Menguasai 8 Part of Speech Secara Mudah dalam Bahasa Inggris

Part of speech merupakan materi dasar perihal ketatabahasaan yang sangat penting sekali kalian pelajar secara baik agar memudahkan komunikasi. Pengelompokan kata saat menyusun kalimat bukan hal yang bisa dianggap remeh apalagi saat belajar bahasa Inggris.

Tata bahasa adalah fondasi dari setiap bahasa. Agar lebih paham mengenai penjelasannya perlu sekali mempelajari ini secara baik dan benar sehingga membuat kalimat dalam berkomunikasi menjadi lebih efektif saat mulai mencoba menggunakan bahasa Inggris.

Baca juga: Perbedaan Have Been and Have Gone Secara Lengkap

Part of Speech menjadi pelajaran wajib yang membantu kalian dalam menyusun kalimat sehingga mudah dipahami. Jangan pernah melewatkan informasi penting ini karena akan sangat berpengaruh pada penguasaan saat adanya interaksi bersama penutur aslinya. 

Kata yang memiliki ciri mirip atau serupa tapi tidak sama dalam penempatannya pada kalimat secara menyeluruh. Untuk itu perlu adanya identifikasi secara benar sehingga tidak salah dalam penempatannya ketika sudah mulai fasih dalam berbahasa. 

Memahami Berbagai Jenis dari Part of Speech 

part of speech

Banyak sekali jenis yang memiliki ciri secara umum tapi pada saat penggunaan memiliki hal yang berbeda saat dalam bahasa Inggris. Keunikan tersendiri ini cenderung punya peran serta penempatan peran berbeda meski terlihat sama saja saat diterjemahkan.

Kata Benda (Noun)

Kata benda ini ialah suatu kata digunakan untuk merujuk biasanya kepada orang, tempat, benda, atau konsep. Kata benda biasanya digunakan pada kategori subjek maupun objek di kalimat sebagai contoh “house,” “cat,” “happy.”

Part of Speech: Kata Kerja (Verb)

Kata kerja ialah suatu hal yang berguna ketika kalian ingin mengungkapkan hal apa saja berhubungan dengan keadaan, baik peristiwa hingga tindakan. Letaknya dalam kalimat tentunya menjadi predikat yang sangat penting seperti contoh : run, eat, think.

Kata Sifat (Adjective)

Kata sifat ini ialah kata dapat menerangkan kuantitas, kecukupan, urutan, kualitas, maupun penekanan suatu kata. Contoh kata sifat adalah sebagai berikut: keras, jauh, kaya, dan lain-lain.

Part of Speech: Kata Keterangan (Adverb)

Kata keterangan di Part of Speech ini ialah jenis kelas kata yang memberikan keterangan kepada kata lain, seperti verba dan adjektiva, yang bukan nomina. Contoh adverbia misalnya sangat, amat, tidak.

Kata Tanya (Pronoun)

Kata tanya adalah yang digunakan untuk menggantikan kata benda dan menghindari pengulangan berlebihan. Kata tanya memungkinkan kita untuk merujuk kepada orang atau benda tanpa harus menyebutkan nama atau kata benda itu sendiri, contoh kata tanya adalah we.

Part of Speech: Kata Ganti (Pronoun)

Kata ganti adalah adalah jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina. Contohnya adalah we, us. Salah satu fungsi dari pronoun untuk menghindari pengulangan kata dalam satu kalimat sebab, pengulangan kata berlebihan dapat menyebabkan kalimat menjadi tidak efektif.

Part of Speech: Kata Hubung (Conjunction)

Kata hubung berguna untuk menghubungkan kata, frasa, atau klausa dalam kalimat. Kata hubung membantu mengatur hubungan antara berbagai elemen dalam kalimat, contoh kata hubung adalah “and,” “or,” “because.”

Kata Depan (Preposition)

Kata depan memberikan informasi tentang hubungan temporal, spasial, atau logis antara kata benda dan elemen lain dalam kalimat. Kata depan mengindikasikan tempat, arah, atau hubungan antara kata benda dengan unsur lain dalam kalimat, contoh kata depan adalah “di,” “ke,” “dari.”

Part of Speech: Kata Sambung (Interjection)

Kata sambung adalah kata seru yang dapat mengekspresikan emosi kita. Misalnya adalah ketika senang, kita akan mengucapkan hooray! dan ketika terkejut, kita akan mengatakan Waw!

Sangat banyak sekali contoh dari Part of Speech ini karena memegang peranan penting sekali dalam mudahnya menguasai bahasa Inggris. Kalian harus bijak dalam menggunakannya karena bisa fatal sekali dalam kalimat meski terlihat sangat mirip secara sekilas.

Komunikasi akan mengikuti pemahaman apabila sudah menguasai materi ini secara menyeluruh serta tidak menganggap sepele pelajaran dasar seperti ini. Kalian harus lebih dalam untuk memahami peraturan dan konteks penggunaannya.

Pentingnya Memahami Part of Speech dalam Bahasa Inggris

part of speech

Sudah menjadi dasar untuk kalian bisa mempelajari bahasa Inggris secara mudah tanpa harus menyepelekan materi yang lain juga ya. Memahami ini menjadi poin yang sangat penting sekali agar bisa menguasai pembelajaran secara menyeluruh sehingga menjadi mirip penutur aslinya. 

Membangun Kalimat yang Benar

Salah satu manfaat utama dari pemahaman Part of Speech adalah kemampuan untuk membangun kalimat yang benar. Dalam bahasa Inggris, ada aturan tata bahasa yang harus diikuti, membantu kita memahami bagaimana kata-kata harus diatur dalam kalimat. 

Pelajari secara baik serta benar mampu mengurangi adanya kesalahan yang tidak sengaja terjadi. Membuat pesan menjadi ambigu atau bahkan tidak masuk akal.

Menyampaikan Pesan dengan Jelas

Pemahaman ini akan membantu dalam menyampaikan pesan dengan jelas. Ketika kita tahu peran masing-masing kata dalam kalimat, dapat merancang kalimat yang mengomunikasikan gagasan atau informasi dengan tepat, sangat penting dalam komunikasi lisan dan tulisan.

Menghindari Kesalahan Tata Bahasa

Pelajaran tata bahasa ini menjadi sangat sulit bagi sebagian orang, sehingga menjadi tantangan yang besar saat mempelajarinya ulang. Pentingnya menguasai Part of Speech akan sangat membantu kalian dalam menghindari kesalahan tata bahasa yang pada umum terjadi. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini