Panasnya yang Membara, Pepper X Cetak Rekor Cabai Terpedas

Varian baru dari kelompok cabai yakni Pepper X, berhasil menjadi cabai terpedas di dunia menggantikan Carolina Reaper dengan predikat yang sama sebelumnya.

Baca Juga : Resep Chicken Kriuk Cabai Garam Paling Mudah

Ed Currie, seorang petani cabai di Carolina Selatan dan penggemar berat rempah-rempah, baru saja memenangkan Rekor Dunia Guinness untuk hasil tanamannya ini yang membuat Carolina Reaper miliknya tampak jinak.

Guinness melaporkan bahwa varietas yang diciptakannya bersama PuckerButt Pepper Company-nya, memiliki peringkat Scoville Heat Unit (SHU) rata-rata 2.693.000, mirip dengan Carolina Reaper. 

Berapa kali konsentrasi zat yang disebut capsaicin yang membuat cabai menjadi pedas dikenal sebagai Scoville Heat Unit (SHU), yang merupakan ukuran produksi panas. 

Perbandingan 6 Jenis Cabai Terpedas Sebelum Pepper X

Pepper X

Sejak tahun 2011, komoditas sayur famili solanaceae ini telah diberi gelar “terpedas di dunia” oleh Guinness. Beginilah perbandingannya dengan varietas terbarunya :

Carolina Reaper

Masing-masing cabai Carolina biasanya memiliki nilai antara 1,5 hingga 2 juta unit panas (SHU) pada skala Scoville. 

Butch T. dari Trinidad Scorpion

Dari tahun 2011 hingga 2013, Butch T Trinidad Scorpion memegang gelar sebagai cabai terpedas di dunia. Bentuknya keriput dan memiliki ekor yang menyerupai kalajengking, sesuai dengan namanya. 

Varietas ini memiliki panas rata-rata sekitar 1,2 juta Scoville Heat Unit dan panas maksimum lebih dari 1,4 juta SHU.

Naga Viper

Selain intensitasnya, Naga Viper memenangkan hati para penikmatnya dengan asal-usulnya yang ditanam di rumah kaca Inggris. Skala SHU menunjukkan angka 1.382.118 yang jauh dibawah Pepper X untuk kategori terpedas.

Trinidad Moruga Scorpion

Bentuknya yang tidak biasa ini seukuran bola golf dan memiliki rasa buah di samping pedasnya yang luar biasa. 

Meskipun Trinidad Moruga Scorpion memiliki tingkat kepedasan rata-rata 1,2 juta unit Scoville, cabai terpedasnya mencapai 2.009.231 unit! 

Infinity 

Bagi kalian yang ingin makanannya pedas, Infinity Chilli adalah cabai yang sangat disukai kebanyakan orang karena memang tidak sepedas Pepper X yang digadang-gadang memberikan efek buruk apabila dimakan langsung. 

Dalam skala Scoville Heat Unit, varietas ini memiliki tingkat kepedasan antara 1,07 juta hingga 1,25 juta.

Ghost Pepper Bhut Jolokia 

Bhut jolokia, juga dikenal sebagai Ghost Pepper. Cabai ini dua kali lebih pedas dari cabai merah Meksiko, dua kali lebih kuat dari habanero, dan tiga kali lebih pedas dari rawit. 

Sesuai dengan skala Scoville, unit yang digunakan untuk mengukur tingkat kepedasan cabai Bhut jolokia memiliki nilai 1.041.427 unit.

Jumlah capsaicin yang dihasilkan selama pertumbuhan adalah penyebab perbedaan tingkat kepedasan dari satu cabai ke cabai lainnya. Apa yang memberi kalian tendangan berapi-api dan sensasi panas di mulut disebut capsaicin. 

Jumlah yang dihasilkan ini merupakan hasil dari berbagai faktor yang berkaitan dengan pertumbuhan, termasuk kesuburan tanah, cuaca, pemetikan di akhir musim, dan jenis benih yang digunakan. 

Per Oktober 2023, Pepper X Cabai Paling Hot Di Dunia

Pada bulan Oktober 2023, Guinness Book of World Records secara resmi mengakui dan mengakui sebagai objek yang bergerak paling cepat di dunia.

Ed Currie mengklaim bahwa untuk menciptakan yang lebih pedas dari Carolina Reaper, ia menyilangkan berbagai jenis cabai.

Ia juga menegaskan bahwa Pepper X tiga kali lebih pedas dari cabai lainnya yang tersedia secara komersial. Dan perlu waktu sepuluh tahun dalam proses mengembangkannya.

Jadi, bagaimana untuk mendapatkan varietas ini? Belum bisa. Ini karena Currie tidak melindungi kekayaan intelektualnya saat mempublikasikan Carolina Reaper, ratusan orang dapat membudidayakan dan mendapatkan keuntungan dari yang ia ciptakan. 

Sebuah penafian yang terpampang di situs web PuckerButt Pepper Company menjelaskan, bahwa ia tidak (belum) merilis benih cabai jenis ini. 

Tertulis dengan huruf merah terang, “Benih dan tanaman Pepper X adalah varietas yang telah dipatenkan.” “Tidak dapat dibeli atau digunakan oleh masyarakat umum.” 

Saat ini, satu-satunya cara mencicipi cabai yang memecahkan rekor adalah dengan membeli salah satu saus pedas PuckerButt dengan julukan “The Last Dab” yang sudah dicampur dengan varietas nya. 

Bagi kalian yang mungkin penasaran, berikut ada trik yang bisa diterapkan untuk meningkatkan jumlah capsaicin dalam cabai yang ditanam di rumah.

4 Cara Membuat Cabai Setara dengan Pepper X

Pepper X

Berikut ini empat saran penting untuk meningkatkan tingkat kepedasan cabai tanpa harus bersusah payah:

Pilih Jenis yang Paling Pedas 

Pilihlah jenis yang secara inheren pedas sejak awal, kemudian tingkatkan dari sana. Ini mungkin merupakan saran yang paling penting dalam daftar Kita. 

Namun kalian tidak harus memilih jenis terpedas yang ada di luar sana. Hal ini dapat diterima jika hanya ingin meningkatkan kepedasannya.

Gunakan Air Secukupnya

Satu trik khusus adalah menyiramnya dengan sedikit air. Yang harus kalian lakukan adalah membiarkan media benar-benar mengering di antara sesi penyiraman. 

Banyak petani bahkan mungkin menunda untuk memberikan lebih banyak air hingga daun tanaman mulai terkulai dan tampak lemas.

Tanaman kemudian akan memanfaatkan kelembapan dan memfokuskan seluruh energinya untuk memproduksi sebagai akibat dari stres ini. Ya, kalian bisa sedikit mengurangi dampaknya dengan tidak memberikan jadwal penyiraman yang konsisten.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini