3 Mini Robot Kesehatan, Canggih Banget!

Primaradio.co.idMini robot canggih di bidang kesehatan sedang naik daun, dan berdampak baik bagi dunia medis, simak selengkapnya dibawah ini! 

Baca juga : Review Xiaomi Robot Vacuum E10 dan Fitur-Fiturnya

Para peneliti telah menciptakan sebuah robot kecil yang dapat bergerak di dalam perut. Kemajuan teknologi tidak hanya menguntungkan sektor industri, tetapi juga dunia medis. Alasannya adalah karena kemajuan teknologi, tugas yang sebelumnya tidak mungkin menjadi mungkin.

3 Mini Robot Canggih di Dunia Medis

3 Mini Robot Canggih di Dunia Medis

Robot ini dilengkapi dengan teknologi canggih yang dapat membantu beberapa pekerjaan medis. Berikut adalah beberapa mini robot kesehatan canggih yang telah dibuat dan digunakan.

  1. Mini Robot untuk Endoskopi

Video untuk endoskopi merupakan salah satu teknologi yang cukup bermanfaat dalam bidang kedokteran. Awalnya, rekaman endoskopi dibuat dalam bentuk kapsul. Namun karena tidak bisa ditangani oleh dokter, alat tersebut kurang populer.

Kapsul benar-benar didorong oleh gravitasi dan sistem pencernaan. Para peneliti juga sedang mencari cara untuk membuat robot berbentuk pil yang dapat dikendalikan dari jarak jauh.

Peneliti dari School of Medicine & Health Sciences menciptakannya berbentuk kapsul dengan teknologi modern. Untuk mobilitas, robot tersebut dibuat menggunakan magnet eksternal dan joystick bergaya video game.

Dokter juga dapat mengangkut kapsul video kecil yang disebut navi cams ke seluruh saluran pencernaan menggunakan teknologi ini. 

Hal ini memungkinkan dokter untuk memvisualisasikan dan mencitrakan area masalah yang dicurigai, mungkin menawarkan alternatif untuk endoskopi standar.

Endoskopi klasik merupakan prosedur invasif untuk pasien, tentu saja biayanya lebih mahal, karena memerlukan anestesi dan masa pemulihan yang cukup panjang.

Meltzer melanjutkan dengan mengatakan bahwa kapsul yang dikendalikan secara magnetis dapat digunakan sebagai teknik paling tepat dan sederhana untuk menyaring masalah kesehatan saluran pencernaan bagian atas, termasuk bisul atau kanker perut. 

Kapsul berteknologi canggih ini masih dalam tahap pengujian, namun temuannya cukup menjanjikan. Meltzer dan rekannya di perusahaan teknologi medis anx robotica melakukan penelitian terhadap 40 orang dan menemukan bahwa dokter dapat memanipulasi kapsul mini robot dengan benar di semua area perut, dengan tingkat keberhasilan visualisasi 95 persen.

Individu dalam uji coba juga menjalani endoskopi tradisional untuk memastikan bahwa lesi berisiko tinggi tidak terlewatkan oleh kamera.

Manfaat mini robot canggih ini bagi pasien sangat banyak. Demikian pula, kamera dimaksudkan untuk mendeteksi perdarahan, edema, dan lesi. Selanjutnya, kapsul dapat secara otomatis mentransfer rekaman dan foto ke luar lokasi untuk penilaian.

Sementara itu, studi resmi menunjukkan bahwa penggunaan kapsul robot tidak memiliki konsekuensi kesehatan yang negatif. 

Para peneliti menekankan bahwa program uji coba kapsul masih dalam tahap awal, dan percobaan yang jauh lebih besar dengan banyak pasien akan segera dilakukan.

  1. Robot untuk Mata

Teknologi kesehatan semakin maju, berbagai penyakit yang dulunya dianggap tidak dapat disembuhkan kini dapat diobati. 

Penyakit mata, seperti katarak, glaukoma, rabun jauh dan rabun jauh, buta warna, dan lain-lain, merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat.

Meski penyakit yang disebutkan di atas bisa disembuhkan, namun cara pengobatannya dianggap tidak efektif. Institut Max Planck untuk Sistem Cerdas di Jerman berusaha menyediakan teknologi modern.

Tim ahli perusahaan yang berbasis di Stuttgart ini menciptakan robot berukuran sangat mini. Karena sangat kecil, sulit dilihat dengan mata telanjang.

Karena bergerak memanfaatkan medan magnet luar, mini robot ini tidak membutuhkan baterai. Lantas, apa sebenarnya tujuan dari robot kecil ini? 

Institut Max Planck untuk Sistem Cerdas masih skeptis. Namun, mereka berharap karya kecil mereka akan berfungsi sebagai model untuk membangun teknologi kesehatan.

Mari kita lihat apakah teknologi modern ini dapat digunakan dan menjadi sarana ampuh untuk mengobati berbagai bentuk gangguan mata.

  1. Robot Tws Flybuds T10 
Robot Tws Flybuds T10 

Mini robot Earphone nirkabel menjadi populer di kalangan penggemar olahraga karena lebih praktis, memungkinkan mereka untuk bergerak bebas tanpa kesulitan kabel yang kusut.

Melihat kondisi tersebut, TWS atau true wireless stereo mengusulkan wireless earbuds atau flybuds yang cocok untuk para pecinta olahraga, khususnya robot TWS flybuds T10.

Mini robot yang baru dirilis ini menawarkan banyak manfaat bagi penggemar olahraga yang sedang bepergian.

Robot TWS flybuds T10 tahan air dan keringat sehingga cocok untuk digunakan. Selain itu, TWS flybuds T10 memiliki desain semi-in-ear yang nyaman dan nyaman digunakan.

Mereka berusaha menampilkan produk-produk ergonomis untuk memberikan kenyamanan dan efisiensi kepada konsumen. 

Flybuds T10 dilengkapi dengan standar diafragma komposit 13mm yang mampu memberikan suara terhebat, serta chip Bluetooth 5.3.

TWS flybuds T10 dapat digunakan hingga 25 jam. Pengguna tidak perlu lagi repot bolak-balik mengisi daya. 

Wook hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan mengedepankan inovasi dan kualitas terbaik untuk memanjakan konsumen dan menjamin kenyamanan pengguna.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini