Pengertian Subordinating Conjunction, Rumus, dan Contohnya

Pengertian subordinating conjunction akan kita bahas pada penjelasan artikel ini. Conjunction atau konjungsi sering dikenal sebagai kata hubung dalam pelajaran bahasa Indonesia, di mana menjadi penengah kata.

Baca Juga : 5 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Android dan Keunggulannya

Tidak terkecuali dengan bahasa Inggris, jenis kata hubung satu ini terbilang unik, memiliki definisinya tersendiri. Pembahasan berikut sangat cocok bagi kalian yang ingin mempelajari tata kebahasaan dalam bahasa Inggris.

Apakah kalian sedang mempelajari grammar sekarang? Kalau iya, penting sekali untuk mengetahuinya, misalnya pengertian subordinating conjunction. Karena akan ada banyak kata yang membutuhkan penghubung, sehingga bisa membuat kalimat lebih padupadan.

Berikut Pengertian Subordinating Conjunction

Pada umumnya, konjungsi merupakan satu kata, fungsinya berguna sebagai kata yang menghubungkan berbagai elemen dalam rangkaian kalimat. Di antara elemen tersebut, biasanya terdiri atas frasa, kata, klausa, dan kalimat.

Salah satu jenisnya dari apa yang akan kita bahas, yakni pengertian subordinating conjunction. Jadi, kata hubung ini merupakan frasa atau kata yang dipergunakan untuk menghubungkan antara dua klausa.

Di antaranya yaitu klausa utama dan klausa subordinat, ternyata ada perbedaan dari keduanya. Klausa utama berupa klausa yang mampu berdiri sendiri menjadi satu kesatuan kalimat secara utuh.

Sementara, untuk klausa subordinat ialah klausa yang bergantung dengan klausa utamanya. Dengan begitu, akan membentuk makna lengkap sebagai penjelasnya, lalu bagaimana caranya supaya kedua klausa bisa terhubung?

Kalian tidak perlu bingung, agar mampu menghubungkan keduanya, gunakanlah subordinating conjunction. Maka, dapat menjadikan salah satu klausa semakin terlihat dominan atau menonjol dalam pembentukan kalimatnya.

Indikasi Ini Menggunakan Konjungsi Subordinatif

Setelah mengetahui tentang pengertian subordinating conjunction, kalian perlu tahu cara menggunakannya untuk indikasi apa saja? Untuk pemakaian konjungsi berikut, akan muncul adanya indikasi waktu, syarat, tujuan, tempat, kontras, serta perbandingan.

Hubungan sebab-akibat juga menjadi salah satu indikasi yang ada pada jenisnya. Apabila berkaitan dengan waktu, frasa yang digunakan seperti “whenever”, “until”, “while”, “as far as”, “ever since”, atau “now that”.

Lalu, jika berhubungan dengan pemakaian kata tempat, bisa menggunakan “where”, “wherever”, “whereabout”, “whither”. Ada juga yang menjadi penanda antara hubungan sebab-akibat, seperti “so that, “unless”, “although”.

Mungkin bagi beberapa orang awam, pemakaian kata seperti ini dirasa kurang berperan penting. Apalagi biasanya, orang lebih dibiasakan dengan cara berbicara atau “speaking”, dibandingkan dengan “writing”.

Akan tetapi, berdasarkan realitanya, mempelajari grammar sangatlah penting. Tidak hanya sebatas pada pengucapan saja, melainkan juga penulisan, biasanya persoalan itu akan muncul pada tes-tes bahasa Inggris hingga TOEFL.

3 Cara Mudah untuk Mengingat Rumusnya

Adakah rumus mudah yang membuat kita semakin mudah mengingat pengertian subordinating conjunction berikut peletakan frasanya? Baik itu, pelajar maupun non pelajar, mempelajarinya agar mempermudah diri sendiri dalam memahami.

Rumus Main Clause or Independent Clause

Kalian bisa menggunakan rumus S + V +/ …., jika dijelaskan maka, huruf “S” mengartikan subjek. Lalu, ada huruf “V” yang berarti “verb” atau kata kerja.

Rumus Subordinate Clause or Adverbial Clause

Ingatlah rumus : subordinate conjunction + S + V +/ …., penggunaan konjungsi subordinat sesuaikan dengan kalimatnya. Misalnya, menghubungkan tempat atau waktu, lalu untuk “S” dan “V” memiliki penjelasan serupa.

Complex Sentence

Kalau untuk rumus kompleksnya, kalian bisa menggabungkan antara main clause + subordinate clause. Bagaimana? Apakah sekarang sudah mulai memahami terkait dengan pengertian subordinating conjunction dengan rumusnya?

Jadi, bisa disimpulkan bila pada konjungsi subordinatif ini menghubungkan antara dua independent clause. Tetapi, di dalam pembentukannya bagian clause berubah “dependent” disebabkan makna kalimatnya menggantung jika tanpa main clause.

Agar kalian semakin mudah dalam mengklasifikasikan atau mengelompokkannya. Di bawah ini akan diberikan penjelasan mengenai macam-macam konjungsi subordinatif yang menjadi topik utama sesudah pengertian subordinating conjunction, simak hingga akhir.

  • Waktu 

Kata yang berkaitan dengan waktu (time) di antaranya yaitu “after”, “as soon as”, “since”, “till”, “once”, “as”, “before”, dan lainnya. 

  • Pertentangan 

Untuk penghubung kata pertentangan (contrast), kalian bisa memakai “whereas”, “while”, “even if”, “although”, “though”, dan “even though”.

  • Sebab / alasan / akibat

Kata yang menunjukkannya ini biasanya menuju pengungkapan alasan sebagai bentuk penghubungnya. Misalnya, penggunaan cause / reason / result yakni “as”, “since”, “because”, lalu hasilnya memakai “so”.

  • Tujuan 

Pada tujuan (purpose), kalian dapat memakai kata “in order that” atau “so that”.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini