Penting 8 Situs Edukasi untuk Para Pelajar

PrimaRadio.co.id – Situs edukasi memiliki peran penting untuk meningkatkan pengetahuan sehingga kita akan merangkum sebanyak 8 situs edukasi yang tentunya bermanfaat untuk kalian semua.

Situs edukasi ini menyediakan berbagai konten pendidikan seperti video pembelajaran, kursus online, materi pembelajaran dan konten pendidikan lainnya. 

Oleh karena itu, 8 situs edukasi ini dapat kalian jadikan sebagai referensi untuk menunjang kegiatan belajar.

8 Situs Edukasi untuk Meningkatkan Pengetahuan 

8 Situs Edukasi untuk Meningkatkan Pengetahuan 
8 Situs Edukasi untuk Meningkatkan Pengetahuan 

Situs-situs edukasi saat ini telah banyak apalagi di zaman yang serba digital dan pasca pandemi COVID-19 lalu. Berbagai situs ini dapat berasal dari institusi pendidikan resmi seperti perguruan tinggi atau sekolah.

Selain itu, ada juga situs-situs edukasi yang dikelola oleh suatu organisasi atau perusahaan swasta. Berikut 8 situs edukasi terbaik yang telah kami rangkum, diantaranya adalah.

  1. Khan Academy

Situs pertama dari 8 situs edukasi adalah Khan Academy. Situs edukasi non profit ini menyediakan banyak sekali video pembelajaran dari berbagai disiplin ilmu. Berbagai topik yang disajikan diantaranya adalah matematika, sejarah, seni, dan bahasa.

Khan Academy pertama kali didirikan oleh Salman Khan pada tahun 2008 di Amerika Serikat. Dengan adanya situs edukasi ini, kalian dapat belajar secara mandiri dan memperkuat kembali pemahaman yang telah didapatkan di sekolah atau kuliah. 

Hal ini karena selain menyediakan video pembelajaran, situs edukasi ini juga menyediakan latihan soal atau tes. Keunggulan dari situs edukasi Khan Academy adalah video pembelajaran yang mudah dipahami karena disertai ilustrasi dan dapat diakses secara gratis.

  1. Coursera

8 situs edukasi berikutnya adalah Coursera. Situs edukasi yang didirikan oleh Andrew Ng pada tahun 2012 ini telah membantu banyak orang untuk belajar dan memahami berbagai ilmu pengetahuan.

Coursera merupakan situs edukasi untuk siapa saja yang ingin belajar secara online dari berbagai universitas terbaik di dunia. Selain itu, kalian juga berkesempatan untuk mendapatkan sertifikat yang diakui oleh industri.

Situs edukasi Coursera menyediakan kursus dari berbagai disiplin ilmu seperti teknologi informasi, data science, ilmu sosial, ilmu kesehatan, dan lain-lain. Selain itu, tersedia juga latihan soal dan tugas proyek.

Coursera juga memfasilitasi para pelajar untuk berdiskusi dengan adanya fitur tambahan seperti diskusi online.

  1. edX

Situs berikutnya adalah edX dimana situs edukasi ini merupakan media pembelajaran online yang didirikan oleh Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 2012. 

Sama seperti situs edukasi sebelumnya, edX menawarkan kursus online dari universitas ternama yang ada di dunia seperti Harvard, MIT, University of California Berkeley, dan universitas lainnya. 

Tercatat edX sudah berkolaborasi dengan lebih 150 universitas dan lembaga pendidikan di dunia. Situs edukasi edX juga menawarkan program gelar online. Artinya, kalian dapat memperoleh gelar sarjana dan gelar magister melalui situs edukasi ini.

Program gelar ini memerlukan biaya dan waktu yang tidak sebentar seperti kuliah pada umumnya yang membutuhkan waktu yang lama untuk memperoleh gelar. 

Selain kursus, edX menyediakan forum diskusi dan akses ke instruktur dan staf pendukung untuk membantu pelajar dalam belajar online.

  1. TED-Ed

Situs edukasi keempat dari 8 situs edukasi selanjutnya adalah TED-Ed. TED-Ed merupakan situs edukasi yang didirikan pada tahun 2012 oleh organisasi TED (Technology, Entertainment, and Design). 

Tujuan didirikannya adalah untuk membantu pendidik dan pelajar untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif. 

TED-Ed menyediakan video pembelajaran animasi yang menarik dan interaktif dan disajikan dalam format pendek (biasanya tidak lebih dari 10 menit). Setiap video tersebut disertai dengan pertanyaan untuk memastikan pemahaman siswa terhadap materi yang disajikan.

 Selain itu, platform ini juga menyediakan modul belajar lengkap, yang memungkinkan siswa untuk memperdalam pemahaman mereka dalam topik tertentu.

Salah satu fitur unik dari TED-Ed adalah Lesson Creator. Fitur ini memungkinkan para pendidik untuk membuat video pembelajaran sendiri dan membagikannya dengan siswa mereka. 

Situs ini juga menyediakan fitur diskusi online sehingga pelajar dapat berinteraksi dengan guru atau dengan pelajar lainnya.

  1. Duolingo

Bagi kalian yang ingin mempelajari bahasa asing, Duolingo dapat kalian jadikan sebagai pilihan untuk sarana belajar kalian. Hal ini karena Duolingo menawarkan kursus bahasa yang interaktif dan menyenangkan untuk pembelajar bahasa dari seluruh dunia.

Berbagai kursus bahasa yang dapat dipelajari adalah Inggris, Spanyol, Prancis, Jerman, Italia, Rusia, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, Duolingo juga memberikan fitur-fitur menarik seperti pelafalan suara dan latihan penerjemahan.

Setiap kursus bahasa Duolingo terdiri dari beberapa tingkatan. Setiap tingkatan memperkenalkan kosakata baru, tata bahasa, dan konsep-konsep yang relevan dengan bahasa yang dipelajari.

Situs edukasi bahasa yang didirikan tahun 2011 oleh Luis von Ahn dan Severin Hacker in telah membantu banyak orang yang ingin kursus bahasa secara gratis.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini