava? Atau kalian bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah sesuai dengan resep di atas.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini