Mengenal Homofon Dalam Bahasa Inggris dan Contoh Penggunaannya

Mempelajari bahasa Inggris, kalian harus mengenal homofon dalam bahasa Inggris karena ini termasuk subjek yang sangat penting. Mungkin kalian pernah mendengar dua kata yang pengucapannya sama, tapi tulisan dan artinya berbeda.

Secara singkatnya, homofon itu adalah kata yang saat kalian ucapkan terdengar sama, tapi tulisan dan juga artinya sangat berbeda. Layaknya bahasa Indonesia, dalam Bahasa Inggris juga banyak kata-kata yang pengucapan sama, tapi artinya berbeda.

Bagi kalian yang belum pernah mengetahui homofon dalam bahasa Inggris, kita akan mengenalkannya dengan lebih sederhana. Terutama bagi kalian yang sedang belajar bahasa Inggris dan ingin lancar, wajib mengetahuinya.

Mengenal Homofon Dalam Bahasa Inggris Berdasarkan Pengertiannya

Mengenal Homofon Dalam Bahasa Inggris Berdasarkan Pengertiannya
Mengenal Homofon Dalam Bahasa Inggris Berdasarkan Pengertiannya

Kalian tidak akan mengenali homofon dalam bahasa Inggris jika belum mengetahui pengertian asli dari homofon itu sendiri. Jika mengartikannya secara bahasa, homofon (homophone) berasal dari Yunani yaitu homo berarti sama dan foni artinya bunyi atau suara.

Seperti yang telah kita jelaskan sekilas di atas, homofon adalah kata yang memiliki pengucapan sama, akan tetapi penulisan dan arti berbeda. 

Dalam pengucapan Indonesia, memang jarang sekali menemukan dua kata dengan pengejaan sama. Tapi dalam bahasa Inggris, ada banyak vocabulary dengan kata berbeda tapi pengucapannya sama.

Seperti pada kata flour dan flower. Keduanya memiliki penulisan yang berbeda. Tapi ketika kalian melafalkannya, pasti terdengar seperti sebuah kata yang sama. 

Jika dalam bahasa Indonesia, memang homofon jarang kalian temui, lebih ke arah homonim, yaitu tulisan dan pengucapannya sama, tapi memiliki arti berbeda.

Seperti satu contoh homofon dalam bahasa Indonesia, seperti sanksi dan sangsi. Kedua kata tersebut memang memiliki pengucapan sama, tapi tulisan dan artinya berbeda. Sanksi adalah hukuman, sementara sangsi memiliki arti keraguan.

Mengenal homofon dalam bahasa Inggris sebenarnya tidak terlalu sulit. Saat dalam bentuk tulisan, memang kalian tidak akan sadar letak bentuk homofon itu. Namun, dalam praktik pelafalannya, kalian akan paham konsepnya.

Tips untuk kalian agar bisa membedakan dua kata bahasa Inggris yang memiliki pengucapan sama saat berbicara, perhatikan struktur kalimatnya.

Kalian coba perhatikan struktur kalimatnya dengan baik, meski terdengar pengucapannya sama, tapi bentuk kata serta artinya berbeda. 

Selain itu, untuk bisa mengenal homofon dalam bahasa Inggris lebih jauh, kalian juga harus rutin melatih listening dengan menonton film atau mendengarkan lagu dalam bahasa Inggris.

Perbedaan Antara Homofon dan Homonim Dalam Bahasa Inggris

Ketika mempelajari tentang homofon, ada kaitannya erat dengan istilah homonim. Pernah mendengar istilah homonim itu?

Sebenarnya istilah tersebut ada kesamaan dengan topik yang sedang kita bicarakan ini. Karena pembahasan kita adalah mengenal homofon dalam bahasa Inggris, maka sekalian saja pelajari tentang homonim.

Singkatnya, homonim dalam bahasa Inggris adalah kata yang memiliki ejaan dan penulisan sama, namun memiliki arti berbeda.

Dalam KBBI sendiri, homonim merupakan kata yang lafal dan ejaannya sama, namun maknanya berbeda karena memiliki makna berlainan. Dalam dialog kita sehari-hari, kemungkinan besar, pernah mengucapkannya.

Jadi, ketika mengenal homofon dalam bahasa Inggris, perlu juga mengetahui homonim karena kedua istilah ini ada kaitannya dengan pengertian hampir sama.

Untuk lebih jelasnya lagi, kita akan memberikan beberapa contoh kata untuk bisa membedakan antara homofon dan homonim :

Contoh Kata Homofon 

Jika mengenal homofon dalam bahasa Inggris dengan teori pengertian saja, tentu kurang cukup. Maka, inilah beberapa contoh kata yang mengandung homofon dalam bahasa Inggris :

  • Laugh/Love

Cara membaca laugh itu laf yang artinya tertawa. Sama halnya ketika kalian mengatakan Love itu lav juga, yaitu tertawa.

  • Hi/ High 

Kedua kata tersebut bila kalian baca, sudah pasti memiliki bunyi yang sama. Padahal keduanya memiliki arti berbeda, Hi artinya hai, sementara High adalah tinggi.

  • Knight/Night

Kata Knight dan Night ketika kalian ucapkan memiliki suara sama tapi artinya berbeda, yaitu Knight adalah ksatria dan Night artinya malam.

  • Knew/New

Ini tidak hanya pengucapannya sama, bahkan tulisannya hampir sama. Tapi tentu saja artinya berbeda. Knew bentuk past dari Know, yaitu tahu. Dan New artinya baru.

  • Knot/No

Bunyinya sama, tapi artinya berbeda. Yaitu Knot artinya sampul, dan No adalah tidak.

Contoh Kata Homonim 

Jika istilah ini, Mulai dari kata, cara penulisan, hingga bunyinya sama. Namun, artinya berbeda, yaitu :

  • Address : artinya bisa alamat atau menyebutkan
  • Right : bisa berarti kanan, tapi bisa berarti benar.
  • Bank : Bisa kalian artikan Bank, tempat penyimpanan uang. Arti lainnya adalah tepian.
  • Rock : Kalian dapat mengartikan batu atau musik rock.
  • Fly : Artinya terbang, tapi bisa juga lalat.
  • Letter : Artinya surat, namun dapat kalian artikan juga huruf.

Contoh Penggunaan Homofon yang Perlu Kalian Ketahui

Contoh Penggunaan Homofon yang Perlu Kalian Ketahui
Contoh Penggunaan Homofon yang Perlu Kalian Ketahui

Dalam mengenal homofon dalam bahasa Inggris, selain tahu contoh kata yang telah kita sebutkan di atas, Jika kalian ingin bisa berbahasa Inggris secara lancar dan terdengar seperti native English, wajib tahu cara membedakan dua kata, meski terdengar sama.

Dengan memperhatikan kalimat yang dilontarkan kepada kalian, nanti akan tahu, orang tersebut mengatakan apa.

Seperti pada kata Blue yang memiliki kesamaan pengucapan dengan Blew. Keduanya terdengar sama ketika kalian ucapkan. Akan tetapi artinya berbeda.

Maka, ketika situasi seperti ini, perlu melihat kalimat secara lengkapnya. Itulah mengapa latihan listening sangat penting untuk para pemula yang baru belajar bahasa Inggris.

Setelah mengetahui beberapa kata homofon, berikut adalah contoh kalimatnya agar tahu penggunaan secara benar :

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini