Pengertian Apa itu Kuota Lokal Hingga Informasi Lainnya

Saat ini provider internet menyediakan beragam pilihan paket internet, namun di antara banyaknya pilihan, banyak yang belum kenal apa itu kuota lokal, karena kebanyakan menggunakan opsi paket internet lainnya.

Baca juga: Kelebihan ISP Internet Service Provider Perlu Kalian Ketahui

Jika kalian melihat tawaran mengenai paket satu ini, maka sebaiknya mempertimbangkan untuk membeli, karena banyak provider menawarkan harga murah daripada paket-paket internet lainnya.

Nah, untuk mengetahui berbagai informasi tentang pengertian, cara menggunakan, serta informasi penting lainnya, silakan simak penjelasannya pada artikel di bawah ini!

Apa itu Kuota Lokal, Panduan Lengkap Sebelum Membelinya

Apa itu Kuota Lokal, Panduan Lengkap Sebelum Membelinya
Apa itu Kuota Lokal, Panduan Lengkap Sebelum Membelinya

Karena bukan paket yang umum, beberapa di antara kalian mungkin tidak terlalu paham mengenai paket lokal ini, sehingga belum pernah menggunakannya. Agar paham dan bisa mempertimbangkan untuk menggunakannya, maka ada beberapa poin yang bisa kalian perhatikan:

Pengertian

Maksud utama dari pertanyaan mengenai apa itu kuota lokal tentu saja tentang pengertiannya.

Nah, kuota lokal merupakan sebuah paket internet yang hanya aktif pada satu daerah saja. Artinya, paket tersebut hanya akan aktif ketika kalian menggunakannya di zona atau daerah paket tersebut aktif.

Apa itu kuota lokal hanya tersedia pada satu provider saja? Jawabannya tidak, karena kehadirannya merupakan salah satu bagian dari layanan yang disediakan oleh banyak provider, seperti Telkomsel, Indosat, Axis, Three, Smartphone, XL, dan sebagainya.

Misalnya ketika kalian mengaktifkan kuota ini di kawasan Jakarta Pusat, maka akan berlaku di daerah tersebut saja. Bisa juga provider internet tersebut melacak lokasi kalian dan pada aplikasi akan menamai kuota tersebut sesuai nama paketnya.

Karena jangkauannya bersifat regional saja, maka kalian tidak bisa menggunakannya secara nasional pada wilayah lainnya. Dengan begitu, jika pengguna berdomisili di satu wilayah saja dan jarang berpindah daerah, maka pilihan kuota ini akan sangat cocok. 

Sedangkan jika sering berpindah daerah, seperti perjalanan bisnis, maka kemungkinan akan sulit menggunakannya, walaupun bisa saja. Lalu perbedaan apa itu kuota lokal dengan kuota nasional terletak pada dua aspek, yaitu wilayah dan statusnya.

Berdasarkan wilayah, paket lokal hanya berlaku pada satu daerah saja, sedangkan paket nasional atau biasa berlaku di seluruh wilayah Indonesia. 

Sedangkan berdasarkan statusnya, paket nasional ini merupakan kuota utama, lalu paket lokal merupakan bonus atau internet tambahan.

Namun sekarang paket lokal bukan sekadar bonus saja, mengingat peminatnya lumayan banyak, sehingga kita bisa membelinya seperti paket biasa.

Jenis-Jenis

Setelah mengetahui konsep mengenai apa itu kuota lokal, maka kalian perlu memahami beberapa jenisnya. Karena walaupun bernama lokal, ada beberapa jenis yang tersedia, sehingga kita dapat memilih layanan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi penggunaan internet.

Sebagai konsumen, kita harus teliti dan mampu melihat keuntungan yang akan hadir ketika menggunakannya. Jangan sampai tergiur karena harga murahnya saja, tapi ternyata kuantitas dan pembagiannya kurang sesuai untuk memenuhi kebutuhan. Beberapa jenis paket internet lokal antara lain:

Paket Unlimited

Apa itu kuota lokal unlimited? Seperti namanya yang tidak terbatas, pengguna bisa menjelajahi media sosial ataupun mesin pencari sepuasnya, tanpa ada batasan kuota, sehingga dapat menikmati hiburan apa pun tanpa perlu khawatir kuota habis.

Paket tanpa batas tersebut sangat cocok untuk pengguna yang aktivitas utama atau sering menggunakan internet seperti rapat online, game, streaming film atau drama, membuka media sosial, serta menjelajahi website.

Paket Reguler

Ketika menggunakan internet lokal, maka bayangan mengenai apa itu kuota lokal seringkali berkaitan dengan paket regular, karena pengguna bisa mengaksesnya tanpa batasan waktu atau bebas selama 24 jam.

Pilihan ini juga merupakan opsi cukup aman, karena paket unlimited sebenarnya juga memiliki batasan harian dalam jumlah tertentu. Oleh karena itu, pengguna yang membutuhkan kuota melebihi batas harian, akan kesulitan.

Dengan pembelian paket dalam jumlah tertentu, pertanyaan tentang apa itu kuota lokal reguler hanya menyediakan paket sesuai jumlah pembelian saja mungkin muncul, mengingat banyak orang yang senang dengan bonus. Biasanya paket reguler ini juga menyediakan bonus lainnya, seperti kuota ekstra malam gratis dan telepon sesama pengguna.

Paket Internet Terusan

Paket internet terusan ini termasuk yang paling banyak menarik pengguna, karena total kuotanya sangat besar. Beberapa contoh jumlah paketnya adalah 220 GB sampai 880 GB, di mana waktu berlakunya adalah sekitar setahun atau 365 hari.

Lalu apa itu kuota lokal yang paling cocok untuk kalian akan bergantung kepada kebutuhan dan penggunaan internet sehari-hari, agar tidak salah pilih.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini