Peran BUMDes Dalam Mensejahterakan Perekonomian Masyarakat

Jenis Bisnis dari Program BUMDes untuk Kesejahteraan Masyarakat

Jenis Bisnis dari Program BUMDes untuk Kesejahteraan Masyarakat
Jenis Bisnis dari Program BUMDes untuk Kesejahteraan Masyarakat

Untuk mewujudkan kesejahteraan sesuai dari peran BUMDes, maka terbentuknya beberapa jenis bisnis untuk masyarakat kelola. Tentu saja, pengelolaan usaha tersebut, harus memenuhi syarat pendirian sesuai dengan penjelasan kita di atas.

Pengelolaan usaha milik desa, pastikan harus sesuai dengan potensi di dalamnya. Perlu ada sumber daya alam dan manusianya.

Bisnis atau program BUMDes dapat berjalan dengan baik, ketika pemerintah desa dan masyarakatnya mau bekerja sama. Untuk jenis usahanya, umumnya adalah :

Bisnis Sosial

Mengikuti peran BUMDes, bisnis sosial adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk memperoleh keuntungan. Contohnya saja, air minum desa, listrik, hingga lumbung pangan.

Keuangan

Kemudian jenis bisnis berikutnya ada pada keuangan yang biasanya memberikan akses kredit dan peminjaman dana secara mudah.

Penyewaan

Bisnis penyewaan barang ini berguna untuk mendapatkan dana asli desa. Biasanya yang bisa masyarakat sewa adalah transportasi, gedung, perkakas dan lainnya.

Perdagangan

Memperjual-belikan barang dalam skala besar guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Biasanya barang dalam bisnis dagang ada hasil pertanian, alat-alat tani, dan kegiatan produksi lainnya.

Usaha Bersama 

Usaha bersama adalah unit atau induk dari beberapa jenis bisnis yang masyarakat kembangkan, baik itu masih dalam skala lokal desa atau antar desa. 

Unit-unit bisnis dari usaha bersama, bisa berdiri sendiri asalkan berada di bawah pengawasan BUMDes agar tumbuh bersama.

Baca juga: Eksistensi Negara Palestina, Perjalanan Panjang Menuju Kemerdekaan

Apakah di desa kalian sudah menerapkan jenis usaha seperti ini? Pemerintah pusat sendiri telah menggelontorkan dana desa dengan jumlah tertentu. Bila pengelolaan dana baik, peran BUMDes dapat berjalan maksimal untuk kesejahteraan masyarakat.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini