Macam Modus Penipuan di WhatsApp pada Masa Kini

  1. Undian Berhadiah
Undian Berhadiah

Modus penipuan di WhatsApp selanjutnya adalah berkedok undian, dimana biasanya penipu menyasar pengguna bank tertentu. Penipu akan berpura-pura sebagai instansi bank baik milik pemerintah atau swasta dengan kedok sedang membagikan hadiah bagi seluruh pengguna.

Terdapat macam-macam kedok undian berhadiah mulai dari memenangkan uang berjumlah ratusan milyar, hingga mendapatkan hadiah berupa umroh gratis bersama keluarga. Memang terdengar menggiurkan, sehingga kerap kali membuat banyak orang tergoda dengan hal itu.

Adanya modus penipuan di WhatsApp tersebut biasanya dikirimkan melalui obrolan media sosial WA, setelah mengirimkan obrolan mereka akan mengaku bahwa Anda telah berhasil memenangkan undian langka dari instansi tertentu. Sehingga diminta untuk mengkonfirmasi.

Biasanya pelaku akan segera menghubungi Anda untuk meminta uang tebusan dengan jumlah tertentu, uang ini nantinya akan digunakan sebagai jaminan bagi pemenang undian. Namun hal tersebut merupakan sebuah penipuan serta tidak dapat dipercaya oleh siapapun juga.

Karena secara logis tidak mungkin seorang pemenang hadiah harus membayarkan uang dalam jumlah cukup banyak, sehingga jika Anda mendapatkan pesan undian seperti itu melalui WA sebaiknya tidak usah dibalas. Langsung block nomor tersebut sehingga tidak melakukan spam.

Baca juga : Kenali Fitur Chat Lock di WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Seiring berkembangnya zaman modus seorang penipu menjadi beraneka ragam. Oleh sebab itu Anda perlu mengetahui berbagai macam modus penipuan di WhatsApp pada masa kini.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini