Penggunaan Soybean Dryer Membuat Produksi Menjadi Efektif

Soybean dryer adalah alat pengering biji kedelai yang bekerja secara otomatis, pada umumnya kebanyakan petani memanfaatkan cahaya matahari untuk mengeringkannya. Tapi kondisi cuaca sulit diprediksi, jika terkendala akan cuaca tentu proses pengolahannya menjadi terhambat.

Baca juga: Mengenal Super Crops dan Inovasi Modern di Bidang Pertanian

Penggunaan alat pengering biji kedelai terbilang lebih efektif, kalian bisa mengolahnya kapan saja tanpa harus menunggu sinar matahari muncul. Dengan begitu proses produksi bisa berjalan pagi, siang, atau malam hari yang mampu menghasilkan produk secara maksimal.

Penggunaan soybean dryer memang belum banyak digunakan oleh para petani, terutama yang berada di daerah-daerah terpencil. Tentu penggunaan alat ini juga disesuaikan dengan jumlah pesanan kalian dapatkan, dan akan menjadi efektif jika sering mendapat pesanan jumlah besar.

Teknologi di bidang pertanian seperti ini menjadi sebuah inovasi menguntungkan, di mana kalian bisa memanfaatkan alat tersebut dalam proses produksi. Penggunaan mesin ini juga membuat kalian lebih menghemat waktu, dan tentunya akan lebih efektif dalam pengerjaannya.

Pekerjaan Menjadi Lebih Efektif dengan Soybean Dryer

Pekerjaan Menjadi Lebih Efektif dengan Soybean Dryer
Pekerjaan Menjadi Lebih Efektif dengan Soybean Dryer

Kacang kedelai menjadi salah satu hasil pertanian yang banyak kita temukan di Indonesia, hasil produk jadinya juga banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari tempe, tahu, oncom, susu kacang kedelai, bahkan sering menjadi alternatif pengganti daging.

Oleh karena itu kita bisa menemukan pabrik kedelai dengan mudah, karena tingginya kebutuhan masyarakat akan hasil pertanian tersebut. Namun tahukah kalian jika kedelai melalui proses cukup panjang, sebelum sampai di tangan pembeli untuk dikonsumsi.

Proses panjang tersebut akan terasa lebih efektif, jika menggunakan soybean dryer yang akan membantu kalian saat mengeringkan biji kedelai. Meski berukuran cukup kecil, bukan berarti biji kedelai membutuhkan waktu singkat dalam proses pengolahannya.

Nantinya setelah kita bersihkan, kedelai akan dikeringkan terlebih dahulu untuk menghilangkan air agar bisa melanjutkan ke tahap pengolahan berikutnya. Kita memang bisa memanfaatkan sinar matahari yang mudah didapatkan, namun cuaca tidak selalu cerah bukan.

Adakalanya cuaca sedang hujan atau mendung, sehingga proses pengeringan ini akan terhambat. Selain itu proses pengeringan hanya bisa kalian lakukan saat pagi hingga siang hari, karena saat itulah cahaya matahari masih nampak dan bisa kalian manfaatkan. 

Sehingga proses pengeringan menjadi terbatas, karena kalian hanya bisa melakukannya di waktu-waktu tertentu saja. Tapi dengan menggunakan soybean dryer, maka kalian bisa melalui proses pengeringan kapan saja tanpa terbatas dengan waktu dan cuaca.

Sehingga hasil produksi bisa jauh lebih besar, daripada kalian hanya menggunakan sinar matahari dalam proses pengeringan. Manfaat ini membuat kalian bisa memaksimalkan hasil produksi, jadi apabila mendapat pesanan dalam jumlah besar, maka bisa kalian tangani dengan baik.

Menggunakan alat pengering kacang kedelai membuat proses panjang terasa lebih singkat, kalian bisa memanfaatkan alat ini untuk mendapatkan hasil produksi lebih optimal. Kini sudah cukup banyak pengguna yang memanfaatkan pengering kedelai, agar pekerjaan terasa lebih efektif.

Soybean Dryer Menjadi Teknologi Pertanian Andalan di Indonesia

Penurunan kadar air dalam kedelai menjadi salah satu tahapan, dalam proses pembuatan kedelai sebelum menjadi produk jadi. Kadar air akan diturunkan sekitar 17% sampai 20%, taraf tersebut dinilai mampu membuat kedelai disimpan dalam waktu cukup lama dan tidak mudah busuk.

Taraf tersebut sudah cukup membuat kedelai bertahan dalam jangka waktu tertentu, meski biji terlalu basah dinilai kurang baik karena lebih mudah busuk. Bukan berarti biji kedelai dengan kadar air terlalu rendah lebih baik, karena kondisi tersebut bisa memperpendek masa simpan.

Maka dari itu kalian harus tetap teliti dalam mengolah kacang kedelai, dan akan lebih mudah bagi kalian untuk mengolahnya apabila menggunakan soybean dryer. Kadar air bisa kalian turunkan secara lebih tepat, sehingga akan lebih rendah terjadi kesalahan yang bisa membuat kalian rugi.

Menurunkan kadar air dalam kacang tentu akan lebih sulit, jika hanya mengandalkan proses pengeringan secara alami. Namun dengan adanya mesin berteknologi canggih tersebut, kalian bisa menentukan taraf kadar air dan pastinya mendapatkan hasil lebih optimal.

Bidang pertanian Indonesia memang menjadi salah satu bidang yang cukup menonjol, banyak sekali hasil pertanian Indonesia yang patut kita banggakan. Bahkan hasil pertaniannya dapat kita ekspor ke negeri luar, yang membuktikan bahwa hasil pertanian Indonesia memiliki daya saing.

Dengan adanya soybean dryer sebagai salah satu teknologi canggih di bidang pertanian, maka proses produksi bisa berjalan lebih cepat yang membuat pesanan dalam jumlah besar dapat kita tangani dengan baik, sehingga para petani tidak akan terhambat dalam menyelesaikan pesanan.

Memang penting untuk memanfaatkan berbagai teknologi canggih di luaran sana, yang dapat membantu meringankan pekerjaan. Apalagi jika mesin tersebut mampu bekerja secara lebih optimal, melebihi kemampuan manusia sehingga semuanya akan terasa lebih ringan.

Meskipun penggunaan mesin canggih sangat membantu pekerjaan manusia, adakalanya kita juga harus tetap memeriksa hasil dari alat tersebut. Untuk memastikan jika proses pengeringan dapat berjalan dengan baik, dan mampu melalui proses pengolahan selanjutnya.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini