Peran BUMDes Dalam Mensejahterakan Perekonomian Masyarakat

Desa maju tidak hanya dari pemerintah pusat, tapi peran BUMDes bisa berjalan baik. Masyarakat desa bisa sejahtera, kondisi lingkungannya bagus dan semua program bisa berjalan, itu karena pemerintahannya cukup bagus.

Baca juga: Pengertian dan Jenis Badan Usaha yang Ada di Indonesia

Jika masyarakat ingin sejahtera, memang berawal dulu dari pemerintahan paling kecil, yaitu Desa. Keberadaan BUMDes memberi harapan agar perekonomian pada daerah kecil tersebut bisa menjadi lebih baik lagi.

Jika ingin tahu lebih banyak tentang peran BUMDes, berikut ini akan kita jelaskan dengan baik. Terutama kalian para generasi muda, apabila ingin memajukan desanya, bisa membuat rancangan Badan Usaha Desa dengan tujuan baik.

Pengertian dan Peran BUMDes Bagi Masyarakat

Pengertian dan Peran BUMDes Bagi Masyarakat
Pengertian dan Peran BUMDes Bagi Masyarakat

Badan Usaha Milik Desa adalah badan usaha yang sebagian besar modalnya berasal dari desa. Modal tersebut berasal dari penyertaan secara langsung dari kekayaan desa yang telah melalui proses pemisahan dengan mengelola aset, pelayanan, serta usaha lainnya.

Tujuannya pemisahan dana dengan pengelolaan tersebut guna memberikan kesejahteraan kepada masyarakat pada wilayah tersebut. Maka dari itu, peran BUMDes memang sangat penting.

Pendirian usaha desa seperti ini memiliki tujuan yang cukup baik, yaitu dapat menampung seluruh kegiatan perekonomian dan pelayanan masyarakat. Itu semua yang melakukannya pihak desa atau antar desa dalam pengelolaannya.

Ketika pengelolaan kegiatan perekonomian desa berjalan dengan baik, maka kondisinya berangsur-angsur baik. Warga yang tidak bekerja, bisa memiliki kegiatan bahkan pekerjaan dari program pemberdayaan dari desa tersebut.

Bila kita menjelaskan lebih rinci lagi, berikut peran BUMDes hingga bisa mewujudkan kesejahteraan perekonomian desa hingga cara pendiriannya :

Peran BUMDes Bagi Masyarakat

Suatu kegiatan yang positif dan memajukan perekonomian suatu desa, tentu memiliki banyak manfaat, salah satunya dengan terbentuknya BUMDes.

Beberapa desa yang ada di Indonesia sudah menerapkan program ini, karena perannya sangat penting, diantaranya adalah :

  1. Mampu meningkatkan perekonomian desa menjadi jauh lebih baik lagi.
  2. Aset-aset desa mendapat pengelolaan secara maksimal dan terarah demi kesejahteraan masyarakat pada desa tersebut.
  3. Dapat meningkatkan usaha masyarakat yang memiliki potensi besar dalam perekonomian.
  4. Mengembangkan rencana usaha antar desa atau dengan pihak ketiga lainnya.
  5. Peran BUMDes juga mampu menciptakan peluang hingga jaringan pasar yang bisa mendukung kebutuhan masyarakat secara umum.
  6. Banyaknya potensi usaha, tentu saja mampu membuka lapangan kerja, pengangguran desa semakin berkurang.
  7. Dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cara perbaikan pelayanan umum, hingga menaikkan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa.
  8. Dan terakhir, mampu meningkatkan pendapatan masyarakat dan asli dari desa.

Cara Pendirian BUMDes Sesuai Aturan

Peran badan usaha ini memang begitu penting, karena mampu menaikkan perekonomian kecil, serta meratakan kondisi ekonomi warga.

Maka, ketika sebuah desa ingin mendirikan BUMDes, harus ada regulasinya agar bisa berjalan dengan baik. Cara pendiriannya adalah sebagai berikut :

  1. Adanya penyertaan modal dari pemerintah desa untuk membiayai program tersebut. Kemudian, penambahan dari kekayaan desa yang nantinya mendapat pengelolaan sebagai bagian program BUMDes.
  2. Dapat berdiri ketika ada potensi usaha ekonomi dari desa tersebut.
  3. Adanya sumber daya alam desa yang bisa masyarakat kelola
  4. Terdapat sumber daya manusia yang mampu mengelolanya dengan baik.
  5. Dan terakhir, bisa berdiri ketika ada inisiatif dari pemerintah atau masyarakat desa itu sendiri.

BUMDes bisa terlaksana, ketika pemerintah mau berinisiatif, sementara masyarakatnya produktif. Selain itu, sumber daya alamnya juga tersedia agar program ini berjalan karena kesinambungannya.

Susunan Kepengurusan BUMDes Sesuai Aturan

Saat peran BUMDes sudah berdiri, harus menjalankannya dengan baik. Maka dari itu, ketika mendirikannya, perlu ada susunan kepengurusan.

Pilih warga desa yang memiliki potensi dalam pengelolaan badan usaha. Pendidikan di pedesaan kini sudah cukup bagus. Beberapa warga di suatu desa, anak mudanya mampu mengenyam pendidikan minimal 12 tahun.

Maka, sudah seharusnya masyarakat yang berpotensi dapat mengelola badan usaha milik desa, terpilih dan masuk ke susunan kepengurusan. Sebenarnya, pendirian BUMDes dapat terlaksana dengan susunan kepengurusan yang cukup sederhana. 

Pertama ada penasihat. Pengurus ini nantinya memberikan nasihat dan juga saran atas pengelolaan BUMDes. Selain itu, pihak penasihat juga memiliki wewenang untuk melindungi usaha desa dari faktor penurunannya.

Kedua, ada pelaksana operasional. Kewajibannya dalam bekerja adalah mengembangkan BUMDes agar bisa melayani masyarakat, memanfaatkan potensi usaha desa, dan juga melakukan kerjasama dengan lembaga perekonomian desa lainnya.

Ketiga, dengan peran BUMDes yang begitu penting, ada pengawas yang mewakili kepentingan masyarakat dengan susunan kepengurusannya ada ketua, wakil ketua, sekretaris dan anggota.

Semua pengurus akan bekerja sesuai dengan posisinya demi bisa mewujudkan satu tujuan dengan program Badan Usaha Milik Desa tersebut.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini