Mengenal Kereta Cepat Jakarta-Bandung? Ini Jawabannya

Kehadiran kereta cepat Jakarta-Bandung menjadi jawaban untuk setiap orang yang ingin jalur cepat. Meskipun dekat, tapi pada kenyataannya karena berbagai alasan akhirnya perjalanan dari Jakarta menuju Bandung tidak sebentar.

Baca juga: Mengenal Sosok Arsitek Masjid Istiqlal Seorang Kristen yang Terkenal

Tentunya ini bisa menjadi permasalahan serius kalau tidak segera mencari jawabannya. Terlebih aktivitas baik itu kerjaan atau berbagai hal lainnya jadi terhambat karena jarak dan kemacetan.

Meski masih ada banyak alternatif lainnya yakni misalnya dengan menggunakan pesawat, masih ada masalah lainnya yakni uang yang tidak sedikit. Karena berbagai alasan itulah akhirnya mulai ada rancangan untuk menciptakan kereta cepat.

Informasi Umum Seputar Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Informasi Umum Seputar Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Informasi Umum Seputar Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Seperti namanya kereta cepat, artinya kereta cepat Jakarta-Bandung ini memang memiliki waktu yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan kereta pada umumnya. Kehadirannya tentu saja menjadi jawaban terbaik bagi Kalian yang berdomisili di Jakarta, Bandung dan sekitarnya.

Dari awal masa pembuatannya, kereta ini telah mendapatkan namanya tersendiri yakni Whoosh. Nama tersebut pastinya diambil bukan tanpa alasan, ada alasannya tersendiri mengapa akhirnya whoosh menjadi nama kereta ini.

Sebenarnya nama Whoosh itu merupakan kepanjangan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal. Selain itu, bagi masyarakat Indonesia tentunya juga tidak asing dengan istilah Whoosh yang identic dengan istilah kecepatan dan sejenisnya.

Dengan namanya tersebut sudah semakin membuktikan kalau kereta ini akan menjadi jawaban atas perjalanan aman dan cepat. Untuk jarak tempuh 142,3 km, waktu yang dibutuhkan sekitar 40 menit saja.

Teknologi yang Digunakan dalam Kereta

Teknologi yang Digunakan dalam Kereta
Teknologi yang Digunakan dalam Kereta

Menjadi salah satu teknologi andalan di Indonesia, pastinya kereta cepat Jakarta-Bandung ini juga terbuat dari teknologi canggih. Sebagai orang awam tidak ada salahnya bagi kalian untuk mengetahui berbagai hal mengenai teknologi yang ada didalamnya.

Setidaknya dengan mengetahui apa saja teknologinya tersebut bisa menjadi pengetahuan tambahan yang bermanfaat kedepannya. Karena semakin banyak pengetahuan yang ada semakin banyak juga hal yang akan kalian ketahui.

Pada kereta api super cepat satu ini merupakan garapan dari PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia China). Proyek ini merupakan proyek yang menjadi tanggung jawabnya  dengan nama CR400AF.

CR400AF itu sendiri merupakan kereta yang merupakan buatan China generasi terbarunya. Sekaligus merupakan pengembangan dari tipe CRH380A yang berasal dari Qingdao Sifang.

Spesifikasi Kereta Cepat 

Spesifikasi Kereta Cepat 
Spesifikasi Kereta Cepat

Setelah sebelumnya tadi membahas mengenai teknologinya, agar lebih lengkap pembahasannya mari kita membahas bagaimana spesifikasinya. kereta cepat Jakarta-Bandung ini tentunya memiliki spesifikasinya tersendiri hingga akhirnya bisa melaju dengan cepat.

Jika teknologi yang digunakan pada proyek ini adalah CR400AF, maka selain itu ada informasi lainnya. Informasi tersebut adalah mengenai lebar 3, 36 m dengan tinggi 4, 05 m. Kemudian pada panjang kepala keretanya adalah 27,2 m dan intermediate nya 25 m.

Pada bagian dalamnya, kereta ini juga dilengkapi dengan berbagai hal menunjang. Misalnya seperti dua emergency brake atau rem darurat. Tentunya teknologi ini sangat membantu dalam perjalanan yang aman.

Terakhir mengenai CR400AF ini juga dilengkapi dengan 8 kereta. Masing-masing memiliki komposisi yakni 4 kereta bermotor dan 4 lainnya tidak, maksud dari komposisi tersebut yakni memungkinkan untuk mendapatkan kecepatan hingga 350-420 km/jam.

Fakta Menarik yang Ada Didalamnya

Fakta Menarik yang Ada Didalamnya
Fakta Menarik yang Ada Didalamnya

Tidak lengkap rasanya kalau membahas mengenai kereta cepat Jakarta-Bandung tapi belum membahas fakta menariknya. Setiap hal pastinya ada fakta-fakta menarik yang jarang orang lain ketahui.

Bahkan tidak sedikit yang masih tidak mengetahui fakta yang sebenarnya, karena kurangnya pengetahuan. Karena tidak mengetahui bagaimana fakta yang sebenarnya itu tadi akhirnya justru menganggap fakta itu adalah mitos.

Agar Kalian tidak salah lagi mengenai fakta yang sebenarnya, oleh karena itu sudah saatnya mengetahui bagaimana fakta yang sebenarnya. Untuk lebih jelasnya simak berikut beberapa fakta ini.

Bebas Emisi

Fakta menarik mengenai kereta cepat Jakarta-Bandung yakni bebas emisi. Alasan mengapa akhirnya proyek ini menjadi transportasi bebas emisi yakni karena adanya tenaga listrik yang menjadi sumber tenaganya.

Dengan adanya penggunaan tenaga listrik ini tentunya menjadi penekan atas emisi CO2 yang saat ini semakin parah. Itulah kenapa kereta cepat ini menjadi jawaban atas banyak hal termasuk masalah emisi.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini