Peran Penting Teknologi Komunikasi Perlu Diketahui

Ada beragam peran penting teknologi komunikasi yang sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari. Tidak sekedar bagi masyarakat Indonesia, akan tetapi juga masyarakat di seluruh dunia.

Baca juga: Ponsel Pertama di Dunia dan Sejarahnya

Masyarakat di zaman modern seperti sekarang telah begitu lekat dengan teknologi komunikasi. Banyak aktivitas yang mulai mengandalkan peran teknologi komunikasi.

Oleh karenanya, penting bagi setiap orang untuk mengikuti perkembangan teknologi. Kalian bisa mendapatkan informasinya dalam artikel ini.

Memahami Makna dari Teknologi Komunikasi 

Memahami Makna dari Teknologi Komunikasi 
Memahami Makna dari Teknologi Komunikasi

Sebelum membahas tentang peran penting teknologi komunikasi maupun pengertiannya, mari kenali mengenai komunikasi terlebih dahulu. Mungkin saja kalian juga sudah akrab dengan istilah ini.

Komunikasi termasuk istilah yang mengandung arti terjadinya proses pertukaran. Yakni pertukaran informasi, kata maupun tanda. Seseorang boleh melakukannya bersama satu orang lain maupun lebih.

Seseorang juga boleh melakukan proses komunikasi secara verbal atau nonverbal. Ketika terjadi proses tersebut, setiap orang yang terlibat mempunyai potensi untuk memberikan atau menerima suatu informasi.

Seseorang akan mampu memahami maksud dari orang lain melalui proses komunikasi. Ketika proses komunikasinya berlangsung secara lancar dan efektif, akan memungkinkan juga terbangun kedekatan dan rasa kebersamaan.

Oleh karenanya, setiap orang perlu mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Tanpa adanya kemampuan ini, tentu akan kesulitan menjalani hidup secara maksimal. Bukan hanya ada peran penting teknologi komunikasi, ada juga peran penting dari komunikasi.

Setelah memahami makna dari komunikasi, sekarang mari memperhatikan maksud dari teknologinya. Kalian bisa memaknai teknologi komunikasi sebagai barang atau alat yang fungsinya mendukung proses komunikasi.

Proses komunikasinya bisa berupa mengirim, menerima, memproses, mengedit, mengolah bahkan memanipulasi informasi. Sehingga mampu membantu memudahkan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Coba bayangkan saja ketika kalian ingin membagikan informasi penting ke teman yang posisinya ada di luar kota. Teknologi komunikasi sangat membantu dalam mengirimkan informasi tanpa harus datang langsung ke kota tersebut.

Teknologi komunikasi sekarang ini juga sudah semakin berkembang. Bukan sekedar menggunakan telepon, bisa juga mengandalkan ponsel, komputer hingga jam tangan.

4 Peran Penting Teknologi Komunikasi dalam Kehidupan

4 Peran Penting Teknologi Komunikasi dalam Kehidupan
4 Peran Penting Teknologi Komunikasi dalam Kehidupan

Teknologi komunikasi mempunyai peran yang begitu penting dalam kehidupan. Berikut ini beberapa perannya yang sebaiknya kalian tahu.

Memudahkan Komunikasi 

Salah satu peran penting teknologi komunikasi ialah memudahkan proses komunikasi hingga pertukaran informasi. Misalnya saja ingin bertukar kabar dengan orang yang ada di luar daerah atau luar negeri. Cukup melakukannya secara mudah tanpa bertatap muka.

Sebut saja menggunakan email atau aplikasi perpesanan instan. Cukup mengandalkan perangkat komputer atau smartphone, sudah bisa menjangkau orang yang jaraknya jauh.

Menghemat Biaya 

Teknologi komunikasi juga mampu menghemat biaya, mengingat tidak membutuhkan banyak upaya untuk berkomunikasi. Coba kalian ingat lagi ketika harus berkomunikasi dengan orang yang jaraknya jauh, bukankah tidak perlu bertemu secara langsung?

Jadi, sudah tentu sangat membantu untuk menghemat biaya. Bedakan dengan zaman dahulu yang membutuhkan cukup biaya untuk bertukar informasi. 

Menumbuhkan Pemikiran Strategis dan Kritis

Peran penting teknologi komunikasi lainnya ialah membantu mendorong pemikiran supaya jauh lebih strategis dan kritis. Mengingat seseorang bisa berkomunikasi secara lebih mudah dan lancar jadi membantu pemikiran untuk berkembang.

Misalnya saja seseorang ingin berdiskusi tentang topik tertentu bersama orang lain atau pakar di bidangnya. Tidak harus bertemu langsung, cukup mengandalkan komputer atau smartphone untuk berdiskusi.

Menyingkirkan Batasan Budaya dan Jarak

Sebelumnya sudah kalian tahu kalau berkomunikasi bisa dalam jarak jauh. Selain itu, berkomunikasi juga bisa melampaui batasan budaya. Misalnya saja berkomunikasi antar negara atau benua.

Perkembangan teknologi komunikasi yang semakin pesat mampu membantu menghapus batasan budaya maupun jarak. Termasuk membantu toleransi antar etnis, warna kulit, golongan, agama maupun perbedaan lain.

Peran Penting Teknologi Komunikasi dalam Bisnis 

Selain sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari, teknologi komunikasi juga berperan penting di bidang bisnis. Ini dia sejumlah peran pentingnya.

Melancarkan Komunikasi 

Teknologi membantu melancarkan komunikasi dengan penduduk dari berbagai daerah atau negara. Sehingga membantu dalam memperluas pangsa pasar. Termasuk juga meningkatkan potensi konsumen atau pelanggan yang jaraknya jauh.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini