Peranan Sekolah Menengah Kejuruan dalam Berbagai Bidang

Peningkatan Kesejahteraan Sosial

SMK memiliki banyak fungsi penting bagi masyarakat di Indonesia. Salah satu peranan sekolah menengah kejuruan dalam hal ini adalah sebagai alat peningkat kesejahteraan sosial. Sehingga cakupan orientasi kepada masyarakat akan sangat luas.

SMK memiliki bimbingan karier, yang bisa kita manfaatkan secara maksimal. Ketika lulus harapannya semua siswa mampu langsung terjun pada dunia kerja, agar dapat meningkatkan kesejahteraan dirinya dan keluarga.

Bimbingan karier pada SMK memiliki hubungan kerja sama dengan banyak perusahaan di Indonesia. Sehingga sebelum lulus biasanya siswa di tingkat akhir sudah bisa mengikuti banyak sekali seleksi masuk perusahaan.

Umumnya bagi siswa dari sekolah yang sudah memiliki kerja sama akan diberikan prioritas. Porsi masuknya sendiri khusus melihat dari almamater sehingga akan meningkatkan peluang siswa untuk memperoleh pekerjaan.

Fasilitasi Orientasi Karier

Peranan sekolah menengah kejuruan terakhir adalah sebagai alat orientasi karier. Umumnya ketika memiliki jenjang pendidikan SMK siswa memiliki start lebih awal daripada teman seusianya di SMA.

Fasilitasi orientasi karier ini akan membantu siswa dalam menekuni bidang tertentu secara maksimal. Dari sini masyarakat bisa memiliki keterampilan terbaik sesuai bidangnya demi karier di masa depan.

Di SMK siswa perlu melakukan praktik magang dengan terjun pada industri secara langsung, proses magang tersebut akan memberikan peluang lebih besar kepada masyarakat. khususnya dalam persiapan mental dan mengetahui kondisi di industri terkait.

Baca juga: 14 Kampus yang Telah Luluskan Mahasiswa Tanpa Skripsi

Proses magang akan membantu kalian mencoba suatu pekerjaan. Hal ini juga membantu dalam memilih karier, yang cocok di masa depan.

SMK menjadi sekolah terbaik, yang bisa kita pilih saat ini. Ada banyak sekali peranan sekolah menengah kejuruan bagi pendidikan dan dunia kerja.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini