Mengenal Sistem Kerja Pembersih Udara dan Manfaatnya

Pada dasarnya, alat pembersih udara membersihkan udara yang berpotensi terkontaminasi, beracun atau mengandung alergen. Humidifier dan diffuser yang menambahkan partikel di udara dalam ruangan adalah kebalikan dari perangkat ini. 

Baca juga: Manfaat Bermain Game Online, Bisa Bantu Kecerdasan Otak

Metode yang digunakan pembersih dan filter udara berbeda-beda. Meskipun filter hanya menghilangkan partikel, alat pemurni juga memiliki kemampuan untuk mensterilkannya.

Bagaimana Sistem Kerja Alat Pembersih Udara?

Bagaimana Sistem Kerja Alat Pembersih Udara?
Bagaimana Sistem Kerja Alat Pembersih Udara?

Untuk melakukannya alat ini menggunakan teknologi pembersihan udara yang canggih bersama dengan penyaringan. Partikel udara mana yang dihilangkan dari udara bergantung pada jenis pembersih dan filter udara yang dipilih. 

Beberapa varian menggunakan filter untuk menangkap polutan udara saat udara melewatinya, sementara jenis lainnya menggunakan filter untuk menetralisir partikel di udara tanpa menyaringnya terlebih dahulu. 

Selain satu atau lebih filter, alat pembersih udara memiliki kipas untuk pemasukan dan sirkulasi udara. Dan karena setiap alatnya berbeda-beda, kalian harus terlebih dahulu mendapatkan pemahaman tentang cara kerjanya. 

Polutan mana yang dihilangkan oleh alat ini bergantung pada metode penyaringan yang kalian pilih. Ada empat cara dasar pengoperasiannya di antaranya:

Penggunaan Filter HEPA

Filter udara yang dirancang untuk mengumpulkan partikel padat. Dengan mengalirkan udara melalui filter tenunan padat, filter HEPA mengumpulkan 99,97% partikel sekecil 0,3 mikron dan mencegahnya kembali ke atmosfer.

Lonizer

Merupakan alat yang menetralkan polusi udara dengan menerapkan muatan listrik. Hal ini dapat terwujud dalam salah satu dari dua cara berikut:

  • Melepaskan ion bermuatan negatif ke lingkungan yang menempel pada kontaminan. Ikatan ini menyebabkan polutan udara menempel pada permukaan di dekatnya dan akhirnya turun ke tanah.
  • Saat udara melewati perangkat pembersih udara, kontaminan dikumpulkan pada sejumlah pelat atau batang yang terbuat dari logam bermuatan. 

Satu-satunya perbedaan antara filter ini dan filter udara, adalah polutan menempel pada permukaan material dan memerlukan pembersihan pelat.

Karbon Aktif

Molekul penghasil bau di rumah ditangkap oleh filter karbon aktif. Filter ini juga menghilangkan polutan gas lainnya seperti senyawa organik yang mudah menguap.

Yang bisa ditangkap oleh filter udara ini hanyalah uap kimia. Filter HEPA hanya dapat menangkap partikel padat, sehingga tidak dapat melakukan hal ini.

Sinar UV Memecah Kontaminan

Melalui penggunaan cahaya di dalam perangkat, metode ini memancarkan bentuk radiasi tidak mematikan yang membunuh kuman, virus dan bakteri saat melewati perangkat untuk memastikan Kesehatan kalian.

Mengapa Alat Pembersih Udara Begitu Bermanfaat?

Mengapa Alat Pembersih Udara Begitu Bermanfaat?
Mengapa Alat Pembersih Udara Begitu Bermanfaat?

Banyak kontaminan dan alergen yang menimbulkan dampak negatif jangka panjang terhadap kesehatan seseorang, namun dapat dihilangkan dari udara dengan menggunakan alat elektronik ini. 

Selain hanya menghilangkan kontaminan umum dari udara, alat ini juga memiliki keunggulan lebih lanjut:

Guna Memerangi Debu

Ventilasi yang buruk sangat meningkatkan kemungkinan polutan seperti debu yang lebih sering terdapat di dalam rumah dibandingkan di luar, terperangkap di sana. 

Debu mungkin tampak tidak berbahaya, namun debu dapat menarik virus, bakteri dan tungau yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang-orang yang menderita infeksi saluran pernapasan parah. 

Tubuh manusia melepaskan antibodi alergi IgE sebagai respons terhadap alergen seperti debu, serbuk sari, dan zat lainnya. Akibatnya timbul reaksi alergi, antara lain ruam, mengi, dan bersin.

Untuk menghentikan reaksi ini dan membantu menghindari infeksi dan masalah kesehatan lainnya, alat pembersih udara bekerja menghilangkan partikel berbahaya di udara dari dalam ruangan.

Sebagai Alat Melawan Alergen

Selain debu, tubuh mungkin bereaksi terhadap alergen lain dengan menghasilkan antibodi IgE, seperti serbuk sari dan masih banyak lagi. Filter yang dipasang pada alat akan digunakan untuk menyaring kontaminan. 

Kehadiran alat serbaguna di rumah membantu menghentikan penyebaran penyakit umum yang ditularkan melalui udara seperti flu dan pilek. Alat ini menduduki peringkat keempat dalam hal efektivitas di antara tindakan pencegahan episode asma, menurut penelitian ilmiah.

Guna Mengurangi Bulu Hewan Peliharaan

Anak-anak dan anggota keluarga lainnya berisiko menghirup udara yang dipenuhi partikulat, karena hewan peliharaan mengalami kerontokan bulu dan bau. Masalahnya bisa bertambah buruk jika hewan peliharaan tidak dirawat secara rutin. 

Salah satu hal pertama dalam daftar tugas kalian untuk hidup berdampingan dengan hewan peliharaan, adalah berinvestasi pada alat pembersih udara yang memiliki reputasi baik untuk menghilangkan partikel berbahaya di udara.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini