Pengertian dari Kurs Valuta Asing dan Bagaimana Pengukurannya?

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk melakukan pengecekan kurs valuta asing. Valuta asing sendiri merupakan mata uang untuk melakukan transaksi berskala internasional. Valuta asing atau biasa disebut sebagai valas dapat digunakan sebagai pembayaran yang sah dalam perdagangan internasional.

Baca juga: Tips Bisnis Minuman Kopi dan Mengatasi Tantangannya

Tentu saja orang-orang yang bertransaksi harus mengakui mata uang negara bersangkutan. Biasanya valas ini banyak digunakan oleh para pebisnis ketika akan melakukan kegiatan impor atau ekspor.

Pengertian dari Kurs Valuta Asing

Pengertian dari Kurs Valuta Asing
Pengertian dari Kurs Valuta Asing

Sampai di sini mungkin saja, kalian sudah mengerti sedikit tentang valas. Valas merupakan sebuah mata uang asing di mana keberadaannya diterima, diakui, serta bisa menjadi salah satu alat transaksi perdagangan berskala internasional.

Kurs valuta asing sendiri itu biasanya berubah-ubah. Hal tersebut bisa saja dipengaruhi oleh berbagai macam hal. Karena merupakan mata uang asing, maka valas tidak bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di dalam negeri. Sebagai informasi saja tidak semua mata uang itu tidak bisa digunakan dalam perdagangan internasional.

Karena, mata uang untuk valas itu harus termasuk kelompok hard currency. Maksud dari kelompok mata uang hard garansi yaitu memiliki nilai kuat dibandingkan dengan mata uang lainnya.

Biasanya, kelompok hard currency itu datang dari negara-negara maju dengan ekonomi kuat seperti misalnya Euro, Dollar Amerika, dan Yen Jepang.

Sampai sekarang ini rupiah masih belum tergolong harus currency. Karena memang rupiah masih bisa dikatakan lemah dan juga sangat jarang digunakan dalam transaksi internasional. Oleh karena itu sampai sekarang ini masih tercatat sebagai soft currency.

Valas juga bisa menjadi salah satu devisa negara. Sebagai informasi saja devisa itu adalah kekayaan negara yang berada di luar negeri dalam berbagai macam bentuk seperti misalnya jasa, barang, atau mata uang.

Berikut Ini Fungsi Valuta Asing

Berikut Ini Fungsi Valuta Asing
Berikut Ini Fungsi Valuta Asing

Sebelum membahas mengenai cara cek kurs valuta asing, kalian perlu untuk mengetahui fungsinya terlebih dahulu. Secara umum fungsinya itu banyak dibutuhkan dalam perdagangan internasional.

Alat Transaksi Berskala Internasional

Seperti sudah dikatakan sebelumnya salah satu fungsinya yaitu sebagai alat pembayaran atau transaksi internasional. Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk membayar utang negara ke negara lain.

Alat tukar berskala internasional

Selain bisa dimanfaatkan untuk aktivitas jual beli barang, valas juga bisa dimanfaatkan untuk aktivitas jual beli jasa antar negara.

Mengendalikan Kurs Mata Uang

Perlu diketahui jika kurs mata uang itu bergerak secara fluktuatif naik dan turun. Pemerintah bisa memanfaatkan supaya nilai mata uang di negara tersebut tetap stabil.

Mempermudah Aktivitas Perdagangan Internasional

Tentu saja dengan alat pembayaran yang diakui oleh internasional itu mempermudah proses perdagangan berskala global. Ini memberikan banyak sekali keuntungan terutama bagi para pelaku bisnis berskala global.

Karena proses transaksi terasa menjadi lebih mudah. Tentunya ini akan memberikan keuntungan signifikan bagi sebuah bisnis berskala global.

Cara Cek Kurs Valuta Asing 

Cara Cek Kurs Valuta Asing 
Cara Cek Kurs Valuta Asing

Di era modern seperti sekarang ini tentunya tidak akan saya ulet untuk melakukan pengecekan kurs valas. Kalian tidak harus datang langsung ke pihak bank atau money changer, berikut beberapa cara cek valuta asing dengan mudah dan praktis.

Currency App

Salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengecekan bernama Currency App. Ini merupakan sebuah software yang diciptakan untuk melakukan konversi mata uang dan sudah mendukung lebih dari 180 mata uang di dunia.

Tentunya nilai kurs itu selalu di-update setiap menitnya secara otomatis. Jadi kalian akan selalu mendapatkan kurs terbaru. Ini merupakan salah satu cara cek kurs valuta asing paling mudah sekarang ini.

Kalian tinggal download saja aplikasinya melalui smartphone, kemudian bebas melakukan pengecekan setiap saat.

Mesin Pencari

Cara cek kurs valuta asing berikutnya yaitu memanfaatkan mesin pencari. Salah satu mesin pencari paling banyak digunakan tentunya adalah Google. Kalian tentunya sudah tidak asing lagi dengan Google.

Caranya sangat mudah yaitu dengan mengetikkan nama mata uang asing untuk mengetahui nilai atau konversinya, lalu bandingkan dengan rupiah.

Contoh kata kunci untuk melakukan pengecekan kurus yaitu USD to IDR, langsung saja klik enter. Setelah itu akan langsung keluar hasilnya. Kurs yang ditampilkan pada layar juga pastinya merupakan hasil terbaru.

Dengan menggunakan mesin pencari, kalian tidak perlu menginstal apapun. Ini bisa menjadi pilihan tepat ketika kalian memang tidak ingin menginstal aplikasi saat ingin melakukan pengecekan kurs valas.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini